6 Vaksin Penting Sebelum Menikah!

By The Bride Dept on under How To, Self Love

6 Vaksin Penting Sebelum Menikah!

Menghitung hari menuju pernikahan, tentunya ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Eits, tapi bukan hanya persiapan pernikahan seperti dekorasi, makanan, minuman, dan lainnya. Namun, kamu dan pasangan juga harus memperhatikan kesehatan! Selain dengan melakukan medical check up, kalian wajib mengetahui berbagai vaksin penting serta bermanfaat sebelum menikah. Hal ini berguna untuk mencegah risiko penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual. Simak yuk 6 vaksin penting sebelum menikah yang wajib kalian ketahui di sini!

Human Papillomavirus (HPV)

Bagi wanita, vaksin HPV ini mungkin sudah tidak asing lagi. Vaksinasi ini bertujuan untuk mencegah dan melindungi wanita dari kanker serviks serta penularan HPV. Idealnya, vaksin HPV ini diberikan pada wanita sebelum berusia 26 tahun atau sebelum kontak seksual pertama. Hal ini karena jika sudah hamil atau mengalami penyakit sedang/berat, wanita tersebut sudah tidak dapat menerima vaksin HPV.

Measles, Mumps, Rubella (MMR)

Setiap wanita yang masuk dalam usia subur, terutama sebelum menikah, sebaiknya menerima vaksin MMR. Vaksinasi ini dapat mencegah berbagai penyakit, seperti campak, gondongan, serta rubella. Idealnya, vaksin ini dilakukan sebelum menikah atau tiga bulan sebelum kehamilan. Hal ini dilakukan agar para wanita tidak terkena penyakit tersebut saat hamil.

Difteri, Pertusis, dan Tetanus (DPT)

Bukan hanya anak-anak, tetapi orang dewasa pun perlu mendapatkan vaksin DPT! Kenapa? Karena cakupan vaksinasi yang rendah di zaman dahulu menyebabkan orang dewasa harus mendapatkan vaksinasi ulang. Vaksin DPT sendiri berguna untuk mencegah tiga tipe penyakit sekaligus, yaitu difteri, pertusis, dan tetanus. Selain itu, vaksin ini juga dapat mencegah infeksi dan melindungi janin dari bahaya tetanus. Jadi penting sekali bagi calon mempelai wanita untuk mendapatkan vaksin DPT ini.

Hepatitis B

Vaksin Hepatitis B mungkin sudah tidak asing lagi di telinga karena diberikan kepada bayi sebagai imunisasi dasar. Namun ternyata, vaksin Hepatitis B juga diperlukan bagi pasangan yang akan menikah. Hal ini karena virus Hepatitis B hidup di dalam darah dan cairan tubuh, seperti sperma serta cairan vagina. Jika kalian terkena infeksi Hepatitis B, maka dapat mengalami komplikasi, seperti sirosis dan kanker hati. Oh ya! Jangan lupa untuk konsultasi terlebih dahulu sebelum mendapatkan vaksin Hepatitis B ya!

Varisela

Vaksin varisela atau cacar air sangat direkomendasikan bagi kalian yang berusia di bawah 30 tahun dan belum pernah menderita cacar air. Vaksinasi ini juga sangat dianjurkan bagi wanita sebelum menikah untuk menurunkan risiko terkena penyakit tersebut saat hamil. Selain itu dengan vaksin ini kamu juga dapat terhindar dari risiko cacat janin di kemudian hari. Selain itu, vaksin Varisela juga tidak dianjurkan bagi wanita yang sedang hamil.

Influenza

Meskipun terdengar sepele, tetapi virus influenza ternyata sangat berisiko bagi wanita hamil. Maka, sangat penting bagi para calon pengantin wanita untuk melakukan vaksinasi Influenza sebelum menikah. Untuk mendapatkan kekebalan tubuh yang lebih sempurna sebaiknya lakukan vaksin ini setiap satu tahun sekali, sehingga hasilnya lebih maksimal.

Nah, itulah 6 vaksin penting sebelum menikah yang wajib kalian ketahui. Apakah kamu dan pasangan sudah mendapatkan vaksinasi tersebut? Jika belum, kalian bisa mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat untuk mengetahui secara lebih detail tentang vaksin ini ya Brides!