7 Pertanyaan Ini Menunjukkan Apakah Kamu Sudah Siap Menikah

By Enya on under How To, Relationship

Jika saat ini kamu sedang menjalani hubungan yang sudah semakin serius dengan pasangan, dan mulai mempertimbangkan apakah dia merupakan sosok yang tepat untuk menjadi suamimu nanti? That is a very nice step to start with, karena Itu artinya kamu sudah mulai memasuki tahap yang lebih serius dalam merencanakan masa depan bersamanya. Jika terkadang masih ada perasaan bimbang ragu di dalam hati, itu sebenarnya wajar saja. Pernikahan memang merupakan sebuah langkah serius yang harus kamu pikirkan dengan sebaik mungkin, karena tentunya kamu pasti menginginkan pernikahan yang bahagia bersama pasangan, bukan?

 

Jika kita membahas tentang pernikahan, setiap pasangan pasti menginginkan pernikahan satu kali untuk selamanya, meskipun pada kenyataannya tidak sedikit juga pasangan yang tidak mampu mewujudkannya dan harus gagal di tengah jalan, sehingga memutuskan untuk berpisah. Dari data yang ada, ada beberapa alasan utama penyebab perpisahan dalam pernikahan. Pertama, adanya ketidakcocokan, harapan yang tidak realistis, ketidakmampuan untuk menghadapi masalah dalam hubungan, dan yang terakhir, kegagalan dalam membina hubungan. 

 

Dari semua alasan yang ada, untuk kamu yang saat ini sudah mulai berpikir untuk melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan dengan pasangan, mungkin kamu bisa menjawab beberapa pertanyaan berikut terlebih dahulu. Jadi kamu bisa meyakinkan diri bahwa dia benar-benar orang yang tepat untukmu, dan pernikahan yang bahagia dan langgeng selamanya pun bisa kalian raih bersama.

 

Sudah berapa lama kamu mengenal pasangan?

Mungkin kamu pernah mendengar tentang ‘nothing is better than marrying your best friend?’ yang berarti, tidak ada hal yang lebih baik dari menikah dengan sahabatmu sendiri. Well, kalimat ini ada benarnya, lho. Menurut banyak penelitian, pasangan yang menikah akan memiliki hubungan yang jauh lebih kuat apabila memiliki dasar pertemanan yang kuat. Jadi mungkin kamu bisa mempertimbangkan tentang sudah berapa lama kamu mengenal pasangan? Sudah sedekat apa hubungan kalian? Dan seberapa dalam kamu dan dia saling mengenal? Dengan begitu, kamu akan memiliki pertimbangan yang lebih matang sebelum membuat keputusan.

 

Menurut kamu, apakah kamu dan dia merupakan pasangan yang cocok?

Cocok atau tidaknya pasangan juga bisa terlihat dari banyak kecocokan yang ada diantara kamu dengan dia. Tidak sebatas kecocokan hobi atau selera musik, kecocokan disini juga termasuk dalam hal visi dan misi dalam menjalani pernikahan, pemikiran, atau tujuan hidup. Memang tidak ada keharusan semuanya harus sama, karena perbedaan pun bisa menjadi sebuah hal yang justru mempersatukan kamu dan pasangan. Hubungan bisa berjalan baik asalkan kamu dan pasangan mau sama-sama belajar, open mind, dan terbuka dalam menerima masukan. 

 

Apa yang membuat kamu nyaman bersamanya?

Rasa cinta memang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Setiap pasangan pasti memiliki alasan yang berbeda-beda jika ditanya hal apa yang membuat kita merasa nyaman bersama pasangan. Pertanyaan yang satu ini mungkin bisa membuatmu pikirkan kembali hal apa saja yang membuat kamu nyaman dan bahagia bersamanya? Lalu apabila suatu hari nanti hal-hal tersebut tidak lagi dimilikinya, apakah kamu akan tetap mempertahankan hubungan, atau memilih untuk meninggalkannya? Ingat ladies, pernikahan adalah keputusan untuk seumur hidup, jadi pastikan rasa cinta yang kamu rasakan bisa membuatmu bertahan untuk selalu setia bersamanya, ya.

 

Apakah kamu merasa nyaman dan bisa terbuka dengan pasangan?

Menikah berarti menjalani hidup bersama dengan dia untuk selamanya. Untuk itu, dia harus menjadi sosok tempat kamu mengadu, berkeluh kesah, dan bercerita tentang semua hal yang kamu rasakan. Apakah dia selalu bisa membuatmu nyaman melakukan itu semua? Dan apakah dia juga merasakan sebaliknya? Jika ya, maka bisa jadi dia adalah sosok yang tepat untukmu. Sama halnya dengan berbohong, apakah kamu kerap berbohong dan menutup-nutupi beberapa hal darinya? Berbohong dalam hubungan terbukti bisa menurunkan kualitas kepercayaan kita pada pasangan dan begitu juga sebaliknya. Jadi, ada baiknya kamu benar-benar bisa terbuka tentang apapun kepada pasangan, karena keterbukaan dan kepercayaan adalah kunci dari hubungan yang baik.  

 

Apa pendapat kamu tentang sebuah komitmen?

Komitmen merupakan janji, dan dalam sebuah hubungan komitmen merupakan satu hal penting yang harus dijaga oleh masing-masing pasangan. JIka menurutmu komitmen adalah sosok pria yang selalu memegang janjinya, selalu menjaga kepercayaan yang kamu berikan, dan memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjalani hubungan bersama denganmu, mungkin arti sebuah komitmen bagi dirinya sama dengan arti komitmen bagimu. 

 

Menurutmu, apa arti pernikahan?

Pertanyaan berikutnya yang merupakan pertanyaan yang penting, apa sih arti pernikahan untukmu? Apakah kamu hanya ingin bisa menggelar acara pernikahan yang tidak terlupakan, atau hanya melihat pernikahan dari sisi yang baik dan indahnya saja? Jika diulas lebih dalam, pernikahan sebenarnya merupakan keputusan besar yang menyatukan dua individu yang berbeda. Perbedaan itu termasuk perbedaan ego, isi dua kepala, latar belakang keluarga, dan banyak perbedaan lainnya. Jadi, pastikan kamu sudah siap menjalani komitmen dalam pernikahan dengannya, termasuk menerima semua kelebihan dan kekurangannya. 

 

Apa ekspektasi kamu dari pernikahan?

Pertanyaan terakhir ini bisa kamu jawab sendiri, bisa juga kamu tanyakan kepada dia. Jangan sampai tujuan dan cita-cita dari sebuah pernikahan dari kamu dan dia berbeda, karena hal ini berpotensi menimbulkan masalah nantinya. Dalam sebuah pernikahan, banyak hal yang akan kamu dan dia lewati bersama, tidak hanya sukanya tapi juga tentunya akan banyak dukanya. Jadi, sebaiknya kamu dan dia bicarakan dulu tentang ekspektasi tentang pernikahan di awal, sehingga saat mengalami hambatan atau masalah, kamu dan dia bisa saling menguatkan.