Cari Tahu Penyebab Perselingkuhan dan Cara Mengatasinya

By The Bride Dept on under How To, Relationship

Cari Tahu Penyebab Perselingkuhan dan Cara Mengatasinya

Akhir-akhir ini, perselingkuhan kian marak terdengar khususnya pada hubungan pernikahan baik di dalam negeri maupun luar negeri. Padahal bisa dikatakan hubungan mereka sangat romantis dan banyak orang yang mengidolakannya. Sebenarnya apa sih penyebab perselingkuhan ini? Hubungan pernikahan yang sudah berlangsung lama saja masih bisa diterpa masalah perselingkuhan! Cari tahu penyebab perselingkuhan dan cara mengatasinya di sini yuk Brides!

Mengapa Bisa Berselingkuh?

Perselingkuhan menjadi hal yang tak pernah diharapkan dalam sebuah hubungan. Tak hanya menyakitkan, perselingkuhan bisa membuat orang-orang yang terlibat di dalamnya terutama korban merasa tersiksa, tersakiti bahkan trauma. Perselingkuhan merupakan salah satu alasan terbesar yang membuat hubungan rumah tangga berakhir dengan perceraian.

Seseorang yang tega berselingkuh umumnya terjadi pada pasangan yang tidak memiliki keterikatan emosional dengan suami maupun istrinya. Dari sebuah penelitian, mereka yang berselingkuh adalah mereka yang kurang mendapat perhatian, penghargaan dan kasih sayang tulus dari pasangan masing-masing. Mereka yang berselingkuh tidak jarang merasa jenuh dengan sikap atau perlakuan pasangan padanya yang kurang menyenangkan.

Faktor Perselingkuhan

Ketika seorang pria atau wanita diabaikan oleh pasangannya, mereka merasa perubahan besar dalam hidupnya apalagi setelah menikah tapi ia tak merasakan kebahagiaan. Kehilangan pekerjaan, kegagalan dalam bisnis, hal inilah yang kemudian bisa membuat sesorang mencari kebahagiaan di ‚Äėtempat‚Äô lain dan berselingkuh. Saat seseorang merasa tidak menarik di mata pasangannya, ini membuat seseorang rentan stres. Stres inilah yang mendorong perselingkuhan apalagi ketika dia telah menemukan orang lain yang lebih mengakuinya. Inilah beberapa faktor penyebab perselingkuhan:

Faktor Ekonomi

Faktor ekonomi adalah sebuah alasan klasik. Tapi kenyataannya, selingkuh karena faktor ekonomi kian hari menjadi alasan utama perceraian terbesar. Kebutuhan rumah tangga yang semakin tinggi menjadikan perselingkuhan sebagai opsi untuk mencari kualitas hidup yang lebih baik.

Tergoda dengan Seseorang yang Lebih Menarik

Tak dapat dipungkiri pria atau wanita berpenampilan menarik selalu menggoda bagi yang melihatnya. Namun jika seseorang memiliki pendirian yang kuat dan selalu bersyukur atas apa yang dimilikinya, ia tidak akan tergoda untuk berpindah ke lain hati. Ia akan selalu sadar jika fisik bukan suatu jaminan untuk mendapatkan hubungan yang langgeng dan bahagia.

Tidak Menghargai Usaha Pasangan

Menghargai pasangan merupakan salah satu hal penting yang wajib diperhatikan khususnya dalam pernikahan. Kerja keras dari pasangan seperti tenaga, uang dan waktu yang diberikan dirasa tak cukup membahagiakan. Dari faktor tersebut muncul perasaan ingin mencari kepuasan yang lain.

Luka Masa Lalu

Luka di masa lalu yang belum terselesaikan, dapat membuat seseorang menyimpan dendam. Apalagi jika luka tersebut terjadi karena alasan perselingkuhan. Ketika merasa disakiti sedikit saja, keinginan untuk membalaskan dendam dengan berselingkuh.

Hasrat Seksual yang Tak Terpenuhi

Bagi para pria, hasrat seksual memang harus terpenuhi dengan baik. Ketika sudah berada di tahap pernikahan dan pria ini tidak cukup mendapatkan kepuasan seksual dari sang istri, ia akan mencoba hal lain untuk memuaskan hasratnya termasuk dengan berselingkuh.

Perselingkuhan sendiri memang tidak memandang usia hubungan. Walaupun kalian sudah lama menikah, hal itu tidak menjamin kesetiaan dari pasanganmu. Jika saat ini kamu sedang merasa curiga dengan pasangan, sebaiknya cari tahu bukti atau kebenarannya terlebih dahulu sebelum mengatakan ia berselingkuh. Selalu ada cara bijaksana untuk menghadapi pasangan yang berselingkuh. Berikut cara mengatasi perselingkuhan dengan bijak:

Cari Tahu Kebenarannya

Jika kalian mendengar kabar bahwa pasanganmu berselingkuh, maka jangan langsung mempercayai hal tersebut. Carilah bukti kebenarannya terlebih dulu! Karena bisa saja kabar itu hanyalah sekedar kesalah pahaman.

Tanyakan Langsung pada Pasangan

Salah satu cara mengatasi perselingkuhan dengan bijaksana adalah menanyakan kebenaran hal itu langsung pada pasangan. Ingat untuk melakukannya dengan baik-baik ya! Kamu bisa menanyakan penyebab dan tujuannya berselingkuh. Apakah tujuannya untuk bersenang-senang atau ada alasan lain di belakangnya. Ketegasmu sangat dibutuhkan untuk memastikan bagaimana hubungan kalian ke depannya.

Hindari Membuat Keputusan Saat Emosi

Keputusan yang diambil tentu akan berpengaruh bagi masa depan hubungan kalian berdua. Sebelum membuat keputusan, pastikan kamu sudah memikirkan dan mempertimbangkannya secara matang. Jangan pernah membuat keputusan saat kalian berdua sedang emosi, karena justru akan membuat penyesalan di kemudian hari.

Introspeksi Diri

Jika memang benar adanya pasangan terbukti berselingkuh, cari tahu penyebab dan alasannya. Bisa jadi penyebabnya karena kurang komunikasi, jenuh, atau hanya kesalahpahaman semata. Ini bisa jadi momen tepat untuk mengevaluasi diri masing-masing untuk menjadikan hubungan kalian lebih baik di masa depan.

Jangan Ragu untuk Berkonsultasi

Perselingkuhan memang dapat membuat seseorang merasa stress bahkan frustasi. Untuk mendapatkan solusi terbaik, cobalah untuk melakukan konsultasi dengan ahlinya. Konseling pernikahan bisa menjadi opsi tepat untuk kamu dan pasangan, agar dapat menemukan solusi terbaik bagi hubungan pernikahan ini.

Nah, itulah cara untuk cari tahu penyebab perselingkuhan dan cara mengatasinya dengan bijaksana. Ingatlah untuk selalu menghargai pasangan kalian, agar hubungan kamu dengan pasangan selalu didasari saling percaya, saling menghargai dan tentunya mencintai hingga akhir.