10 Deretan Film Romantis Tentang Pernikahan

By Enya on under How To

Tema cinta sepertinya memang menjadi salah satu tema yang paling sering diangkat dan dijadikan cerita dalam banyak film, baik itu film luar negeri maupun Indonesia. Film bertema cinta atau kisah romantis biasanya menjadi kegemaran para wanita, walaupun tidak sedikit juga pria yang menyukai film-film dengan genre ini. Meskipun mengangkat tema cinta, film romantis tidak selalu mengangkat kisah cinta antara dua orang kekasih saja lho, karena banyak juga yang mengangkat cerita mengenai berbagai lika-liku dan permasalahan seputar kehidupan pernikahan seperti konflik yang timbul dalam keluarga besar hingga munculnya orang ketiga dalam sebuah hubungan.

Untuk kamu yang sedang merencanakan pernikahan, menonton film bertema cinta dan pernikahan mungkin bisa menjadi agenda menarik yang bisa dilakukan dengan pasangan di sela-sela kesibukan dalam mempersiapkan acara pernikahan kalian. Selain menghibur, kamu dan pasangan juga bisa mendapatkan banyak insight dan masukan bermanfaat melalui kisah inspiratif, yang akan memberikan gambaran seperti apa kehidupan pernikahan nantinya. Berikut 10 film romantis bertema pernikahan yang bisa kamu jadikan pilihan.

Surga yang Tak Dirindukan

Film ini diadaptasi dari novel karya Asma Nadia dan mengangkat tema poligami yang saat ini masih dianggap tabu di Indonesia. Cerita di film ini berpusat pada Pras, seorang pemuda yang telah ditinggal oleh sang Ibu saat ia masih kecil, karena bunuh diri. Setelah dewasa Pras menikah dengan Arini dan mereka memiliki satu anak perempuan. Konflik kemudian muncul disaat Pras mencoba menyelamatkan hidup seorang wanita bernama Meirose, hingga Pras akhirnya menikahi Meirose demi mencegahnya melakukan bunuh diri. Film ini menjadi salah satu film bergenre percintaan yang sukses di Indonesia dimana akhirnya sekuel film ini pun muncul, berjudul Surga yang Tak Dirindukan 2 yang didukung oleh actor dan aktris seperti Laudya C. Bella, Fedi Nuril, Reza Rahadian dan Raline Shah. 

Milly dan Mamet

Film ini menceritakan tentang kehidupan pernikahan Milly dan Mamet yang berawal dari cerita dan tokoh film populer Ada Apa Dengan Cinta. Menghadirkan banyak scene lucu dan kocak, film ini menampilkan berbagai problematika dalam kehidupan pernikahan Milly dan suaminya, Mamet. Film ini menceritakan tentang Milly yang sangat menikmati perannya sebagai Ibu dan mengurus anak, dimana di saat yang sama ia juga rindu beraktivitas di luar rumah, dan juga mengenai Mamet, sang suami yang harus bekerja di pabrik milik orang tua Milly, padahal sebenarnya ia memiliki mimpi untuk menjadi chef dan terjun ke bisnis kuliner.

Critical Eleven

Critical Eleven dirilis pada tahun 2017, mengisahkan tentang pasangan suami istri muda yaitu Ale yang diperankan oleh Reza Rahadian dan Anya yang diperankan oleh Adinia Wirasti. Kehidupan pernikahan mereka diwarnai oleh berbagai permasalahan dengan kisah pilu yang sedih dan menyayat hati. Di film ini digambarkan perjuangan mereka berdua dalam membangun rasa percaya kepada pasangan dan menurunkan ego masing-masing untuk dapat membangun pernikahan yang bahagia bersama. 

7 Hari 24 Jam

Film ini mengisahkan tentang sepasang suami istri yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo dan Lukman Sardi, Tyo dan Tania, Mereka merupakan pasangan bekerja yang terlalu sibuk dengan urusan masing-masing, hingga membuat mereka jadi jarang bertemu dan membuat mereka jadi kurang saling mengenal satu sama lain. Ini adalah film yang cocok untuk ditonton oleh pasangan yang sama-sama bekerja, karena bisa memberikan inspirasi mengenai hal-hal yang perlu dilakukan untuk tetap memiliki hubungan yang harmonis meskipun sibuk dengan aktivitas pekerjaan masing-masing.

Teman Tapi Menikah 2

Kamu pasti pernah mendengar film yang berjudul Teman Tapi Menikah bukan? Nah film ini merupakan sekuel dari film tersebut yang berjudul Teman Tapi Menikah 2. Film yang terinspirasi dari kisah cinta Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion ini fokus pada kehidupan mereka berdua setelah menikah. Meskipun telah lama bersahabat, ternyata setelah menikah masih ada saja pertengkaran yang terjadi di antara mereka. Terutama setelah Ayu mengandung anak pertama mereka, dimana ia mengalami mood swing yang memicu timbulnya permasalahan di antara mereka.

Four Weddings and a Funeral

Meskipun rilis di tahun 1994, film ini tetap menjadi film favorit para pecinta film bergenre romantis. Four Weddings and a Funeral menceritakan tentang seorang pria bernama Charles yang diam-diam menyukai sahabatnya, Carrie. Mereka bertemu di empat acara pernikahan dan satu acara pemakaman, dimana 2 dari acara pernikahan itu adalah acara pernikahan mereka berdua dengan pasangan masing-masing. Pasang surut kisah cinta mereka akhirnya membuat mereka memilih menikah dengan orang lain, namun akhirnya mereka pun mencoba untuk menyatukan kembali cinta mereka.

My Best Friend’s Wedding

Film ini menceritakan tentang dua orang sahabat Julianne Potter dan Michael O’Neal yang pernah berjanji, jika mereka masing single di usia 28 tahun, mereka akan menikahi satu sama lain. Tiga minggu sebelum hari ulang tahunnya yang ke-28, Michael mengirimkan undangan pernikahannya dengan sang kekasih kepada Julianne. Diam-diam Julianne pun mengalami dilema karena ia masih menaruh harapan agar Michael membatalkan pernikahannya dan memilih untuk bersamanya.  Ending film ini berakhir bahagia, meskipun Julianne harus mengalah demi kebahagiaan sang sahabat yang telah menikah dengan kekasih pilihan hatinya.

The Wedding Singer

Film ini menampilkan chemistry yang sangat manis antara Adam Sandler yang berperan sebagai Robbie dan Drew Barrymore yang berperan sebagai Julia, yang menuai pujian dari banyak kritikus dan pecinta film dunia. Film ini mengangkat kisah antara dua orang yang bertemu di sebuah acara pernikahan yang kemudian saling jatuh cinta, namun saat itu mereka telah memiliki tunangan masing-masing. Sempat mengingkari perasaannya kepada Julia, Robbie akhirnya menyerah dan mencoba berbagai cara untuk meyakinkan Julia agar tidak menikah dengan tunangannya. Film ini sangat sukses di pasaran bahkan berhasil membuat lagu berjudul ‚ÄúGrow Old with You‚ÄĚ yang dinyanyikan Adam Sandler di film ini sangat dikenang oleh banyak orang, karena sangat memorable dan memiliki lirik yang romantis.

My Big Fat Greek Wedding

Film yang dinobatkan menjadi film romantic comedy terlaris sepanjang masa ini dibintangi oleh Nia Vardalos dan John Corbett yang berperan sebagai Ian dan Toula. Saat Toula memilih untuk menikah dengan Ian yang merupakan pria Amerika, muncul problematika di keluarga Toula yang merupakan keluarga Yunani, dimana di keluarganya belum pernah ada yang menikah dengan pria Amerika sebelumnya. Dengan semua rintangan dan halangan yang ada, pernikahan antara dua tradisi ini akhirnya berlangsung dengan lancar dan penuh cinta. 

Rachel Getting Married

Film ini berkisah tentang Kym , seseorang yang selalu dianggap kambing hitam dalam keluarga karena catatan rehabilitasinya dari kecanduan narkoba yang sangat panjang. Saat ia menghadiri pernikahan kakak perempuannya dengan membawa permasalahan pribadinya, ia pun memicu konflik di keluarganya, dimana Kym menganggap perilakuknya itu sebagai pemberontakan atas perlakuan orang tuanya yang menurutnya tidak adil. Konflik yang dihadirkan dalam film ini pun ditutup dengan happy ending, yang tentunya bisa kamu jadikan pilihan untuk ditonton bersama pasangan.