Everything You Need to Know about Bridal Shower

By Friska R. on under How To

Beberapa waktu yang lalu, saya mengorganisir bridal shower seorang teman yang kebetulan memiliki hubungan cukup dekat dengan saya ketika saya masih tinggal di Sydney. Sejujurnya pada saat menyanggupi untuk mengadakan acara seperti ini, saya sedikit ketakutan karena ini merupakan pertama kalinya saya menjadi host. Untungnya, acara tersebut berlangsung sukses dan meriah. Oleh karena itu, hari ini saya ingin berbagi 7 hal yang harus kamu pikirkan  dalam menyelenggarakan bridal shower untuk temanmu. Semoga membantu ya!

1. Siapa yang harus menjadi Host-nya?

Mungkin pada zaman dahulu, bridesmaids diharuskan untuk mengadakan acara ini untuk sang teman. Tetapi hal tersebut sudah tidak berlaku pada zaman sekarang, siapapun bisa mengadakan acara tersebut, termasuk saudara ataupun keluarga dekat. Tugas dari host bisa dibilang cukup banyak karena ia harus meng-arrange kapan diadakannya bridal shower, siapa saja yang diundang dan juga memikirkan jalan dan isi acara sehingga semuanya bisa menikmati acara tersebut.

Sewaktu memutuskan untuk menjadi host di acara bridal shower sang teman, saya baru sadar kalau saya hanya punya satu orang mutual friend dengannya. Syukurnya teman tersebut mau membantu saya dalam menghubungi teman-teman yang lain.

2. Berapa total budget yang kamu miliki?

Budget merupakan faktor paling penting dalam mengadakan acara bridal shower ini. Karena nantinya budget tersebut akan dialokasikan untuk lokasi, kado, kue, dan dekorasi. Ingat, budget merupakan sensitive issue, jadi sebaiknya kamu bertanya-tanya kepada orang lain mengenai harga yang wajar untuk sebuah acara bridal shower.

Pada waktu itu, saya mengundang sekitar 14 orang dan tiap orangnya diwajibkan untuk membayar IDR 350 ribu. Dari total uang yang terkumpul, saya pun mulai mengalokasikan budget tersebut, seperti 50% akan dihabiskan untuk makanan, 25% untuk hadiah (berupa lingerie), 10% untuk cupcakes, 15% untuk dekorasi yang saya buat sendiri (Go DIY! Hihi).

3. Di manakah kamu harus mengadakan bridal shower tersebut?

Setelah mengetahui total uang yang kamu miliki, mulailah mencari lokasi. Untuk lokasinya, kamu bisa memilih untuk mengadakannya di mana saja! Nggak usah terpaku kalau mengadakan bridal shower harus di restoran atau kafe yang cantik. Apabila kamu dan teman-temanmu ingin mengadakan di Taman Safari, go ahead!

Tetapi ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan seperti lokasi tempat tinggal dari para tamu. Ada baiknya memilih lokasi yang dikenal banyak orang sehingga mereka tidak kebingungan. Ngga lucu kan kalau ada yang nggak datang karena tidak tahu jalan. Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan apakah kamu membutuhkan private room atau tidak. Saya sendiri waktu itu mengadakan acaranya di Penang Bistro, Grand Indonesia. Alasannya adalah selain restoran tersebut berlokasi di tengah kota Jakarta, di sana juga terdapat private room jadi kita bisa bebas untuk ngobrol tanpa takut mengganggu pengunjung restoran lainnya.

4. Siapa saja yang harus diundang?

Pada umumnya, seorang calon pengantin bisa memiliki lebih dari satu bridal shower, tergantung dari circle of friends yang dia miliki. Tetapi tidak jarang lho hanya ada 1 bridal shower karena keterbatasan waktu yang dimiliki. Makanya lebih baik jika kita mencari tahu siapa saja temannya dari circle lain dan turut mengundang ke acara bridal shower tersebut.

Apabila kamu mengundang cukup banyak, jangan lupa minta mereka untuk RSVP undangan tersebut.

5. Bagaimana cara memilih tema?

Menentukan tema memang sedikit tricky karena hal tersebut harus mencerminkan kepribadian dari bride-to-be. Cara yang paling mudah adalah memilih warna favoritnya. Jika kamu kebingungan, mungkin kamu bisa bertanya kepada orang-orang terdekatnya seperti sang mama, saudara, atau bahkan pasangannya. Lebih baik bertanya daripada salah memilih tema dan merusak acara, bukan?

Ketika itu saya tidak merasa kesulitan dalam menentukan warna karena si teman sering berkata ‚ÄúFor me, pink is too girly.‚ÄĚ Maka dari itu, saya memilihkan warna orange sebagai tema bridal shower teman tersebut.

6. Dekorasi seperti apakah yang harus dipilih?

When it comes to decoration, you have to think about the budget (again). Apabila kamu memang sudah mengalokasikan budget kamu untuk meng-hire jasa party planner, tentu saja kamu tidak usah pusing dalam urusan dekorasi. Akan tetapi apabila budget kamu terbatas, tidak ada salahnya kan untuk mencoba Do-It-Yourself Project.

7. Kapan waktu yang tepat untuk mengadakan bridal shower?

Jangan terlalu mepet dalam mengadakan bridal shower. Saya sarankan untuk mengadakan acara tersebut minimal 2 minggu hingga 6 minggu sebelum hari H. Kenapa? Biasanya calon pengantin akan semakin senewen dalam mendekati hari H dan hal itu bisa membuat ia tidak menikmati acara yang diadakan khusus untuknya.

Tidak jarang saya mendengar cerita mengenai beberapa bride-to-be menangis di acara bridal shower-nya (yang diadakan 1 minggu sebelumnya!) karena acara yang seharusnya bersifat fun dan exciting berubah menjadi ajang curhat.

Nah, 7 hal ini adalah yang paling mendasar yang harus kamu lakukan pada saat merencanakan acara bridal shower untuk teman terdekatmu. Akan tetapi kamu juga harus mempersiapkan susunan acaranya lho, agar para tamu tidak bosan hihi. Ditunggu artikel selanjutnya mengenai games yang bisa dimainkan di acara bridal shower ya! Happy planning, girls!

 

Check Out The Vendor

Comments

Aulia

Sahabat yg diundang keluar duit juga ya? Bukan yg mau nikah yg nyiapin budget nya?

Reply

arinda.p

Biasanya bridal shower memang disiapkan oleh para sahabat untuk merayakan pernikahan sang calon pengantin. Oleh karena itu biasanya memang calon pengantin di”traktir” oleh para sahabatnya. Tapi terkadang walau jarang ada juga calon pengantin yang men-traktir sahabat-sahabatnya tersebut.

Reply

Hennie

Jika saya ingin membuat bridal shower untuk teman saya, jadi saya bersahabat 5org (termasuk saya) nah yg mau menikah 2org dari 5org tersebut. jadi kami ber tiga mau buat surprise bridal shower. sebaiknya apa saja yg harus saya lakukan?

Reply
Friska R.

Friska R.

Aku menyarankan kamu mulai membagi tugas dengan 2 orang teman lainnya. Misalnya akan ada yang bertanggung jawab dalam pemilihan tempat dan dekorasi, ada juga yang in-charge terhadap games dan kegiatan selama bridal shower. Jika kamu memiliki budget lebih, aku menyarankan kamu untuk meng-hire party planner. Good luck ya! Apabila masih bingung, feel free to ask more questions!

Reply

hennie

Thank you atas informasinya..
1lg yg mau saya tanyakan,kisaran harga party planner kalau kondisi nya seperti yg saya beritahukan??

Reply

finita

saya tanya dong, kalo pgn ngadain pake party planner, biasanya yg cari cafe/restoran party planner nya atau yg ngadain? makasi :)

Reply
Friska R.

Friska R.

Halo Finita,
Kalau dari pengalaman saya, biasanya kita suggest restoran/cafe mana yang kita pilih. Tetapi ga ada salahnya untuk nanya ke team party planner pilihan kamu. :)

Reply