Hal Penting yang Harus Disiapkan Calon Pengantin!

By Friska R. on under Budgeting, How To, Self Love

Hal penting yang harus disiapkan pengantin

Dalam mempersiapkan pernikahan, partisipasi kedua calon mempelai tentu sangatlah penting. Namun, sudah tidak aneh jika pihak wanita mengatakan pasangannya terkesan tidak peduli dengan segala urusan persiapan pernikahan. Maka dari itu, penting bagi kedua calon mempelai untuk membahas dan membagi tugas dalam mempersiapkan pernikahan. Tujuannya untuk mengurangi stress dan cekcok selama persiapan berlangsung. Beberapa tips berikut bisa menjadi contoh pembagian hal penting yang harus disiapkan calon pengantin pria dan wanita!

Calon Pengantin Pria

Biaya Pernikahan

Saat ini memang biaya pernikahan dapat dibagi bersama dengan pasangan, tapi tidak ada salahnya jika kamu mengambil andil yang lebih besar pada bagian ini. Biasanya dalam beberapa adat, pihak laki-laki ditunjuk untuk menanggung biaya pernikahan. Apabila ditanggung bersama, pastikan juga kalian tidak lepas tangan saat membicarakan masalah biaya dengan pasangan. Kamu juga bisa mulai menabung saat sudah mengetahui kapan kalian akan menikah dan pilihlah tabungan berjangka atau tabungan berencana. Jangka waktu tabungan bisa disesuaikan dengan rentang waktu rencana pernikahan kalian. Biaya pernikahan merupakan salah satu hal penting yang harus disiapkan oleh calon pengantin!

Mahar atau mas kawin

Calon pengantin laki-laki perlu mempersiapkan mahar atau mas kawin untuk pasangannya. Mahar atau mas kawin dapat berupa aja saja, disesuaikan dengan adat dan budaya serta kemampuan. Namun, umumnya berupa perlengkapan ibadah dan uang. Mahar atau mas kawin tidak harus mewah atau berlebihan, cukup disesuaikan dengan keyakinan dan biaya. Hal yang paling penting adalah mas kawin tersebut berkesan bagi calon pengantin.

Menjaga penampilan

Menjaga penampilan bukan hanya tugas dari calon pengantin wanita saja loh! Sebagai calon pengantin pria, kamu juga perlu melakukan hal yang sama. Tidak ada yang salah dengan melakukan perawatan tubuh dan wajah. Jika merasa malas melakukannya sendiri, kamu bisa melakukannya bersama pasangan. Anggap saja sebagai salah satu kencan yang anti-mainstream! Saat ini juga banyak tempat kecantikan atau salon yang menawarkan paket perawatan pasangan. Patut dicoba bukan?

Mengatur pola makan

Menerapkan pola makan yang sehat dapat dimulai dari jauh hari sebelum pernikahan. Kenapa? Karena dengan menerapkan pola makan yang sehat dapat berdampak baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, serta bisa membantu menjaga bentuk tubuh tetap ideal.

Menjaga hubungan tetap harmonis

Saat mempersiapkan pernikahan, akan ada banyak hal sepele yang dapat menyinggung perasaan satu sama lain. Oleh karena itu, penting sekali untuk saling menjaga perasaan! Jika ada konflik yang terjadi, usahakan untuk segera menyelesaikannya! Bicarakan dengan tenang untuk mencapai kesepakatan bersama.

Calon Pengantin Wanita

Menyiapkan administrasi untuk pendaftaran pernikahan

Kamu perlu menyiapkan pas foto ukuran 2×3 dan 4×6 dengan latar belakang warna biru serta lampirkan bersama dengan surat-surat administrasi untuk pendaftaran pernikahan. Umumnya, dokumen yang perlu dipersiapkan adalah fotokopi identitas diri dan surat pengantar dari otonom daerah setempat.

Perawatan diri

Make up saat hari pernikahan memang bisa membuatmu terlihat istimewa. Namun, jika wajahmu tidak dirawat dengan baik, wajah dan tubuhmu akan memancarkan rona kurang sehat. Jadi, sembari mempersiapkan pernikahan, kamu juga perlu secara rutin merawat wajah dan tubuh, seperti melakukan spa atau facial wajah. Penting juga untuk selalu menggunakan skincare yang tepat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Menjaga pola makan

Siapa sih yang tak mau tampil menawan di hari pernikahannya? Pasti semua ingin tampil maksimal! Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga pola makan selama proses persiapan pernikahan. Selain dapat membantu untuk menjaga bentuk tubuh tetap ideal, menjaga pola makan juga berpengaruh pada kesehatan tubuh serta wajah.

Menjaga hubungan dengan pasangan

Meski pasangan sama-sama sibuk dalam mempersiapkan pernikahan, jangan lupa untuk selalu menyediakan waktu berkencan atau sekedar menghabiskan waktu bersama. Dengan begitu, keharmonisan hubunganmu akan selalu terjaga! Kalian juga bisa saling bercerita tentang progress persiapan pernikahan. Usahakan juga untuk menghindari konflik ya Brides! Jika kalian mengalami perdebatan, selesaikan dengan kepala dingin dan tanpa saling menyalahkan.

Membuat wedding mood board

Wedding mood board adalah kumpulan inspirasi pernikahan yang kalian inginkan, dapat berupa foto atau video dari berbagai sumber yang menggambarkan pernikahan idaman kamu dan juga pasangan. Mood board dapat mempermudah persiapan pernikahan karena kita jadi tahu seperti apa detail pernikahan yang diingikan. Jangan lupa juga untuk mendiskusikan mood board yang telah dibuat dengan pasangan sebelum diserahkan ke Wedding Organizer atau fotografer.

Itulah beberapa hal penting yang harus disiapkan dan diperhatikan oleh kedua calon mempelai sebelum hari pernikahan! Jadi, hal mana sajakah yang sudah kalian siapkan?