Jelang Pernikahanmu, Sahabatmu Masih Jomblo? Ini Yang Harus Kamu Lakukan

By Septa Mellina on under Friendship, How To

Akhirnya hari bahagia yang kamu nantikan selama ini tiba juga. Kamu pun disibukkan dengan berbagai persiapan jelang hari pernikahan. Meskipun capek dan stres, kamu tetap happy menjalani semua prosesnya, apalagi ada sahabat yang selalu siap ngebantuin kamu.

Tapi, se-happy-happy-nya kamu, coba deh perhatiin beberapa teman dan sahabat yang selalu setia bantuin kamu. Bisa jadi ada dari antara mereka yang masih single (atau bahkan baru putus!). Kadang kamu ngerasa perlu menjaga perasaan mereka without even hiding your happiness. Here’s the tips to interact with your single ladies while keeping your focus on wedding preparation.

Empati

Ini kuncinya untuk ngejaga perasaan sahabat kamu yang masih jomblo. Kamu mungkin sangat excited untuk menyiapkan segala hal untuk pernikahanmu, tapi sahabat kamu yang jomblo mungkin nggak se-excited kamu. Bukan karena mereka nggak happy dengan pernikahan kamu lho, brides-to-be. But they have to deal with such mixed feeling. Kebayang dong gimana rasanya ketika mereka harus tetap semangat dan bahagia di hari pernikahan kamu padahal (mungkin) mereka pun lagi pusing dikejar-kejar pertanyaan ‚Äėkapan nikah? Udah ada omongan serius belum sama pacar kamu?‚Äô dari orang tua mereka. Atau, saat kamu lagi bahagia sama calon suami meeting sama vendor, your single best friend might be there alone crying after the recent break up. Jadi, di sela-sela kesibukan kamu mempersiapkan pernikahan, nggak ada salahnya lho untuk ngobrol dengan sahabatmu only to make sure that she‚Äôs ok with your wedding and her personal matter.

Be considerate

Selain empati, kamu juga harus memperhatikan perasaan teman kamu, terutama ketika mereka baru saja putus dari pasangannya. Jadi, kamu jangan keburu ngambek kalau mereka nggak bisa hadir di hari bahagia kamu. Daripada membombardir mereka dengan setiap detail persiapan, cobalah menjawab saat ditanyakan saja, brides. Kamu juga nggak perlu ribet jadi mak comblang biar sahabatmu bisa punya gandengan di hari pernikahanmu, kecuali sahabatmu sendiri yang memintanya. Because, people always need some time alone to heal the pain. Pengertian kamu akan menjadi hal yang berarti banget buat mereka.

Teman kamu bisa saja bete saat nggak jadi bridesmaid

Memilih bridesmaid memang gampang-gampang susah, brides-to-be. Saat kamu memilih teman baru untuk jadi bridesmaid, teman lama kamu mungkin saja bete, begitu juga sebaliknya. Saat kamu memilih bridesmaid, pastikan kalau kamu memberikan pengertian kepada mereka yang nggak terpilih. Show them that they’re special too in your life.

Menikah memang penting, brides. Nggak heran kalau banyak orang selalu memimpikan hari pernikahan mereka. Meski demikian, kamu juga perlu memperhatikan kondisi teman-teman kamu yang mungkin belum bertemu jodoh mereka. Selain bisa mempertahankan persahabatan kalian, hal-hal di atas juga bisa menjadi bekal kamu untuk menjadi lebih dewasa dalam membangun rumah tangga kelak.