Keindahan Adat Sunda pada Pernikahan Rona & Mustofa

By The Bride Dept on under The Wedding

Keindahan Adat Sunda pada Pernikahan Rona & Mustofa

Style Guide

Style

Traditional

Venue

Hotel

Colors

Vendor That Make This Happened

Bride's Attire Ayung Berinda

Groom's Attire Ayung Berinda

Event Styling & Decor Atmadja Decoration

Photography Owlsome_

Make Up Artist Nanath Nadia

Wedding Shoes Adity Shoes

Pemandu Adat Intendewangga.official

Wedding Organizer Kinanti Wedding Planner

Venue Pullman Bandung Grand Central

Event Styling & Decor Amavach

Wedding Entertainment Harmonic Music

Master of Ceremony Dody3d

Master of Ceremony Miming Suwandi

Souvenir Amavach

Invitation Kuchiwalang

Photobooth Flutstory Photobooth

Others Fuzyraksa

Others Motico.asia

Seserahan Larasmanis_

Invitation Bukutamudigital_kurvasoft

Bertemu pertama kali saat duduk di bangku SMA, pasangan ini cukup lama berteman hingga akhirnya sama-sama menyimpan perasaan. Meskipun membutuhkan waktu untuk menyatukan cintanya, jalan Tuhan selalu menunjukkan yang terbaik. Hingga akhirnya kisah mereka dipersatukan dalam acara yang mengusung keindahan adat Sunda pada pernikahan Rona & Mustofa.

Pertemuan Pertama

Rona dan Mustofa merupakan teman semasa SMA, tetapi kami berteman di satu kelas selama satu tahun saja. Selama duduk di bangku SMA hanya sebatas teman saja dan tidak pernah berkomunikasi secara intens. 28 Januari 2021, dimulai dari sebuah direct massage di Instagram, Mustofa memulai dengan membuka pembicaraan. Ia mengirimkan akun kedua milik Rona, dan menanyakan apakah ini memang benar akunnya. Sejak saat itu kami berdua jadi sering mengobrol. Dan akhirnya kami mulai sering chat via Whatsapp. Singkat cerita, sebelum kami mulai lebih dekat Rona sempat menanyakan kepada salah satu sahabatnya apakah Mustofa masih berpacaran dengan yang lain atau tidak.

“Hal yang paling tidak aku inginkan adalah merusak hubungan orang lain”, ucap Rona.

Setelah mendapatkan konfirmasi bahwa Mustofa sudah tidak berpacaran dengan yang lain, komunikasi kami berdua jadi semakin dekat dan intens. Di awal tahun 2021, Mustofa menyatakan kepada Rona jika ia tidak ingin berpacaran dan memintanya untuk menikah. Tapi Rona belum menjawabnya, karena saat itu prioritasnya bukanlah menikah. Setelah berdiskusi dengan kedua orang tua dan melakukan solat istikharah, akhirnya Rona mendapatkan jawaban dan diyakinkan Tuhan untuk menikah dengan Mustofa.

Konsep Pernikahan

Wedding dream Rona adalah menggelar pernikahan yang mengusung nuansa adat Sunda. Pada momen akad ia memilih tampilan Sunda Putri dibalut dengan kebaya putih yang begitu indah rancangan Ayung Berinda. Keluarga inti kami juga semuanya menggunakan kebaya bewarna putih.

Untuk tampilan kedua yaitu resepsi, Rona menggunakan siger dan kebaya yang mengambil tema Merak Ngibing. Karena kami berdua lahir dan besar di Bandung kami mengusung tema besar Merak untuk resepsi ini. Motif Merak Ngibing merupakan salah satu motif khas Priangan, digambarkan dengan sepasang burung merak yang saling berhadapan seperti sedang menari. Motif ini juga melambangkan keindahan Priangan yang penuh keramahan. Kebetulan venue pernikahan kami adalah salah satu hotel favorit yang berada di tengah Kota Bandung. Motif tersebut Rona gunakan dalam setiap detail pernikahannya dari mulai undangan fisik & digital, kain batik keluarga inti, batik keluarga besar serta dekorasi pelaminan.

Make Up & Hair Do

Untuk pemilihan make up sendiri Rona mengaku tidak terlalu memusingkannya, karena dulu ia pernah dirias oleh Mba Nanath Nadia. Jadi untuk pernikahan ini, Rona pun langsung mempercayakannya kepada beliau. Konsep riasannya sendiri adalah make up flawless dan tidak berlebihan. Karena Rona tetap ingin menunjukkan karakter wajah alaminya.

Busana Pilihan

Pemilihan busana pernikahan Rona dirancang oleh Ayung Berinda yang merupakan salah satu desainer terkenal di kota Bandung. Salah satu impian Rona pada pernikahannya ini adalah bisa memakai kebaya rancangan Ayung.

“Karena badan aku kecil, aku memilih untuk sewa kebaya perdana pada Ayung dan Tuhan mengabulkan hal tersebut. Jadi baju kami langsung dibuat oleh beliau sendiri dan kami berdiskusi langsung untuk membicarakan konsep yang kami inginkan”, ungkap Rona.

Foto Pre-Wedding

Untuk tema foto pre-wedding, kami sepakat untuk mengusung tema Jawa kolonial. Kami memilih busana kebaya dan beskap dengan nuansa warna pastel. Untuk fotografer, Rona dan Mustofa mempercayakannya kepada Owlsome. Menurut mereka, hasil foto-foto Owlsome selalu menarik perhatian dengan gaya khasnya. Hasilnya tentu sangat memuaskan!

Pernikahan Impian

Hal yang harus dipersiapkan sejak awal menurut kami berdua adalah kesiapan financial. Karena hal tersebut harus dipikirkan secara matang. Dan jika mengikuti ego dan keinginan masing-masing tentu akan sangat sulit. Pemilihan konsep dan warna untuk acara juga kami diskusikan bersama. Untuk mencapai hal tersebut, Rona dan Mustofa selalu membicarakan setiap detail agar dapat menghasilkan keputusan yang terbaik. Kami berdua menghubungi vendor-vendor pilihan satu persatu, kemudian didiskusikan bersama Wedding Organizer. Untuk konsep acara, kami lebih memilih tampilan klasik tradisional karena tampilannya yang elegan. Venue yang dipilih untuk menggelar acara dengan tema keindahan adat Sunda pada Pernikahan Rona & Mustofa adalah Ballroom Pullman Bandung Grand Central Convention Center.

Untuk membuat acara yang mengusung keindahan adat Sunda pada pernikahan Rona & Mustofa, inilah top three vendors pilihan mereka:

Bride & Groom Attire : Ayung Berinda

Decoration : Atmadja Decoration

Photo & Video : Owlsome_

Thank you to all vendors to makes our wedding beautiful and perfect!

Make Up : Nanathnadia

Shoes Bride : Adity Shoes

Upacara Adat : Intendewangga.official

WO : Kinanti Wedding Planner

Venue : Pullman Bandung Grand Central

Illustator : Amavach

Entertaiment : Harmonic Music

MC : Dody3d , Miming Suwandi

Souvenir & invitation : Amavach, Kuchiwalang

Photobooth : Flutstory Photobooth

Photo Studio : Fuzyraksa

Live Streaming & GIF : Motico.asia

Mahar & seserahan : Larasmanis_

Digital Invitation : Bukutamudigital_kurvasoft