Lamaran Batak Toba Modern Sheba-Kevin

By The Bride Dept on under The Engagement

Lamaran Batak Toba Modern Sheba-Kevin

Style Guide

Style

Traditional

Venue

Hotel

Colors

Vendor That Make This Happened

Event Styling & Decor Stupa Caspea

Venue InterContinental Hotel Jakarta

Wedding Organizer Big Enterprise Wedding Organizer

Cerita cinta setiap pasangan tentunya berbeda. Ada saja cara Tuhan untuk mempertemukan makhluknya dengan pasangan yang sempurna. Seperti pasangan ini, dipertemukan lewat pesan singkat yang ternyata berakhir jadi cinta. Mereka berdua bahkan rela menjalin hubungan jarak jauh dan selalu tetap percaya pada pasangan masing-masing. Di penghujung bulan Juni lalu, mereka melangsungkan acara lamaran Batak Toba Modern Sheba-Kevin yang temanya begitu menarik perhatian!

Awal Pertemuan

Sheba dan Kevin pertama kali bertemu pada bulan Agustus 2019, saat itu Kevin baru saja mendarat di Jakarta dari tempat dinasnya pada saat itu, yaitu Jambi. Kevin sedang melaksanakan pendidikan jurusan di Pusdik Reskrim Polri Mega Mendung Bogor selama 1 bulan sehingga mengharuskan ia terbang ke Jakarta. Sedangkan Sheba saat itu masih duduk di bangku kuliah sebagai mahasiswa semester 3. Perkenalan pertama kami terjadi lewat whatsapp chat, seminggu setelah perkenalan tersebut, kita bertemu di salah satu mall di daerah Senayan. Sejak pertemuan pertama itu kita langsung merasa cocok dengan kepribadian satu sama lain.

Selama 1 bulan Kevin di Jakarta, ia selalu menyempatkan waktu untuk bertemu dengan Sheba dan juga berkenalan dengan keluarganya. Setelah menjalani hubungan kurang lebih selama hampir 3 tahun, pada bulan Maret 2022, Kevin melamar Sheba di Bali dengan romantis. Setelah pertemuan dengan kedua belah pihak keluarga akhirnya kita sepakat untuk melangsungkan acara lamaran resmi pada tanggal 26 Juni 2022 yang lalu. Lamaran ini dilangsungkan sebelum Sheba berangkat ke London untuk melanjutkan studi pada bulan Agustus mendatang. Kami harus berpisah di belahan bumi yang berbeda, sebelum akhirnya kami akan melangsungkan pernikahan di tahun 2023 mendatang.

Pemilihan Konsep

Konsep acara lamaran ini diselenggarakan dengan tema Batak Toba Modern. Ilustrasi Danau Toba yang merupakan ikon khas dari Sumatera Utara dan tanah Batak dipilih menjadi backdrop dari dekorasi acara lamaran ini. Kebetulan keluarga kedua belah pihak berasal dari suku Batak Toba, jadi kami ingin mengangkat konsep yang menonjolkan daerah asal kami.

Untuk model pakaian yang dikenakan Sheba dan juga ibu dari kedua belah pihak adalah kebaya kurung. Sedangkan untuk pakaian Kevin dan ayah dari kedua belah pihak menggunakan busana tenun. Begitu juga dengan pihak keluarga besar yang menggunakan seragam tenun berwarna senada. Pemilihan tema warna bunga untuk dekorasi adalah jingga, kuning, biru, dan tosca. Namun untuk tema warna pakaian kami berdua memilih warna mint green sedangkan untuk keluarga bertema silver. Palet tersebut dipilih agar nuansa warna pada dekorasi dan pakaian bisa terlihat kontras namun tetap sesuai dan menarik.

Lamaran Modern Tradisional

Acara lamaran kami ini, tidak dilakukan dengan prosesi adat dikarenakan dalam adat Batak tidak ada prosesi lamaran seperti yang dilakukan pada umumnya. Sehingga kami berdua memutuskan untuk membuatnya lebih netral saja sesuai dengan adat istiadat kebiasaan di Indonesia. Namun, kami juga tetap ingin ada sentuhan tradisional Batak dalam lamaran ini karena kami ingin tetap menghargai dan mengenalkan adat istiadat kami kepada para tamu undangan yang hadir. Sentuhan adat Batak dalam acara ini dituangkan melalui ilustrasi backdrop Danau Toba yang dibuat dalam konsep earth wind and water. Selain itu penggunaan songket Jungjungan Toba yang digunakan oleh Sheba dan tenun Batak yang digunakan oleh Kevin menjadi detail yang mengusung adat itu sendiri.

Esensi dari acara ini adalah lamaran resmi dari keluarga besar Kevin dengan mengundang keluarga besar Sheba, sahabat-sahabat kedua calon mempelai, dan beberapa kerabat orang tua untuk mengetahui dan memberikan doa restu untuk hubungan kami yang melangkah ke jenjang berikutnya. Kevin juga tak ketinggalan untuk membawa tanda kasih sayangnya dalam bentuk seserahan untuk Sheba pada acara lamaran ini.

Make Up dan Hair Do

Untuk acara lamaran ini, Sheba memilih Irwan Riady sebagai Make Up Artist yang akan menangani riasannya. Tema riasan yang ingin Sheba tampilkan adalah make up lembut dan natural, sehingga lebih menonjolkan kecantikan yang ia miliki. Alasan memilih Irwan Riady karena Sheba melihat riasan beliau selalu menampilkan riasan soft dan elegan serta tidak terlalu mengubah wajah asli. Sedangkan untuk tatanan rambut, ia memilih Woko untuk membuat tatanan rambut sleek dengan gaya klasik namun tetap simpel.

Pemilihan Busana

Desainer kebaya yang dipilih untuk acara kali ini adalah Lace by Artkea. Menurut Sheba, label ini memiliki ciri khas berbeda dengan permainan material tulle dan payet yang unik. Model kebaya yang ditampilkan juga modern dan tidak terlalu klasik sesuai dengan tema lamaran yang diangkat. Model yang diinginkan adalah kebaya kurung yang merupakan ciri khas Melayu, salah satunya adalah suku Batak. Namun Sheba tetap ingin memberikan kesan modern, sehingga Lace by Artkea dapat mewujudkan hal tersebut dengan merancang kebaya modern berdetail leher square dan pada bagian bawah kebaya berbentuk a-simetris. Sedangkan bagian depan berbentuk oval yang lebih pendek dibandingkan bagian belakang dalam paduan nuansa warna mint green-tosca green.

Sedangkan untuk kain songket padanannya dirancang oleh Merdi Sihombing dan dibuat khusus di pusat tenun beliau yang terletak di Kab. Samosir, Sumatera Utara. Ia sukses merealisasikan keinginan Sheba untuk membuat kain tenun songket yang bertemakan Batak Toba modern. Pemilihan warna kain disesuaikan dengan palet kebaya itu sendiri. Tak hanya itu, beliau pun membuat kain tenun Batak untuk kemeja Kevin yang serasi dengan warna kebaya dan motif songket Sheba. Songket Toba bermotif Junjungan ini memiliki filosofi “menjunjung” harkat hidup dalam berbagai hal yang positif.

Lamaran Impian

Cara mewujudkan acara lamaran Batak Toba modern Sheba-Kevin ini tentu saja dengan melakukan persiapan yang detail, matang, dan memilih vendor-vendor yang profesional juga berpengalaman. Sedari awal harus mengetahui konsep yang diinginkan seperti apa sehingga kita bisa menjelaskan kepada pihak vendor secara detail dan jelas. Sehingga para vendor pun dapat memberikan hasil yang sesuai dengan ekspektasi yang kita inginkan.

“Willing to get your hands dirty adalah kunci mewujudkan acara yang kita impikan.” Ucap Sheba.

Kita benar-benar turun tangan untuk setiap detail acara, melakukan meeting dan berkomunikasi secara langsung bersama setiap vendor untuk mengetahui apakah cocok dengan harapan dan konsep kami. Baik Sheba juga Kevin lebih menyukai acara dengan konsep tradisional-modern.

“Kita harus bangga dengan keunikan adat-istiadat dan juga kekayaan budaya Indonesia yang tidak dimiliki oleh bangsa lain. Kekayaan tersebut menjadikan adat yang kita miliki unik dan berbeda.” Tambah Sheba.

Setiap adat istiadat memiliki filosofi yang indah dan bermakna, di era modern seperti ini kita tetap bisa mengembangkan adat tradisional tersebut dengan memberi sentuhan modern tanpa mengurangi makna yang ada di dalamnya. Selain itu, kita berdua berdarah Batak sehingga kita ingin benar-benar menghargai, mempelajari, dan melestarikan adat tersebut.

Acara lamaran Sheba dan Kevin dilangsungkan di 27th floor restaurant InterContinental Hotel Pondok Indah. Sejak awal melihat venue ini kita sudah jatuh cinta karena konsep “glass house” yang memang kami inginkan. Para tamu undangan pun merasa seperti berada di area “outdoor” karena suasana terang dan terbuka yang dihadirkan. Namun tentunya tetap nyaman karena sebenarnya lokasi tersebut berada di area indoor. Selain itu, di ruangan ini juga tersedia area outdoor bagi para tamu undangan yang ingin bersantai dan beramah tamah. Untuk mewujudkan lamaran Batak Toba Modern Sheba-Kevin ini, ada beberapa vendor pilihan yang menjadi favorit mereka.

Top 3 Vendor pilihan Sheba dan Kevin:

  1. Stupa Caspea

Benar-benar perfect! dari awal bisa memahami konsep yang diinginkan dan merealisasikannya bahkan lebih dari ekspektasi!

  1. InterContinental Hotel Jakarta

Menyediakan venue yang benar-benar kami cari! Makanan yang beragam dan rasa yang sangat enak. Senang sekali bekerja sama dengan mereka karena sangat kooperatif.

  1. Big Enterprise WO

Sangat membantu jalannya semua proses acara dari preparation sebelum hari H, morning preparation dan selama jalannya acara dengan sangat detail sehingga bisa berjalan dengan mulus!