Lokasi Honeymoon di Indonesia Untuk Pecinta Pantai

By Ikke Dwi A on under How To

Kemarin The Bride Dept sudah memberikan beberapa lokasi honeymoon di Indonesia untuk yang berjiwa petualang. Tetapi ternyata masih banyak lokasi honeymoon yang bisa dijelajahi di Indonesia, khususnya bagi pasangan yang mencintai suasana pantai.

Berikut ini daftar lokasi honeymoon terbaik di Indonesia versi The Bride Dept untuk kamu dan pasangan pecinta pantai:

Ora Beach ‚Äď Ambon

Bagi pasangan pecinta pantai, Ora Beach di Ambon ini bisa jadi salah satu pilihan. Pantainya indah dengan warna air biru terang dan tidak kalah cantiknya dengan Maldives. Selain pantai, kamu juga bisa menikmati wisata alam lainnya seperti tebing sawai & goa misterius, pemandian air Belanda, snorkeling di area Ora Beach, canoeing di area Ora Beach.

How to get there:

  • Terbang dari kota asal ke kota Ambon
  • Sampai di Ambon langsung menuju Pelabuhan Tulehu, kemudian membeli tiket kapal cepat dengan tujuan ke Pelabuhan Amahai (Masohi) harga tiket VIP Rp. 150.000,- dan tiket ekonomi Rp. 92.000,- dan waktu tempuh sekitar 2 jam.
  • Kemudian dari Pelabuhan Amahai dilanjut dengan jalan darat dengan kendaraan selama sekitar 2 jam hingga ke Desa Sawai, jalanan berliku dan driver biasanya menyetir cukup kencang. Penting banget untuk menyiapkan obat anti mual bagi yang mudah mual!
  • Dari Desa Sawai tinggal menyebrangi dermaga sekitar 10 menit saja dengan kapal kecil, you’re in Ora Beach already!

Tips:

  • Harga penginapan di Ora Beach Eco Resort dihitung per orang, bukan per kamar. Harga variatif tergantung season, berkisar antara 100 – 150 USD (ini sudah include transport dan makan 3x sehari)
  • Tidak disarankan untuk snorkeling di area dangkal karena banyak koral dan gerakan kaki kita bisa saja tidak sengaja mematahkan koral, cari area yang lebih dalam.
  • Belum ada dive center di Ora Beach Resort, namun snorkeling pun sudah cukup memuaskan.

Pulau Moyo ‚Äď Nusa Tenggara Barat

Ingin menikmati honeymoon romantis ala pasangan Edward Cullen dan Bella Swan seperti di film Twilight? Kamu bisa memilih Pulau Moyo di Nusa Tenggara Barat. Mulai dari berjalan-jalan berdua di pasir pantainya, menikmati air terjun dan makan malam romantis berdua.

Apa saja tempat yang bisa kamu kunjungi di pulau romantis ini? Mulai dari pantai Tanjung Pasir, pantai Ai Manis, air terjun mata jitu, pantai Poro Jarum, sampai pantai Brang sedo.

How to get there:

  • Terbang dari kota asal ke Lombok
  • Sesampainya di Bandara Lombok, dilanjutkan naik Bus Damri hingga Sweta,Lombok. Anda dapat turun di pool bis Damri di Sweta. Perjalanan dari bandara ke Sweta adalah sekitar satu jam.
  • Dari Sweta, Lombok, tujuan selanjutnya adalah Pelabuhan Kayangan Lombok. Di Sweta, Anda dapat mencari Engkel (angkutan umum) dengan tujuan Pelabuhan Kayangan.
  • Di Pelabuhan Kayangan tersedia kapal atau ferry menuju Pelabuhan Pototano Sumbawa. Jangan khawatir tidak kebagian kapal karena jadwalnya berdasarkan info yang The Bride Dept peroleh dari petugas di pelabuhan adalah setiap jam selama 24 jam. Kapal atau ferry ini berukuran besar. Tarifnya tidak mahal, hanya sekitar 19 ribu rupiah per penumpang (per November 2013). Lama perjalanan dari Pelabuhan Kayangan ke Pototano adalah sekitar 2 jam. Di kapal atau ferry tersedia warung yang menyediakan beraneka makanan ringan.
  • Sesampainya di Pelabuhan Pototano Anda dapat menyari bis ke Sumbawa Besar.
  • Nah sesampainya di Sumbawa Besar ada beberapa pelabuhan yang bisa digunakan untuk mencari kapal atau perahu menuju Pulau Moyo, yakni di Labuan Badas, Muara Kali dan Ai Bari. Namun berdasarkan info-info yang diperoleh selama berkunjung kesana, di Labuan Badas kamu¬†mesti menyewa kapal atau perahu. Sedangkan di Ai Bari, The Bride Dept tidak mendapatkan informasi lebih detail tentang kapal atau perahu menuju Moyo. Salah satu rute yang cukup mudah adalah melalui Muara Kali yang masih terletak di tengah kota. Di Muara Kali, kamu dapat menumpang kapal atau perahu rakyat yang biasa pulang pergi dari Pulau Moyo ke Sumbawa Besar dan sebaliknya. Perahu rakyat ini biasanya mengangkut warga Moyo yang hendak menuju Sumbawa Besar untuk berbagai keperluan seperti berbelanja, dan lain-lain.

Pulau Weh ‚Äď Aceh (diving)

Ok, bagi kamu dan pasangan yang sama-sama hobi diving maka Pulau Weh, Aceh bisa menjadi tujuan honeymoon. Kamu dan pasangan bisa sama-sama menikmati keindahan bawah laut pulau Weh lalu duduk berdua menatap sunrise. How romantic is that?

Apa yang bisa kamu dan pasangan lakukan di sini? Mulai dari menikmati keindahan pantai Iboih (diving center), tebing pantai Anoi Hitam, air terjun Peria Laot, pantai Gapang, Snorkeling di Pulau Rubiah, pemandian air panas Keuneukai, Monkey Road, Tugu No Kilometer, sampai sunrise di pantai Sumur Tiga.

How to get there:

  • Terbang dari kota asal Anda ke Aceh.
  • Sesampai nya di Aceh, Anda harus melanjutkan perjalanan menuju ke pelabuhan Ulee Lheue dengan menggunakan taksi atau becak. Jarak antara bandara dengan pelabuhan Ulee Lheue dapat ditempuh kurang lebih 20 menit menggunakan mobil.
  • Berangkat ke Pulau Weh menggunakan kapal ferry atau kapal ekspres. Perbedaan nya hanya dilihat dari waktu tempuh. Jika menggunakan kapal ferry dibutuhkan waktu 2 jam, sedangkan kapal ekspress hanya membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit.

Tips:

  • Di pulau harus menyewa kendaraan, karena minim transportasi umum
  • Harga Hotel bervariasi start 100rb ‚Äď 1juta

Raja Ampat ‚Äď Papua Barat

Masih bagi pasangan pecinta diving, Raja Ampat bisa juga menjadi salah satu tujuan honeymoon. Selain pemandangannya yang super indah, juga menjadi tempat super romantis bagi pasangan yang baru menikah.

Apa saja yang bisa Anda dan pasangan dapatkan di daerah yang mulai dikenal di seluruh dunia ini? Mulai dari Diving Spot di pulau-pulau Raja Ampat, snorkeling spot, sampai menikmati oleh-oleh khas Raja Ampat.

How to get there:

  • Terbang menuju sorong dari kota asal
  • Dari Sorong menuju pelabuhan Sorong dengan menggunakan angkutan berwarna kuning
  • Di pelabuhan, Anda bisa naik kapal rakyat menuju Raja Ampat (120rb per org) ditempuh dengan waktu kurang lebih 2 jam
  • Setelah sampai, Anda diperlukan untuk menyewa kapal/mengikuti jadwal kapal-kapal yang akan berkeliling ke pulau sekitar.
  • Estimasi penginapan dimulai dari 300 ribu hingga 2juta per orang.

Bunaken ‚Äď Manado

Siapa yang tidak kenal keindahan Bunaken? Selain mengunjungi Taman Laut Bunaken, kamu juga bisa diving dan menikmati keindahan bawah laut alam Indonesia.

How to get there:

  • Terbang dari kota asal menuju Manado
  • Dari bandara menuju Pelabuhan Manado, Marina Nusantara Diving Centre (NDC) di Kecamatan Molas dan Marina Blue Banter. Dari pelabuhan Manado menuju Pulau Bunaken memakan waktu kurang lebih 30 menit, dari NDC ke lokasi penyelaman Pulau Bunaken membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit, sedangkan dari Marina Blue Banter ke Pulau Bunaken kita akan menggunakan kapal pesiar dan menempuh perjalanan selama sekitar 10-15 menit.
  • Tanda masuk dan tiket ke Pulau Bunaken dapat diperoleh di kota Manado dan di Taman Nasional Bunaken. Anda juga dapat membeli tiket di beberapa counter penjual tiket di Bunaken dan desa-desa Liang di Pulau Bunaken dan Siladen. Harga tiket masuk bagi wisatawan asing adalah Rp. 50.000,- per orang per hari atau Rp. 150.000,- per tahun. Sedangkan bagi wisatawan lokal harga tiket masuknya hanya Rp. 2.500,- per orang per hari.

Bangka Belitung ‚Äď Belitung

Ada yang bilang Bangka Belitung merupakan Karibia-nya Indonesia. Banyak sekali pantai indah yang bisa Anda dan pasangan nikmati and of course dijamin akan menjadi perjalanan super romantis.

Pulau yang menjadi lokasi syuting film ‚ÄúLaskar Pelangi‚ÄĚ ini tidak hanya menyajikan keindahan pantainya, seperti pantai Parai Tenggiri, pantai Tikus, pantai Tanjung Tinggi, tetapi juga Gunung menumbing, Pulau Memperak, dan Pulau lengkuas. Dijamin akan menjadikan foto dokumentasi honeymoon Anda cantik dan tidak bosan untuk dilihat.

How to get there:

  • Terbang menuju Pangkal Pinang dari kota asal.
  • Dari Pangkal Pinang (Bangka) menggunakan kapal menuju Pulau Belitung, dari pelabuhan pangkalbalam (4-5 jam). Atau dapat menggunakan pesawat (sky aviation ‚Äď waktu tempuh setengah jam).

Tips:

  • Untuk berangkat menuju pulau-pulau kecil di sekitar Belitung, Anda dapat mencari kapal sewaan di pelabuhan tanjung kelayang.
  • Untuk berkeliling disarankan menyewa kendaraan (motor/mobil)

So, lokasi honeymoon di Indonesia mana yang menjadi tujuan Anda dan pasangan?