Menentukan Tanggal Pernikahan: Ini 6 Hal Yang Wajib Diperhatikan!

By Penna on under How To, Wedding Day

Menentukan Tanggal Pernikahan

Berbicara soal hari H, tanggal di kalender adalah acuan utama bagi setiap acara penting. Memilih tanggal pernikahan biasanya juga merupakan hal pertama yang dilakukan sebelum urusan lain dilaksanakan. Menentukan tanggal pernikahan bisa jadi perkara yang gampang-gampang susah, alias bisa saja harus memprioritaskan penanggalan yang baik, ketersediaan venue dan banyak lagi. Supaya tidak stress, catat dulu 6 hal yang penting saat menentukan tanggal pernikahan :

1. Persetujuan Semua Belah Pihak

Ini yang terpenting dalam menentukan tanggal pernikahan, yaitu tanggal yang direstui oleh semua belah pihak. Terutama untuk orang tua atau tetua yang ingin mencari tanggal atau hari baik untuk pernikahan sesuai adat istiadat, hargai pendapat mereka dan minta persetujuan sebelum menentukan tanggal pernikahan. Ingat loh, jangan bersitegang saat menentukan tanggal pernikahan dan tetap utamakan tatakrama dalam  mencapai keputusan bersama.

2. Jarak Dengan Sekarang

Ada baiknya brides menentukan tanggal yang realistis dan memberikan jeda/jarak antara persiapan pernikahan dengan penentuan tanggal. Beberapa brides membutuhkan minimal 6 bulan atau 1 tahun, ada pula yang bisa merampungkan persiapan pernikahan dalam kurun waktu 1 atau 3 bulan. Yang terpenting, sesuaikan dengan kapasitas daripada terlalu tergesa-gesa atau berlama-lama dalam menentukan tanggal pernikahan.

3. Ketersediaan Venue

Cocokkan juga tanggal pernikahan dengan venue favorit atau setidaknya cari beberapa alternatif venue sehingga kamu tidak keburu kecewa jika venue sudah di-booking. Oleh sebab itu, banyak yang akan menganjurkan agar mencari tanggal pernikahan di saat bulan yang tidak ramai, karena selain venue pasti tersedia, harga vendor lainnya juga akan lebih murah!

4. Pilih Tanggal Baik Ini

Psst, ada beberapa tips saat memilih tanggal pernikahan yang lebih disukai oleh tamu undangan, misalnya menghindari tanggal tua karena biasanya kondisi keuangan tanggal muda lebih baik. Selain itu, pilih juga tanggal yang berdekatan dengan weekend atau hari libur supaya acara ramai dan banyak yang bisa menghadiri untuk memberi doa restu. Walaupun ini hanya sebagai bonus, tidak ada salahnya juga menyesuaikan dengan kondisi tamu saat menentukan tanggal pernikahan.

5. Tidak Mutlak Tanggal Cantik

Tanggal ganda atau tanggal cantik lainnya sudah sering menjadi incaran pasangan lain. Akibatnya, venue menjadi lebih terbatas ataupun harganya meroket karena banyaknya permintaan. Pasangan tidak mutlak harus menentukan tanggal pernikahan yang cantik, sebaliknya, pilih saja tanggal yang punya makna tersendiri misalnya hari ulang tahun atau hari jadian supaya selebrasinya yang ganda!

6. Tanggal Cadangan

Untuk jaga-jaga terhadap hal yang tidak diinginkan, cari juga tanggal cadangan yang akan berguna untuk menyesuaikan dengan vendor, cuaca buruk, hal mendadak, atau hal-hal lain yang tidak bisa diantisipasi.