Bagaimana Cara Mempersiapkan Seserahan?

Posted on by alandakariza & filed under How To.

Mempersiapkan seserahan adalah salah satu hal yang mungkin harus kita lakukan dalam persiapan pernikahan tapi seringkali terlewat. Sebagian dari kita beruntung karena ada orangtua yang biasanya ingin mengurus soal seserahan dan hantaran. Namun, tidak jarang, kita harus belanja tidak hanya hantaran untuk calon suami tapi juga seserahan untuk kita. Kamu pastinya telah membaca artikel soal seserahan yang menjadi salah satu artikel terpopuler di The Bride Dept.

Di artikel ini, kamu bisa menemukan lebih banyak tips untuk belanja seserahan:

  • Isi seserahan dan hantaran dengan barang yang akan berguna untuk kalian berdua, misalnya pakaian kerja, buku, atau hal lain yang sesuai dengan hobi.
  • Usahakan untuk membeli beberapa hal kecil yang terjangkau agar seserahan terlihat “penuh”. Jika kalian menggunakan jasa dekorator seserahan, biasanya mereka memiliki kesulitan jika satu boks hanya diisi satu atau dua barang.
  • Untuk memudahkan pencarian barang, tidak ada salahnya untuk menentukan warna atau tema dari barang yang dibeli. Misalnya, warna ungu muda untuk seserahanmu dan abu-abu untuk calon suami.
  • Jika kamu bekerja, mungkin kamu tidak punya banyak waktu untuk berbelanja isi seserahan di pusat perbelanjaan. Gunakan jasa e-commerce untuk berbelanja, kurang lebih 2 bulan sebelum kamu berencana untuk mulai mendekorasi seserahan. Tidak jarang, situs e-commerce ini juga memiliki berbagai macam potongan harga yang membantumu menekan budget.
  • Siapkan budget tidak hanya untuk berbelanja isi seserahan, tapi juga untuk mendekorasinya. Di pasar tradisional (misalnya Pasar Mayestik), harga boksnya kira-kira 350 ribu rupiah untuk empat boks, sudah termasuk jasa dekorasi. Untuk jasa dekorasi seserahan yang lebih premium, biaya dekorasinya bisa mencapai 300 ribu per boks atau lebih, di mana kamu bisa membeli boksnya atau menyewa dengan biaya 150 sampai 20 ribu rupiah tergantung modelnya.
  • Seserahan dan hantaran tidak harus berisi tas dan sepatu mewah. Terkadang, kain batik warisan keluarga bisa jauh lebih berharga dibanding sepasang sepatu yang harganya jutaan rupiah.
  • Jangan lupa meminta fotografermu untuk memotret seserahan dan hantaran setelah selesai didekorasi!

Apa kamu memiliki tips untuk membeli isi seserahan dan mempersiapkannya? Cantumkan di kolom komentar ya! Selamat hunting isi seserahan dan hantaran!

 

Lamaran dengan DIY Dekorasi ala Medina dan Riki

Posted on by Enya & filed under The Engagement.

lTanggal 18 Juli 2015 merupakan tanggal yang bersejarah dan tidak terlupakan bagi Medina dan Riki, karena di tanggal tersebut keluarga Riki datang bersilaturahmi ke kediaman keluarga Medina, dan menyampaikan niat baik serta keseriusan Riki untuk membangun masa depan bersama Medina.

Perkenalan Medina dan Riki berawal dari bangku sekolah saat mereka berdua bersekolah di SMA yang sama. Menurut Medina, banyak sekali cerita suka dan duka yang telah mereka jalani bersama sejak pertama kali mereka berkenalan sampai akhirnya memutuskan untuk berpacaran dan melanjutkan ke jenjang yang lebih serius.

“Di dunia ini ada 2 tipe manusia, yaitu; dia yang datang untuk mengajarkan kamu arti kehidupan atau untuk menjadi teman hidup. Dan aku memilih keduanya. Because he’s the only one who makes me a better person,” jawab Medina saat The Bride Dept bertanya mengenai alasan Medina memutuskan untuk menerima lamaran Riki.

Acara perkenalan keluarga kemudian dilanjutkan dengan acara lamaran resmi yang dilangsungkan pada tanggal 30 April 2016. Menurut Medina, Riki termasuk tipe laki-laki yang cuek dan kurang romantis, sehingga Riki tidak pernah melamar Medina secara personal seperti yang sering kita lihat di film-film. Tapi sejak tahun lalu Riki sempat beberapa kali mengatakan bahwa ia berencana untuk menikah di tahun 2016, dan Riki pun membuktikan janjinya dengan menunjukkan keseriusannya saat keluarga Riki datang ke rumah keluarga Medina pada tanggal 18 Juli 2016.

Untuk acara lamaran resmi yang dilangsungkan pada tanggal 30 April 2016, Medina dan Riki mengangkat tema DIY Rustic, dan keseluruhan dekorasi acara ini dilakukan sendiri oleh Medina dengan bantuan dari teman-teman dan sahabat terdekatnya. Sejak awal Medina berencana untuk merancang dekorasi yang ‘low budget’ dan memutuskan untuk melangsungkan acara lamaran di rumah, tepatnya di kebun yang ada di depan rumah Medina.

Dengan bantuan dari salah satu sahabatnya yang bernama Yara, Medina memperoleh banyak inspirasi dari Pinterest. Dan sesuai dengan tema yang diangkat yaitu DIY Rustic, dekorasi acara lamaran Medina dan Riki banyak menggunakan unsur kayu. Medina juga banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak, diantaranya dari kantor tempat Medina bekerja yang sangat baik hati mengizinkan Medina untuk meminjam meja piknik milik kantor untuk dijadikan perlengkapan dekorasi acara lamaran ini. Selain itu, salah satu teman baik Medina yaitu Pak Uuk, yang juga merupakan pemilik merek jam tangan kayu terkemuka MATOA, juga sangat membantu dengan meminjamkan perlengkapan dekorasi seperti display kayu dan packaging yang juga bernuansa kayu. Untuk membuat suasana lebih berkesan Rustic, Medina juga menambah hiasan yang dibuat dari botol-botol cantik yang digantungkan di pohon.

Rangkaian bunga juga menjadi salah satu unsur terpenting dari dekorasi acara lamaran Medina dan Riki. Kebetulan, salah satu teman Medina yang bernama Ami memiliki usaha bunga (@blushingbash) dan memiliki sertifikat dalam bidang merangkai bunga dari Australia. Alhasil, dekorasi acara lamaran Medina dan Riki menjadi semakin cantik dengan rangkaian dan hiasan bunga yang sangat menawan. Aku senang sekali karena ide yang aku peroleh dari Pinterest dapat terwujud, karena penempatan rangkaian bunga di acara lamaran aku terlihat sangat berbeda dan memiliki selera luar negeri, membuat dekorasi acara lamaran aku semakin cantik,” ujar Medina.

Untuk backdrop, Medina sengaja memesan backdrop kayu yang dihiasi oleh tirai putih. Medina juga meletakkan karpet Turki milik Ibunda Medina sebagai pemanis untuk diletakkan di depan backdrop. Seluruh dekorasi acara lamaran Medina dan Riki dilakukan H-1 sebelum acara oleh Medina dengan bantuan dari para sahabat, yang sudah mempersiapkan diri dengan menginap di kediaman keluarga Medina sejak satu hari sebelum acara. Untuk keseluruhan dekorasi acara lamaran Medina dan Riki, budget yang dikeluarkan hanya sebesar Rp 600.000 saja. Tapi itu tidak termasuk biaya dekorasi bunga. “Aku benar-benar puas dengan hasilnya. Big thanks untuk sahabat-sahabatku Ashr, Yara dan Ami yang sudah mau menginap dan direpotkan untuk membuat tema acara lamaran aku terwujud.”

Untuk kebaya, Medina mempercayakan kebaya yang dikenakannya untuk acara lamaran ini kepada salah satu penjahit yang cukup ternama di Bandung yaitu Pak Uloh. Medina juga mengenakan kain milik nenek Medina sebagai bawahan yang semakin mempertegas nuansa adat Sunda, karena keluarga Medina dan Riki seluruhnya berasal dari Sunda. Serasi dengan Medina, Riki juga mengenakan kemeja batik yang membuat Medina dan Riki terlihat sangat serasi.

Sedangkan untuk rias dan make-up, Medina mempercayakannya kepada Nenek Medina yang sejak dulu dikenal sebagai salah satu perias pengantin yang cukup ternama di Bandung, Elly Martasujana. Bagi Medina, dapat dirias oleh sang nenek merupakan salah satu momen yang paling berkesan. Terlebih lagi, nenek Medina juga menjadi sosok yang mendampingi Medina saat menuruni tangga menuju lokasi berlangsungnya acara lamaran.

Menurut Medina, hampir semua momen yang terjadi di acara lamaran ini meninggalkan kesan yang tidak terlupakan. Kehadiran teman-teman dekat dan bantuan dari para sahabat Medina merupakan sesuatu yang sangat berkesan bagi Medina. “Alhamdulillah aku memiliki teman dan sahabat yang sangat perhatian dan sangat baik, membuat acara lamaranku menjadi momen yang sangat unforgettable.”

Berikut top 3 vendor pilihan Medina dan Riki:

1. Itszuraphoto

“Aku suka banget dengan hasil fotonya, terutama hasil videonya.”

2. Blushingbush

“Suka banget dengan rangkaian bunga-bunganya.”

3. Modespakuloh

“Cepat, harga terjangkau, proses fitting cepat dan rapi.”

Berikut tips dari Medina untuk para brides-to-be yang sedang mempersiapkan acara lamaran:

“Untuk para brides-to-be yang ingin mengangkat tema DIY untuk acara lamaran kamu, jangan sungkan untuk bereksplorasi se-kreatif mungkin dengan melihat foto-foto yang ada di Pinterest dan ‘sharing’ dengan orang-orang tersayang. Tentukan budget yang ingin kamu keluarkan dan buat list yang berisikan apa aja yang kamu butuhkan. Lakukan persiapan dari jauh-jauh hari, minimal satu bulan sebelum acara lamaran, untuk memastikan tidak ada yang terlupakan, dan jangan sungkan untuk meminta bantuan dari orang-orang tersayang. Feel free to ask buat kamu yang berdomisili di Kota Bandung dan berencana untuk mengangkat tema DIY untuk acara lamaran kamu. Thank you banget untuk The Bride Dept. Semoga cerita ini bermanfaat ya.”

Lamaran dengan Nuansa Kuning ala Mayang dan Rian

Posted on by Gregoria Elsa & filed under The Engagement.

Pertemuan pertama Mayang dengan Rian terjadi pada akhir November 2014. Saat itu mereka berpapasan di lift kantor. Ternyata Rian adalah anak dari salah satu orang yang bekerja di kantor Mayang. Terjadilah suatu kerjasama antara teman-teman Mayang dengan Ayah Rian, hingga pada suatu malam Rian meng-add akun media sosial Mayang. Mereka berdua lalu berkenalan. Sejak saat itu, mereka menjadi dekat dan akhirnya memutuskan untuk menjalin hubungan pacaran.

Hasil campur tangan dari Ayah Rian yang telah mengenalkan dan memberi dukungan membuat hubungan mereka menjadi semakin dekat. Sampailah pada suatu malam, Rian mengajak Mayang makan di restoran cepat saji. Dengan kondisi restoran yang sangat ramai, Rian melamar Mayang. “Seketika rasa laparku hilang dan langsung merasa kenyang ketika dia mengajakku menikah. Di situ aku menyadari, aku tidak butuh suasana romantis, tetapi mendengar kesiapannya saja sudah sangat membuatku bahagia,” tutur Mayang.

Mayang dan Rian menyiapkan acara lamaran ini kurang lebih 3 bulan. Hampir seluruh persiapan lamaran dibantu oleh Ibunda Mayang, mulai dari mencari vendor catering, dekor, dan konsep lamaran. Tantangan terbesar dalam mempersiapkan acara ini adalah faktor cuaca, karena di sana mempunyai curah hujan yang sulit ditebak, dan acara ini diadakan secara outdoor. Karena hujan biasanya turun pada pagi hari, jadi Mayang memilih untuk mengadakan acara lamaran pada pukul 4 sore agar para tamu tidak kehujanan atau kepanasan.

Acara lamaran ini bertemakan Outdoor Joglo Rustic, karena Mayang ingin memanfaatkan rumahnya yang berbentuk joglo, dan mempunyai pernak-pernik tradisional serta tanaman yang banyak menghiasi halaman rumahnya. Mayang tidak terlalu banyak menggunakan dekorasi dari vendor untuk acara lamarannya, karena rumahnya sudah sangat berkonsep tradisional joglo. Maka dari itu, dekorasi vendor yang digunakan hanya 2 buah rangkaian bunga besar yang disusun diatas rak/pot terbuat dari papan kayu. Selain itu, 2 buah rangkaian bunga sedap malam favorit Ibunda Mayang juga menghiasi acara lamaran Mayang dan Rian.

Di hari lamarannya, Mayang terlihat cantik dengan balutan kebaya yang didesain oleh Ibunda Mayang sendiri. Warna kuning adalah warna yang dipilih oleh Mayang karena ia tidak ingin warna kebayanya terlihat mencolok dan tidak senada dengan konsep lamaranku. Dalam kebayanya, Ibunda Mayang menambahk​​an kain tile panjang karena menurutnya kebaya biasa terlalu mainstream untuk acara lamaran. Setelah didesain oleh ibunya, kebaya Mayang kemudian dikerjakan oleh penjahit langganannya. “Kebayaku dijahit oleh penjahit langganan keluargaku, bukan penjahit terkenal,” ujar Mayang. Meskipun demikian, hasil kebayanya benar-benar sesuai dengan ekspektasi Mayang.

Saat acara lamaran, ada satu momen yang paling berkesan untuk Mayang. Acara lamaran itu bertepatan dengan hari ulang tahun Rian yang ke-27. Setelah Mayang menyatakan kesediannya untuk menjadi pendamping hidup Rian, ia memberi surprise berupa kue ulang tahun dengan lilin menyala dan diringi lagu Selamat Ulang Tahun. “Mengharukan sekali jika diingat, dia pun sungguh terharu dengan surpise yang aku berikan dan merasa bahagia bisa berulang tahun disaksikan oleh orang-orang terdekat. Ditambah lagi, aku memberikan hadiah sepatu incarannya, makin bahagia deh dia,” kisah Mayang.

Top 3 vendors yang dipilih oleh Mayang dan Rian adalah:

1. Move Creative Images

“Kebetulan vendor ini adalah usaha milik sahabat-sahabat Rian sewaktu kuliah. Mereka rela jauh-jauh datang dari Bandung ke Bogor. Hasilnya bagus-bagus dan bisa sesuai request kita, dan nggak canggung karena sama teman sendiri. Mbak Echi juga sangat sabar dan detail dalam menjadi pengarah gaya buat aku, Rian, dan keluarga.”

2. Kresna Decoration

“Rangkaian bunganya sangat bagus dan sesuai dengan warna dan jenis yang aku mau. Mbak Mendy sebagai owner sekaligus marketing sangat sabar menghadapi aku dan Mama yang berkali-kali galau ganti konsep karena takut jika hujan.”

3. Feby Puspita Ayu

“Kak Feby adalah teman sekantorku. Jadi aku senang sekali bekerja sama dengannya. Hasil riasannya juga flawless dan tahan lama, dan menggunakan make up yang tidak sembarangan. Bukan hanya aku yang dirias tetapi juga keluargaku. Kak Feby dan Mamanya beserta team berhasil membuat semua orang memuji hasil riasannya.”

Bagi para pasangan yang sedang menyiapkan acara lamaran, Mayang membagi tips berikut:

  1. Berbincanglah dengan orangtua dan pasangan. Tak jarang ide-ide mereka bisa membuat inspirasi untuk lamaran kalian.
  2. Jangan malu untuk meminta bantuan teman-temanmu, seperti mengurus photography atau make up, atau membuatkan cake untuk kamu, dan sebagainya. Mereka dengan senang hati pasti akan membantu kalian
  3. Manfaatkanlah teman-teman kalian dengan kelebihannya masing-masing daripada harus susah-susah mencari vendor. Hal ini bisa menghemat budget lho.

Cara PDKT Dengan Calon Mama Mertua

Posted on by NSCHY & filed under How To, Relationship.

Mertua bukan hanya orang tua pasangan, namun sebentar lagi juga akan menjadi orang tuamu setelah kamu menikahi anaknya nanti. Menjelang pernikahan adalah waktu yang paling tepat untuk mengakrabkan diri dengan calon mertua, terutama sang ibu, sehingga saat harinya tiba, hubunganmu dengan mertua sudah seperti dengan orang tua sendiri.

Melibatkan calon ibu mertua dalam proses persiapan pernikahan itu bisa dibilang susah-susah gampang karena akan adaberbagai perbedaan pendapat, keinginan dan tujuan. Namun sisi positifnya, di posisi inilah kamu dapat lebih mengenal calon ibu mertuamu lebih dalam dan lebih baik lagi, ia dapat menjadi teman bertukar pikiran, tempat bertanya saran dan tempat bercerita keluh kesah.

Nah, akan nggak ada yang namanya silang pikiran dengan calon ibu mertua, gimana sih caranya untuk mendekatkan diri selama persiapan pernikahan?

1. Me time bareng

Mau sudah baya atau masih muda, yang namanya wanita pasti paling bahagia jika diajak bersantai di salon. Sambil menemanimu merawat diri, manjakanlah calon ibu mertuamu dengan luluran, spa, atau perawatan tubuh lainnya. Di tempat seperti ini, komunikasi akan terasa lebih tenang dengan suasana yang juga kondusif, mendukung untuk pembicaraan dari hati ke hati.

2. Ajaklah ke pameran

Sesekali, ajaklah calon ibu mertuamu untuk jalan-jalan ke pameran dan melihat-lihat vendor yang kira-kira cocok untuk pernikahanmu. Mintalah saran dan masukan dari calon ibu mertua dan lihatlah dari sudut pandangnya. Dengan begini, calon ibu mertuamu pasti merasa sangat bangga bisa dipercaya berkontribusi untuk mengurus pernikahanmu.

3. Shopping bersama

Menjelang pernikahan, sediakan satu hari untuk berbelanja bersama calon ibu mertuamu untuk keperluan pernikahan nanti. Dijamin kamu akan lebih merasa dekat dan nyaman dengannya. Terlebih lagi, calon ibu mertuamu akan merasa benar-benar berkontribusi dalam hubungan rumah tangga kalian nanti dan merasa benar-benar yakin bahwa kamulah orang yang tepat untuk menjadi pendamping anaknya.

4. Jangan terlalu egois

Mustahil jika nggak ada hal yang bertolak belakang antara kamu dan pihak calon ibu mertua. Seperti kamu yang ingin pernikahan yang sederhana dan modern namun pihak calon ibu mertua yang ingin mengikut tradisi adat. Kamu yang ingin mengundang tamu terbatas tapi calon ibu mertua yang berbahagia dan ingin mengundang sebanyak-banyaknya. Jangan memaksakan kehendakmu karena ini bukan hanya merupakan pernikahanmu, tapi juga pernikahan keluarga jadi usahakan untuk tetap bijak dan menerima masukan dan harapan calon mertuamu.

5. Bersama memilih menu katering

Jika calon ibu mertuamu pintar dalam hal masak-memasak, jangan ragu untuk menjadikannya juri untuk memilih menu makanan untuk pesta pernikahanmu nanti. Biarlah calon ibu mertuamu menjadi juri dalam segi rasa dan juga kekhasan makanan tersebut. Kalian akan menjadi lebih klop deh!

6. Panggil ‘Mama’

Jika hubunganmu dan calon ibu mertua sudah semakin dekat menjelang pernikahan, tak ada salahnya kamu memulai memanggilnya dengan sebutan mama. Toh lama kelamaan ia juga akan menjadi ibumu sendiri. Memanggilnya dengan sebutan mama akan membuatnya menjadi lebih tersentuh dan terharu melihat kesungguhanmu dalam menyayanginya dan menganggapnya seperti ibumu sendiri.

Pernikahan Perpaduan Adat Jawa dan Chinese ala Elly dan Dimas

Posted on by NSCHY & filed under The Wedding.

Mendatangi pernikahan seseorang itu bukan hanya untuk menyaksikan hari bahagia seseorang, namun juga dapat memberikan kita kebahagiaan pula, seperti membukakan pintu untuk bertemu dengan jodoh. Elly yang mengaku tidak punya perasaan apa-apa sama Dimas, malah justru dibukakan hati dan petunjuknya tepat di hari pernikahan sahabatnya.

Pasalnya, tepat di hari itu, Dimas berdoa dan berkata bahwa ia bersedia untuk mundur jika belum ada lampu hijau dari Elly. Di posisi Elly, ia juga berdoa di gereja dan waktu yang bersamaan untuk diberikan jawaban berupa perasaan dan petunjuk jika memang Dimaslah jodohnya. Ternyata, seketika setelah pernikahan sahabatnya selesai, saat itu pula Tuhan langsung memberikan jawaban kepada Elly.

“Aku jalan keluar pintu Gereja dan ngeliat Dimas lagi nunggu aku, seketika itu pula aku tahu Tuhan sedang membukakan hatiku.”

Dengan campur tangan Tuhan, hubungan Elly dan Dimas berjalan lancar dan menjajaki tahap yang semakin serius. Meskipun tidak ada proposal yang romantis, namun Elly bisa merasakan keseriusan Dimas untuk menikah dengannya.

Pasangan yang berbeda usia delapan tahun ini menggelar pernikahannya di Bali dengan perpaduan adat Chinese dan Jawa dengan sentuhan internasional. Untuk sentuhan internasional terlihat dari Holy Matrimony yang dilakukan menggunakan setelan kebaya, beskap dan pakaian formal internasional yang ditandai juga dari pakaian bridesmaid yang menggunakna kebaya kutu baru dan didampingi oleh groomsmen yang menggunakan setelan batik bow tie dengan suspender. Sesuai dengan adat Chinese, Elly dan Dimas juga mengadakan upacara minum teh dengan mengenakan Cheongsam dan Qibao bernuansa biru tua.

Selain warna cerah yang digunakan; tosca untuk pemberkatan dan oranye untuk resepsi, keduanya juga masukan unsur kayu, sesuai dengan kesukaan Elly. Mulai dari souvenir yaitu sepasang sendok dan garpu kayu hingga ring holder, semuanya terbuat dari kayu.

“Aku suka banget hal yang berhubungan dengan kayu, terutama yang berasal dari pengrajin lokal. It’s all about nature and simplicity. Selain itu, ring holder dari kayu ini masih bisa digunakan sehari-hari untuk menyimpan cincin kami jika sedang perlu dilepaskan.”

Keduanya sepakat menginginkan pesta pernikahan yang intim yang hanya dihadiri oleh keluarga dan teman terdekat dengan konsep yang simple, elegan dan romantis. Pantaslah, Bali menjadi tambatan hati mereka mengingat keduanya menginginkan tempat yang romantis dan jauh dari hingar bingar pula.

Tidak seperti pesta pernikahan kebanyakan lainnya yang over budget untuk menikah di Bali, Elly dan Dimas malah mengalami kebalikannya. Ternyata, tipsnya, mau capek, mau sedikit ribet dan nggak gengsi. Mereka mencari dan mengurus semuanya sendirian, baik venue, WO, souvenir, cenderamata, katering, bahkan sampai hal kecil yang suka terlupakan. Bahkan, untuk dekorasi bunga dan pernak pernik, Elly juga request kepada vendor untuk memakai barang yang lokal saja.

“Kita jujur dan nggak malu untuk ngomongin budget yang kami sanggupi kepada vendor dan semua vendor kami sangat membantu akan hal ini.”

Itu dia, walau harus bolak balik ke Bali untuk meeting demi mengurus vendor yang kurang professional dan kurang sreg, Elly dan Dimas dapat menggelar pernikahan yang mereka idamkan di Bali tanpa pusing karena budget yang tidak sesuai.

Tips untuk para brides to be,

“Jangan gengsi dan nggak mau capek untuk mencari informasi lebih mengenai vendor yang kita pakai. Jaga kesehatan juga supaya nggak drop. Usahakan juga untuk selalu mencari second opinion dari website ataupun teman mengenai vendor yang akan dipilih. Yang terpenting, harus punya suara dan pendapat yang sama supaya rencana pernikahan bisa berjalan dengan lancar tanpa gangguan pendapat dari pihak manapun.”

Top vendors:

1. Florette Bali

“Komunikatif dan bisa mengembangkan ide dari kami. Berkomitmen dan sangat kreatif.”

2. Bali Chemistry Wedding (WO)

“Koordinasinya baik dengan sesame vendor maupun keluarga. Mau mengusahakan segala sesuatu supaya semuanya berjalan dengan baik. Sangat ramah dan membantu kami supaya nggak stress dan panic.”

3. Lumbung Catering

Great food, great service, semuanya sempurna!”

Ramalan Zodiak di Bulan July 2016

Posted on by Ikke Dwi A & filed under How To.

Kira-kira gimana ya ramalan zodiac kamu di Juli 2016? Apakah percintaan kamu lancar? Apakah yang single akan bertemu pasangan yang tepat? Apakah masalah di dunia pekerjaan kamu akan terselesaikan? Ini dia ramalan zodiak Juli 2016 yang perlu kamu tahu!

Aries (March 21 – April 19)

Jika kamu berusaha untuk menjadi andalan dan tumpuan semua orang di bulan ini, sebaiknya lupakan itu. Karena bagaimanapun, kamu bukan superman. Sebaiknya pikirkan secara matang dalam mengambil keputusan. You don’t need to say yes to everything, brides!

Keadaan di kantor dan rumah sedang hectic sehingga akan mudah bagi kamu terserang stress. Prioritaskan mana yang lebih penting apakah masalah yang berhubungan dengan pekerjaan atau di rumah, ya!

Love

Rasa kesepian yang melanda kamu di bulan lalu tidak akan terjadi di bulan Juli ini. Kehidupan cinta kamu akan lebih hangat dan berwarna. Rasa ingin memanjakan diri dengan pasangan pun akan muncul.

Bagi Aries yang masih jomblo, bulan ini waktu yang tepat untuk menemukan pasangan. Di bulan ini, para Aries lebih merasa percaya diri sehingga bisa menarik perhatian lawan jenis.

Career

Hati-hati agar tidak mengumbar janji terlebih pada atasan dan klien. Berpikirlah secara matang sebelum kamu mengambil keputusan. Ubah strategi kamu dalam menghadapi klien demi mendapatkan proyek terbaik dan juga hati atasan.

 

Taurus (April 20 – May 20)

Moderation is the key in July 2016. Do not force anything or anyone. Bulan ini kamu akan tergoda untuk menekan diri sendiri hingga mencapai batas. Tetapi kamu harus ingat untuk mengetahui batasan kamu, sekuat apa kamu dalam menghadapi masalah.

Love

Hati-hati dengan sifat kamu yang terlalu banyak menuntut dan egois. Kedua hal ini akan menjadi masalah dalam dunia percintaan. Do not forget to always give and take.

Bagi yang masih single, kamu lebih baik menyalurkan energi pada kegiatan outdoor. Misalnya hiking, camping, dan lainnya.

Career

Teamwork menjadi kunci sukses kamu dalam pekerjaan di Juli ini. Jangan sia-siakan kehadiran tim karena akan sangat membantu dalam keberhasilan kamu menyelesaikan projek penting. Avoid reckless decisions taken in a moment of anger or frustration.

Gemini (May 21 – June 20)

Hubungan dengan keluarga khususnya dengan saudara perempuan akan menjadi masalah di Juli 2016 ini. Tolerance and acceptance menjadi kunci mengatasi masalah tersebut.

Love

Sekali lagi, sifat penyayang dan pengertian kamu akan menjadi “penyelamat” dalam hubungan percintaan kamu. Sifat ini juga yang akan menjadikan hubungan cinta kamu lebih hangat dan bahagia. Di bulan ini juga kamu akan menuntut perhatian lebih dari pasangan. Satu hal perlu diperhatikan, ketika pasangan kamu terlihat cuek cobalah untuk tidak moody dan berikan pengertian lebih.

Career

Berhenti bersikap sentimental karena itu akan menjauhkan kamu dari sebuah projek besar. Hindari juga terlalu sibuk dengan pekerjaan karena akan membuat kamu semakin jauh dengan keluarga. Gemini will find this month extremely fruitful month alias banyak sekali side job yang akan memberikan penghasilan tambahan.

Cancer (June 21 – July 22)

Juli 2016 menjadi bulan di mana ambisi kamu akan menjadi kenyataan. Tetapi hal ini membuat kamu menjadi jauh dari keluarga. Sebaiknya kamu memberikan pengertian kepada keluarga mengapa kamu tidak bisa menghadiri beberapa acara keluarga agar mereka tidak merasa terlupakan. A strongly perfectionistic tendency means that you are highly focused and driven.

Love

Cobalah untuk lebih melihat situasi sebelum kamu mengucapkan atau melakukan sesuatu agar tidak menyakiti perasaan pasangan. Di bulan Juli ini, akan sulit bagi kaum Cancer meminta maaf dan memaafkan suatu kesalahan. Namun ketika kamu berhasil mengalahkan ego kamu tersebut, tentunya hubungan percintaan akan lebih menyenangkan dan mesra.

Career

Cobalah fokus dengan pekerjaan kamu, itu kunci sukses di bulan Juli ini. Di bulan ini sebaiknya kamu melakukan improvement daripada inovasi. Jangan lupa juga untuk fokus dalam menyelesaikan satu hal sebelum mengerjakan hal lain.

Juli ini akan menjadi waktu yang tepat bagi kamu mempelajari seni dan segala hal yang berhubungan dengan arsitekstur. Selain sibuk dengan pekerjaan, kamu juga akan disibukkan dengan kegiatan sosial yang akan sering kamu hadiri.

Leo (July 23 – August 22)

Move on menjadi hot issuse bagi para Leo di bulan Juli 2016. Baik itu move on dari masalah cinta, pekerjaan, sampai pindah rumah. Kesabaran akan sangat kamu butuhkan untuk menjalani hari-hari di bulan Juli ini.

Love

Juli menjadi waktu yang tepat untuk mengkomunikasikan perasaan cinta kamu pada pasangan. Mood kamu sedang dipenuhi rasa cinta, harmoni, dan kenyamanan. Tidak heran jika kamu ingin selalu dengan pasangan dan menunjukkan rasa cinta kamu padanya.

Bagi Leo yang masih single, bersosialisasi bisa membantu menemukan pasangan baru. Your Leo flair is in full swing, and you are ready to show the world who you are and what a warm, caring, generous heart you have.

Career

Berpikir untuk mencari pekerjaan atau bisnis baru? Bulan ini adalah waktu yang tepat. Di Juli ini kamu lebih fokus dalam pekerjaan sampai ke hal detail-detailnya. Namun di bulan ini kamu akan bermasalah dalam hal keuangan! Penting lho untuk mengatasi kedua hal tersebut agar bulan depan kehidupan keuangan kamu lebih baik lagi.

Virgo (August 23 – September 22)

It’s not what you say, but how you say it that counts! Diplomasi harus menjadi kepandaian kamu di bulan Juli ini. Perhitungkan mengenai apa yang hendak kamu katakan, baik itu pada pasangan, keluarga, dan rekan kerja.

Love

Komunikasi menjadi masalah kembali bagi kamu dan pasangan. Apakah kamu sudah menjadi pendengar yang baik? Apakah pasangan kamu yang bermasalah dalam berkomunikasi? Hal ini harus diselesaikan sehingga tidak akan terulang dan menjadi bom waktu di masa depan.

Career

Liburan! Banyak para Virgo yang akan mengambil libur dari pekerjaan di bulan ini. Hal ini baik tentunya untuk mengembalikan tenaga dan pikiran kamu menjadi “waras” dan fresh. Terlebih banyak masalah yang sudah dan akan kamu hadapi di bulan Juli ini. Walaupun kamu menghabiskan hampir setengah bulan untuk berlibur, namun di bulan ini kamu juga akan lebih produktif loh.

Libra (September 23 – October 22)

Waktunya untuk meluaskan pertemanan dan relasi sehingga bisa membuka pintu-pintu lainnya bagi kamu. Juli ini menjadi momen untuk “membuka mata” dan mengetahui apa sih keinginan kamu selama ini? Apa saja yang sudah kamu dapatkan dan apa yang tidak berhasil?

Love

Kamu membutuhkan “suntikan” rasa kasih sayang yang banyak dari pasangan di Juli 2016 ini. Rasa lelah dan mungkin kehilangan arah akan membuat kamu menutup diri. Dan pasangan kamu bisa mengobati masalah ini tentunya setelah kamu mengungkapkan masalah apa yang sedang kamu hadapi.

Bagi yang masih single, buanglah rasa pemalu kamu dan mulailah bersosialisasi. Menyapa terlebih dahulu pada lawan jenis yang kamu suka bisa “membuka pintu” mendapatkan pasangan baru loh.

Career

Ambisi kamu untuk sukses di bulan ini sangat terlihat. Jangan terlalu berlebihan karena ketika apa yang kamu harapkan tidak terwujud bisa membuat kamu sangat “down”.

Di bulan ini juga kamu perlu bertanya pada diri sendiri, “Apakah perusahaan ini akan menjadi masa depan kamu?” Segera temukan jawabannya karena akan berpengaruh untuk masa depan karir kamu selanjutnya.

Scorpio (October 23 – November 21)

Sahabat akan sangat membantu kamu di bulan ini. Baik itu bantuan dalam dunia percintaan, pekerjaan, sampai keuangan. Di Juli 2016 ini juga kamu tiba-tiba memiliki keberanian dan kekuatan lebih untuk membuat keputusan. Nantinya keputusan ini akan mempengaruhi masa depan kamu lho. Satu hal yang perlu diingat di Juli ini, jangan membuang energi pada hal yang tidak pasti. Sesekali berlibur atau sekedar berjalan-jalan menikmati udara segar sangat penting untuk menjaga “kewarasan” kamu.

Love

Jangan terlalu serius dalam menghadapi suatu hal karena hal ini akan merusak hubungan percintaan kamu di bulan Juli. Walaupun kamu memiliki masalah, baiknya untuk tetap bercanda dan menghadapinya dengan tidak terlalu serius. Keseriusan kamu hanya akan membuat pasangan stress dan menjauh.

Bagi Scorpio yang masih single, hubungan pertemanan bisa berubah menjadi hubungan percintaan. Rasa nyaman dan aman dengan salah satu teman kamu akan menumbuhkan rasa cinta. Namun pastikan teman kamu merasakan yang sama sebelum kamu membuat keputusan yang akan mengubah pertemanan kalian.

Career

Apakah kamu punya hutang pekerjaan di masa lalu? Jika iya, maka bulan ini waktunya untuk menyelesaikan semuanya. Kamu juga berpikir untuk berpindah departemen atau dunia bisnis di bulan ini. Mencari sesuatu yang lebih menguntungkan dan tentunya sesuai dengan passions.

Sagitarius (November 22 – December 21)

Kesuksesan yang kamu dapat di bulan ini merupakan buah dari kegigihan dan kesabaran kamu di masa lalu. Kamu juga akan menjadi role model bagi sebagian orang sehingga penting untuk menjaga wibawa.

Waspada dengan apa yang kamu tulis di sosial media. In July 2016 it is very important how manage your reputation, both private and personal.

Love

Keuangan akan menjadi masalah utama kamu di dunia percintaan. Kejujuran mengenai keuangan sangat diperlukan jika kamu dan pasangan ingin tetap mempertahankan hubungan cinta ini.

Bagi Sagitarius yang single, lupakan mengejar karir dan cobalah membuka hati. Perhatikan siapa yang ada di sekitar kamu. Pesona kamu di bulan Juli ini akan menarik perhatian lawan jenis lohh.

Career

Cobalah untuk lebih terorganisir sehingga pekerjaan bisa terselesaikan tepat waktu. Pastikan juga memperbaharui profil kamu di media online agar terlihat lebih profesional. Kamu tidak akan menyangka jika ada beberapa klien yang akan mencari tau tentang kamu di dunia online.

Capricorn (December 22 – January 19)

Level energi kamu meningkat di bulan Juli 2016 ini. Kamu seperti ingin memulai kembali semuanya, baik itu dalam dunia percintaan, pekerjaan, dan hubungan dengan semua orang. Di bulan Juli ini juga kamu merasa ingin membuktikan diri kepada beberapa orang. Agar tujuan ini berhasil dibutuhkan rasa percaya diri tinggi dan rasa optimis serta keterbukaan akan segala hal.

Love

Kamu akan menjauh dari pasangan karena merasa apa yang kamu harapkan tidak terpenuhi. Selain itu rasa nyaman saat bersama pasangan pun mulai menghilang. Hal ini bukan karena kamu bosan, tetapi lebih kepada ingin menemukan jati diri. You need more space to explore who you really are.

Kemungkinan bertemu calon pasangan terbuka besar bagi para Capricorn yang masih single. Kamu bisa menemukannya di kegiatan sosial yang kamu hadiri di bulan Juli ini.

Career

Bekerja dalam tim akan menjadi hal yang menantang di bulan ini. Banyaknya “kepala” dan keinginan berbeda dari anggota tim akan menyulitkan kamu menemukan titik terang dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Aquarius (January 20 – February 18)

Lebih terkontrol dan disiplin akan kamu butuhkan di bulan Juli 2016 ini. Kamu juga perlu tetap fokus sehingga berhasil mencapai tujuan. You may have to forgo something you really would love to buy in order to save money.

Love

Berbagai event yang diadakan oleh kantor akan mempengaruhi hubungan percintaan kamu. Walaupun event itu penting, namun pasangan kamu juga tidak kalah penting. Terlebih jika pasangan kamu seseorang yang cemburuan. Penting loh untuk bersikap bijak mengatasi masalah ini dan membagi waktu agar hubungan cinta serta dunia kerja tetap berjalan baik.

Apakah kamu siap berkomitmen? Pertanyaan ini akan terbesit dalam pikiran para Aquarius yang masih single. Ketika kamu siap untuk berkomitmen, sebenarnya sudah ada calon pasangan yang menunggu kepastian kamu. Semua kembali pada diri sendiri loh.

Career

Kecewa! Satu kata ini akan menghiasi dunia pekerjaan kamu di bulan Juli 2016 ini. Baik kecewa pada klien juga tim kerja. Etos kerja dengan sesama tim lainnya perlu diperbaiki agar pekerjaan terselesaikan tepat waktu. Di sini lah peran kamu hadir, yaitu untuk memotivasi rekan kerja, baik atasan maupun bawahan. Meyakinkan mereka jika pekerjaan bisa lebih baik lagi dengan memperbaiki etos kerja.

Pisces (February 19 – March 20)

Kamu akan sibuk sekali dengan pekerjaan di bulan Juli 2016 ini dan kamu menikmatinya. Niatan untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat lebih tinggi lagi akan terbesit di pertengahan bulan ini. Energi positif sedang menghampiri para Pisces di bulan ini, sehingga akan berpengaruh baik pada hubungan percintaan, pekerjaan, dan keuangan.

Love

Seimbangkan antara masalah percintaan, dengan pekerjaan, dan hubungan kamu bersama sahabat juga keluarga. Jika kamu lebih menghabiskan waktu dengan pasangan, ada baiknya untuk memperhatikan sahabat dan keluarga. Jangan merasa jika kamu telah menjauh dan terlalu asik dengan pasangan.

Di bulan Juli ini juga baik kamu yang berpasangan maupun masih single akan dihadapkan dengan keputusan penting. Keputusan ini nantinya akan mempengaruhi masa depan percintaan kamu. Pikirkan matang-matang, ikuti kata hati dan mintalah nasihat dari orang terdekat!

Pernikahan Kombinasi Sunda dan Minang ala Zara dan Aldi

Posted on by Friska R. & filed under The Wedding.

Pada hari ini, The Bride Dept akan menyajikan cerita pernikahan dari Zara dan Aldi. Apabila biasanya diceritakan dari sudut pandang tim editorial The Bride Dept, maka hari ini ceritanya akan disajikan dari sudut pandang sang pengantin. Yuk kita simak langsung!
How We Met
Aku lahir dan besar di Jakarta. Setelah lulus SMA aku memutuskan untuk kuliah di Bandung. Aldi yang lahir dan besar di Bandung juga memutuskan untuk kuliah di Bandung, membuat aku dan Aldi ketemu di salah satu universitas di Bandung. Kita saling kenal sejak awal kuliah di tahun 2008, sampai akhirnya pacaran di tahun 2009. Sepanjang kita awal dekat sampai akhirnya pacaran, kita udah kenyang dengan omongan orang yang bilang kalau kita mirip banget. Padahal waktu itu kita masih bingung mirip dari mana ya hahaha.
Ada cerita lucu di awal kita pacaran. Sekitar setelah 2 bulan pacaran, kita masing-masing baru tahu kalau ternyata almarhum kakek kita masing-masing itu dulu sahabatan! Dan ternyata, keluarga besar aku juga sudah cukup kenal dekat dengan keluarga besar Aldi. Lucunya lagi, ternyata dulu papaku sering ke rumah Aldi untuk main bola. Ditambah lagi, tanteku dan tantenya Aldi ada yang sahabatan sampai sekarang.
The Proposal dan Acara Lamaran
Setelah 6 tahun pacaran saat aku ulang tahun ke 25, Aldi merencanakan surprise ulang tahunku di sebuah co-working space milik temannya. Kakak, adik dan juga teman-teman dekatku semua hadir. Selesai acara tiup lilin, tiba-tiba lampu dimatikan dan lagu dari band kesukaanku terdengar. Lalu Aldi muncul dengan membawa bunga dan cincin, dan melamarku. Aku kaget banget dan gak menduga sama sekali! Aku kira hari itu hanya surprise ulang tahunku.
Setelah hari kedua Lebaran, Aku, Aldi dan kedua orang tua bertemu di Bandung. Kebetulan aku memang setiap Lebaran pergi ke Bandung. Kita diskusi tentang rencana lamaran dan pernikahan. Di situ kami memutuskan kalau acara pernikahan akan diadakan di Bandung, mengingat mayoritas keluarga besar aku terutama kakek dan nenek aku juga berdomisili di Bandung. Salah satunya juga karena Bandung adalah kota tempat aku dan Aldi bertemu, hehe.
Acara lamaran kita berdua diadakan di rumahku di Jakarta, tepat 3 bulan sebelum acara pernikahan kami. Lucunya, acara lamaran kami jadi seperti acara reunian bagi masing-masing keluarga besar kami! Aku dan Aldi kadang juga suka berpikir, apa jangan-jangan dari dulu sebelum lahir kita sudah dijodohkan ya sama kakek kita berdua hehehe.
Persiapan dan Rangkaian Acara Pernikahan
Mungkin karena kecapekan dan sibuk mempersiapkan acara pernikahan disamping itu aku ngantor juga, pada sekitar H – kurang dari sebulan, aku dirawat di rumah sakit karena typhus. Pesanku untuk para bride-to-be, kesehatan itu tetap nomor satu dan harus dijaga. Minum vitamin dan olah raga yang rutin agar badan tetap fit.
Persiapan pernikahan aku dan Aldi memakan waktu kurang lebih 10 bulan. Dalam melakukan research untuk memilih vendor dan mencari inspirasi design, aku banyak menggunakan sosial media seperti Instagram & Pinterest, dan tentunya website The Bride Dept! Aku akses hampir tiap hari lho untuk mencari inspirasi. Beberapa vendor juga ada yang sudah aku pilih dan sreg sejak awal tanpa lihat-lihat yang lain lagi. Menurutku, hal itu cukup mempersingkat waktu persiapan lho.
Acara akad nikah aku menggunakan adat Sunda, setelah akad nikah kami juga melakukan prosesi adat Sunda lengkap yaitu saweran, meuleum harupat, nincak endog, huap lingkung dan pabetot bakakak. Acara adat ngeyeuk sereuh juga kami lakukan di hari sebelumnya, setelah pengajian dan siraman. Aku suka banget sama acara ngeyeuk sereuh karena disamping kita diberikan nasihat tentang pernikahan, acaranya fun banget!
Untuk acara resepsi kami memakai adat Minang dicampur dengan Sunda. Walaupun kami memakai baju bertemakan Minang dan aku memakai Suntiang, saat masuk ke venue resepsi, prosesi mapag pengantin di mix antara Sunda dan Minang.
Tema dekorasi resepsi pernikahan kami adalah garden dengan sentuhan Minang modern. Sebenarnya alasanya juga karena tadinya kita ingin pernikahan di venue outdoor, tapi karena orang tua kami khawatir akan hujan, jadi kita membuat dekor yang bertemakan garden agar masih ada khas outdoor-nya. Pada dekorasi pernikahan kami dapat banyak terlihat sentuhan garden seperti daun, kayu dan pohon di mix dengan minang dengan banyak sentuhan songket dan carano minang.
Top 3 Vendors:
1. Marlene Hariman
Sejak pertama kali aku didandanin ama Mba Marlene pas nikahan kakakku, aku langsung jatuh hati! Dari saat itu langsung deh aku pilih Mba Marlene untuk jd MUA aku pas nikah tanpa research MUA lain hehe. Mba Marlene juga orangnya seru banget diajak ngobrol, bikin aku rileks menjelang detik-detik akad nikah.
2. Owlsome Project
Vendor ini juga salah satu yang aku pilih tanpa research vendor fotografi lain. Aku suka banget sama tone warna & angle pengambilan gambar mereka!
3. Minity Catering
“Makanannya enak-enak banget!” adalah pujian yang gak berhenti dari tamu yang datang dari mulai pas salaman sampai selesai acara. Display makanan yang bagus dan service area yang bersih juga jadi nilai plus buat Minity.

10 Hal Yang Harus Dilakukan Segera Setelah Menikah

Posted on by alandakariza & filed under How To.

Fyuh!

Akhirnya pernikahan berhasil juga diselenggarakan. Tentunya, segera setelah menikah, kita akan menghabiskan cukup banyak waktu untuk memiliki quality time dengan suami (baru!), baik dengan langsung berbulan madu, atau mungkin hanya ambil cuti dari tempat kerja selama beberapa hari dan mengisinya dengan memulai rutinitas sebagai suami-istri, mulai dari belanja bulanan, hingga pergi ke toko mebel untuk “mengisi rumah”.

Selesainya acara pernikahan bukan berarti peran kita sebagai “calon pengantin” sudah selesai. Masih ada sejumlah hal yang perlu kita lakukan dan kadang terlewat oleh sang pengantin baru.

Berikut beberapa hal yang sebaiknya kita lakukan segera setelah menikah. Ingat, lakukan ini segera ya! Tidak jarang, pasangan yang menunda melakukannya, jadi benar-benar lupa dan baru melakukannya satu tahun kemudian (atau bahkan tidak pernah!).

  • Segera setelah acara (1 minggu):
    • Hitung angpau dan menyimpannya di bank. Mungkin, yang kita bayangkan sebagai calon pengantin, malam pertama, kedua, dan ketiga akan menjadi malam yang “romantis”. Ternyata, banyak pengantin baru yang menghabiskan malam pertama dan malam kedua untuk menghitung angpau lho!
    • Memberi ucapan terima kasih terhadap tidak hanya orang-orang yang datang ke acara pernikahan kita, tapi yang lebih penting, orang-orang yang berperan dalam memastikan acara pernikahan berjalan lancar, mulai dari keluarga besar, bridesmaids, groomsmen, dan tentunya para vendor.
    • Cari waktu untuk mencari dan mengirim hadiah untuk para vendor, terutama yang performance-nya paling bagus. Hadiahnya bisa bermacam-macam, tergantung “karakteristik” mereka. Misalnya, dekorasi rumah untuk vendor dekorasi, atau buku soal wedding planning untuk WO.
    • Cari waktu untuk memberikan ucapan terima kasih personal kepada orang-orang yang memberi angpau atau kado dan meninggalkan nama mereka di kartu ucapan, sampaikan bahwa hadiah dari mereka sangat bermanfaat bagi kalian.
    • Kembalikan pakaian yang kita sewa dari sanggar atau desainer, juga barang-barang lain yang kita pinjam dari berbagai pihak.
  • 1-2 bulan setelah acara:
    • Hubungi vendor fotografi dan videografi untuk menanyakan progress foto dan videonya sudah sampai di mana.
    • Pilih foto yang akan diedit dan ditempatkan di album.
    • Beri feedback ke vendor videografi mengenai video yang sudah mereka buat, apa ada yang harus direvisi atau tidak.  
    • Selenggarakan acara “pembubaran panitia” dengan mengajak keluarga besar atau para sahabat makan siang/malam bersama. Sebagian kecil dari angpau yang kita terima bisa digunakan untuk hal ini.
    • Urus perpindahan KTP jika kalian pindah ke tempat baru (misalnya pindah ke rumah sendiri atau rumah mertua) dan kartu keluarga.

Tanpa kita sadari, ternyata ada cukup banyak hal yang perlu kita lakukan meskipun acara pernikahan sudah selesai diselenggarakan.

Sebagai pengantin baru, apa ada hal lain yang segera kalian lakukan setelah acara selesai? Bagi tips kalian di kolom komentar ya! :)

Membuat Mama Terkesan Di Hari Pernikahan Kamu

Posted on by Rebebekka & filed under How To.

Dulu ketika mempersiapkan pernikahan, ada saja bahan untuk berdebat dan ribut kecil dengan mama saya. Ternyata saya tidak sendirian, teman – teman saya pun mengalaminya. Hubungan dengan mama memanas ketika tegang menyiapkan berbagai hal. Teman saya menangis meraung – raung ketika mamanya memohon agar ia mau dirias dengan paes, sedangkan dirinya tidak ingin dahinya yang dirasa terlalu lebar itu dipertontonkan. Ternyata, saat dia menuruti mamanya, dia justru tampil beda dan sangat cantik di hari pernikahannya. Lain lagi dengan teman saya yang ngotot pernikahan dengan konsep outdoor. Si mama memberi saran agar dirinya juga membuat plan B apabila cuaca tidak bersahabat. Awalnya ia sempat ribut kecil dengan sang mama akan hal ini, namun syukur karena patuh sama mama, acara pernikahannya terselamatkan karena benar saja hujan deras turun di tengah acara. Sudah menjadi rahasia umum bahwa menjelang pernikahan kita jadi lebih sering berbeda pendapat dengan mama. Tidak jarang kita sampai berani membantah dan berbicara agak keras dengan mama. Padahal ketika selesai akad nikah atau pemberkatan, lalu dilanjutkan dengan prosesi sungkeman atau meminta restu kepada orangtua, bisa dipastikan satu kotak tissue pun tak akan cukup untuk menyeka air mata kita.

Sedari kecil kita bersama dengan mama. Mama yang selalu ada untuk kita apapun kesusahan kita. Beliau yang rela bertaruh nyawa ketika menghantarkan kita ke dunia ini. Menyusui kita tanpa kenal lelah. Mengajarkan kita berjalan, bebicara dan berbagai kemampuan lainnya. Sampai besar pun kita masih saja merepotkan mama untuk berbagai macam kebutuhan kita. Sudah sepatutnya mama diberikan credit di hari pernikahan kita sebagai balasan untuk segala kebaikannya semasa kita hidup.

Jika selama ini papa mendapatkan kehormatan untuk berjalan mendampingi kita ke altar dan ada sesi untuk berdansa dengan papa, lalu bagaimana cara untuk membuat mama terkesan di hari pernikahan kita. Berikut 5 cara yang bisa kamu lakukan. Psst! Rahasiakan hal ini dari si mama agar menjadi kejutan untuk mama.

1. Siapkan Yang Terbaik Untuk Mama

Di hari spesial ini, bukan hanya kamu yang harus tampil cantik. Mama juga harus diberikan yang terbaik di hari spesialnya, mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Jangan sampai lupa untuk memberi pesan kepada fotografer kamu agar mengadakan sesi foto khusus untuk mama dan mem-capture setiap momen yang mama ciptakan baik itu gelak tawa maupun air mata bahagianya.

2. Dansa Bersama Mama

Jangan hanya dengan papa saja. Setelah berdansa dengan papa, kamu bisa ajak mama kamu untuk berdansa dengan kamu. Dalam setiap gerakan, kamu akan merasakan kembali bagaimana rasanya dulu saat kamu masih kecil dan digendong serta dibuai oleh mama.

3. Tampilkan Video Untuk Mama

Sebelum menikah, sempatkan diri kamu untuk mengumpulkan foto – foto dan video berdua mama. Buatlah video sebagai wujud rasa terima kasih kamu kepada mama. Buka kembali album – album foto kamu semasa kecil bersama si mama sampai kepada saat menjelang pernikahan. Jangan lupa sisipkan backsound lagu yang menyentuh hati mama.

4. Bernyanyi Bersama Suami Untuk Kedua Mama

Berikan kejutan untuk mama dan mama mertua kamu dengan aksi dari kalian berdua. Tidak perlu minder jika kamu merasa tidak memiliki suara merdu seperti jebolan ajang menyanyi. Yang terpenting adalah menyanyikannya dengan tulus seperti kamu sedang berbicara dengan mama kamu. A song for mama dari Boyz 2 men pasti sanggup membuatnya terkesan. Hati – hati jangan sampai kamu tersedak karena isak tangis ya, hihihi.

5. Memakai Barang Kepunyaan Mama

Jika mama masih menyimpan kebaya, dress, perhiasan atau aksesoris saat ia menikah dulu, tidak ada salahnya kamu memakainya kembali pada saat pernikahan kamu. Mama pasti akan sangat bahagia dan terharu karena mengingat masa indahnya dahulu dan menyadari ia baru saja mengantarkan anak perempuannya ke pernikahan seperti yang dulu pernah ia rasakan.

Mama adalah orang paling penting dalam hidup kita. Sudah sepantasnya ia mendapatkan hal yang spesial setelah mengantarkan kita ke jenjang pernikahan.

Lamaran Alda dan Alan dengan Sentuhan Warna Kuning dan Emas

Posted on by Friska R. & filed under The Engagement.

Alda dan Alan menyiapkan acara lamaran ini kurang lebih hanya 1 bulan, karena ada perubahan tanggal yang semula akan dilakukan pada hari ke 2 Lebaran, dimajukan menjadi tanggal 5 Juni 2016. Dalam waktu yang terbilang singkat ini, berbagai persiapan lamaran dilakukan bersama-sama oleh Alda dan Alan, mulai dari membeli bahan kebaya, memilih kain batik, hingga mengunjungi beberapa toko mas dan wedding expo.

Tantangan terbesar dalam mempersiapkan acara ini adalah waktu. Karena kesibukan pekerjaan, Alda dan Alan hanya memiliki waktu Sabtu dan Minggu untuk melakukan persiapan. Apalagi ketika H-6 acara lamaran, Alda diharuskan untuk pergi dinas ke Lampung selama 3 hari. Alhasil, Alda baru bisa melakukan fitting kebaya hari Jum’at malam setelah pulang dari Lampung. “Aku berterimakasih sekali kepada Bu In yang sudah bersedia aku repotin malem-malem untuk fitting kebaya dan bisa jadi besok paginya juga dengan hasil yang sangat memuaskan,” ujar Alda.

Untuk dekorasinya, Alda mempercayakan kepada vendor Hola.Daiyu yang dijalankan oleh sahabatnya ketika SMA. Bertemakan warna gold dan hitam, rumah Alda didekorasi dengan menambahkan bunga garbera kuning, daun-daun yang digunakan untuk menutupi bagian atas list kayu tirai, dan hand bouquet bunga mawar sebagai sentuhan warna merah. Inti keseluruhan dari dekorasi acara lamaran yaitu simple, sederhana dan kekeluargaan.

Di hari lamarannya, Alda terlihat cantik dengan balutan kebaya model Kartini berwarna emas. Untuk dalaman kebaya, Alda menggunakan bahan jersey kaos warna coklat yang dibuat terpisah dari bahan kebaya agar kebaya bisa fit di badan Alda. Kebaya Alda juga dipercantik dengan pasangan kain batik berwarna hitam dan emas, senada dengan tema acara lamaran. “Kain batik ini merupakan pilihan Kak Alan yang langsung jatuh cinta dengan kombinasi warna serta corak batiknya,” jelas Alda.

Momen yang paling berkesan untuk Alda adalah ketika Ayahnya menjawab pertanyaan dari wali keluarga Alan mengenai niatnya untuk melamar. Saat itu, Ayah Alda menyerahkan keputusan ke tangan Alda untuk menjawab, karena Alda dianggap sudah bisa menentukan pilihan. “Saya sebagai orang tua, hanya bisa memberikan restu serta doa agar pilihan yang akan Alda pilih merupakan pilihan terbaik untuk kehidupan Alda kedepannya,” ucap Ayah Alda. Sambil menahan tangis mendengar perkataan tersebut, Alda akhirnya menerima pinangan Alan.

Top 3 vendors yang dipilih oleh Alda dan Alan adalah:

1. In Taylor

“Waktu pengerjaan kebayaku, kain kebaya dan kemeja batik Kak Alan hanya dikerjakan selama 3 minggu oleh Bu In. Bu In sangat mengerti apa yang kami inginkan, bahkan ketika aku harus fitting kebaya di malam hari. Beliau dengan sabar meladeniku dan kebaya bisa jadi keesokan harinya dengan hasil yang sangat memuaskan! Terimakasih banyak Bu!”

2. Rizky Akbar Photography

“Aku sangat menyukai hasil foto dari mas Rizky, mas Rizky bias mengcapture kebahagiaan pada hari lamaranku”.

3. HoDaiyu

“Meskipun bisa dibilang vendor baru, tetapi aku sangat puas dengan dekorasi Hola.daiyu. Ketika menentukan tema dekorasi pun, Hola.daiyu bisa memberi masukan yang lebih bak dan mengerti apa yang kami inginkan. Sukses terus Hola.daiyu!”

Bagi para pasangan yang sedang menyiapkan acara lamaran, Alda membagi tips berikut:

  1. Jangan underestimate waktu! Jangan menggampangkan kebutuhan acara kalian karena kita tidak akan pernah tahu kedepannya akan terjadi apa.
  2. Nikmati seluruh persiapan lamaran. Seribet apapun, inget deh, momen ini adalah momen yang kita nanti-nantikan dengan orang yang kita sayang, jadi enjoy saja menjalaninya.

30 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebulan Menjelang Pernikahan (Part 2)

Posted on by Rebebekka & filed under How To.

Sebulan menjelang pernikahan adalah saat – saat yang tegang. Idealnya, hal – hal besar seperti venue, catering, dekorasi dan lainnya sudah dipersiapkan dan diurus di bulan – bulan sebelumnya.  30 hari menjelang pernikahan kamu tinggal mempersiapkan hal – hal yang detail untuk diri sendiri, pasangan dan orang – orang terdekat. Apa saja sih yang harus dilakukan dan dipersiapkan, berikut listnya :  

  1. Meeting dengan vendor: Meeting terakhir dengan vendor untuk memastikan semua kesiapan.
  2. Finalize playlist lagu: Lagu kenangan berdua selama pacaran jangan sampai lupa dimasukkan kedalam playlist.
  3. Finalisasi wedding vow atau kata sambutan: Padat, singkat dan berisi.
  4. Finalisasi make up dan hair do: Capture foto riasan dan hair do yang kamu mau dan tunjukkan kepada MUA.
  5. Apply cuti: Selesaikan semua pekerjaan di kantor dan segera ajukan cuti menikah.
  6. Finalisasi timeline untuk hari H: Buat jadwal kapan MUA, photographer dan yang lainnya harus datang, jam berapa kamu harus mandi, dirias dan rangkaian acara selanjutnya.
  7. Facial: Persiapkan performa wajah yang terbaik untuk riasan hari H.
  8. Waxing: Underarm, legs and bikini.
  9. Cek transportasi untuk hari H: Pastikan kesiapan transportasi untuk para keluarga dan kerabat.
  10. Check-in hotel untuk malam pertama: Setelah hingar – bingar acara pernikahan kalian butuh beristirahat di malam pertama kalian.
  11. Fitting terakhir: Pastikan sekali lagi dress dan kebaya impian kalian sudah fit di badan.
  12. Makan malam romantis bersama pasangan: Makan malam terakhir sebagai pacar!
  13. Bachelorette party: Waktunya untuk para sahabat kamu.
  14. Massage: Otot – otot yang tegang selama persiapan butuh rileks.
  15. Doing nothing: Tenangkan hati dan pikiran menjelang esok hari.

Nah apakah kamu ada tambahan? Langsung ke comment section ya!

Pernikahan Multikultural di Tugu Kunstkring Paleis

Posted on by Rebebekka & filed under The Wedding.

“And now these three remain, faith, hope and love. But the greatest of these is Love. The Bible’s word on above is exactly reflect our relationship,” ucap Susan saat bercerita tentang perjalanan cintanya dengan Dana. Susan dan Dana bertemu pertama kali di Bali secara tidak sengaja karena teman mereka saling mengenal. Sepulangnya dari Bali, mereka pun semakin dekat dan memutuskan untuk pacaran. Mereka sempat beberapa kali memutuskan hubungan mereka namun ternyata hubungan mereka malah semakin kuat. Walaupun sempat ditentang oleh keluarga dan teman – teman mereka namun mereka tetap bertahan hingga akhirnya semua yang dulu menentang justru merestui hubungan mereka dan mendukung mereka untuk lanjut ke hubungan yang lebih serius.  

Tantangan terbesar bagi Susan dalam merencanakan pernikahannya sama seperti yang dialami oleh kebanyakan para brides di Indonesia, yakni menyatukan keinginan kedua belah pihak keluarga  Susan dan Dana yang berasal dari memiliki darah campuran dari berbagai berusaha untuk memunculkan setiap identitas dari masing – masing budaya di dalam pernikahan  mereka. Seperti saat mereka mengadakan acara sungkeman dari adat Jawa dan juga Tea Pai yang berasal dari adat Tionghoa. Susan mengakui bahwa hal ini memang cukup merepotkan namun membuat mereka dan seluruh keluarganya puas.   

“Tema resepsi dan pernikahan kami adalah 1920s : The Great Gatsby. Tema ini muncul sesudah kami memilih venue yaitu Tugu Kunstkring Paleis. Tempatnya sudah cantik dan bertema Indonesia – Peranakan era 1916an. Lalu kami memikirkan tema yang berhubungan. Sejak awal juga Dana sudah meminta jika dia ingin menggunakan tuxedo pada saat resepsi hahaha. Di samping itu kami berdua ingin sekali para tamu hadir dengan dresscode yang cantik dan tampan. Kami pun membuat dresscode yaitu dress and bow tie. Awalnya orang tua sempat bingung apakah para tamu akan rela untuk pakai tuxedo atau berdandan ala 1920an, namun tanpa diduga para tamu justru semangat dan mostly mengikuti dresscode. Senang melihatnya!” cerita Susan bersemangat.

Susan bekerja sama dengan Twist Event yang merupakan teman dari mereka berdua untuk mendekorasi bagian taman yang digunakan sebagai tempat untuk acara adat Jawa. Tema yang ditonjolkan adalah Classic and Glam 1920s traveler wedding. Pada area ini Susan banyak menghadirkan ornamen – ornamen tentang travelling sesuai dengan hobi mereka yang suka  berpetualang.

Susan tampil sangat cantik dibalut dengan wedding dress rancangannya sendiri. Susan sangat puas dengan hasil rancangannya, begitupun para tamu yang banyak memujinya. Bahkan salah satu temannya sampai mau membeli wedding dressnya tersebut!  “Awalnya sempat kepikiran untuk menggunakan jasa designer, tetapi seperti ada perasaan kurang puas karena maunya sesuai dengan yang aku inginkan. Jadilah aku merancang, memilih bahan, bahkan sampai ikutan menjahit dan memayet beberapa detailnya sendiri. Walaupun jika dihitung total biayanya sebenarnya hampir sama dengan jika diberikan kepada designer. Namun kepuasannya berbeda. Puji Tuhan banyak yang memuji bahkan salah satu teman meminta aku untuk menjual dress  tersebut kepadanya,” ungkap Susan.

Bagi Susan dan Dana yang di awal hubungannya sempat merasakan berbagai macam tantangan, maka momen dimana mereka disahkan menjadi suami istri adalah highlight dari pernikahan mereka.  Susan juga berpendapat bahwa ada baiknya untuk para brides to be merencanakan sebuah after party untuk pernikahannya. “Buat aku, momen paling berkesan adalah pada saat after party. Karena kami benar – benar merasakan kegembiraan bersama dengan teman – teman dekat kami. Berdansa, ngobrol dan tertawa bersama. Pada saat resepsi kami sama sekali tidak merasakan apapun karena harus fokus di pelaminan, hahaha. Selain itu, jangan lupa untuk komunikasi yang baik dengan pasangan dan selalu berpikir positif. Dalam memilih vendor pun tidak perlu terlalu banyak pilihan, karena biasanya akan membuat bingung. Lebih baik jika sudah suka langsung saja booking,” ujar Susan.

Top 3 vendor pilihan Susan :

1. Atipattra

“Foto dan video prewedding serta wedding kami dibuat dengan sangat bagus oleh mereka.”

2. Lizze Parra

“Selain karena teman, Icil sukses membuat aku seperti princess pada hari H.”

3. Tugu Kunstkring

I love their place, great food, and great people!”