Pernikahan Jawa-Bugis Cinta & Rafid

By The Bride Dept on under The Wedding

Pernikahan Jawa-Bugis Cinta & Rafid

Style Guide

Style

Traditional

Venue

Hotel

Colors

Vendor That Make This Happened

Event Styling & Decor Farah Decor

Photography Venema Pictures

Photography Visual.can

Pemandu Adat Sanggar Virta

Make Up Artist Hepi David

Wedding Organizer Royal Kenzie

Groom's Attire Anggun Busana

Jewellery & Accessories Yayuk Paes

Bride's Attire With Thacha

Wedding Shoes Esmee Studio

Bride's Attire Studio 1997

Master of Ceremony Said Umar

Wedding Entertainment Seisarte

Others Visual Pro

Event Styling & Decor Peony and Brides

Seserahan Pinely

Make Up Artist MakeupbyLaode

Make Up Artist Barry Irawan

Hair Do Hijabdo Nani

Hair Do Team Barry Irawan

Photobooth LVG Photobooth

Invitation Java Card Tebet

Souvenir Java Card Tebet

Invitation Viding

Souvenir Fine Souvenir

Others Beauty Usher

Catering The Ritz Carton Jakarta-Pacific Place

Venue The Ritz Carton Jakarta-Pacific Place

Menggabungkan dua adat yang berbeda yaitu Jawa dan Bugis, memberikan tampilan unik sekaligus menarik pada pernikahan pasangan ini. Dengan mengangkat konsep intimate, momen bahagia mereka penuh cerita romantis! Penasaran? Simak cerita pernikahan Jawa-Bugis Cinta & Rafid selengkapnya di sini!

 

Konsep Pernikahan

Acara pernikahan Cinta dan Rafid mengangkat tema dua kebudayaan dari latar belakang mereka berasal. Menggabungkan dua adat yang berbeda yaitu Jawa dan Bugis, pernikahan mereka menghadirkan tampilan yang unik sekaligus menarik. Kami ingin kedua adat ini tampil menonjol sehingga Cinta dan Rafid memilih untuk memasukkan adat tersebut pada pernikahan ini. Prosesi akad berlangsung dengan budaya Jawa, sedangkan resepsi menghadirkan suasana adat Bugis yang begitu kental.

Make Up & Hair Do

Cinta mengaku sangat menyukai riasan make up yang soft tapi tentu tetap ‘manglingi’. Sehingga untuk riasan di hari bahagianya ia percayakan kepada Mba Hepi David, karena hasil make up beliau sesuai dengan keinginan Cinta.

‚ÄúHasil makeup Mba Hepi complexion-nya flawless banget, soft, namun membuat wajah tetap terlihat istimewa!‚ÄĚ ungkap Cinta.

Cinta juga mengaku Mba Hepi sangat baik, bahkan menjelang hari H masih sempat menenangkannya. Saat hari H, karena satu dan lain hal prosesi akad berlangsung lebih lama dari yang seharusnya. Namun Mba Hepi sangat sabar dan baik hingga ia pun membantu menghapus paes Cinta. Jika ditanya hasil riasannya bagaimana, tentu saja sudah tidak diragukan lagi! Memuaskan!

‚ÄúMakeup-nya benar-benar sesuai bahkan melebihi ekspektasi ku!‚ÄĚ, aku Cinta.

Pada saat akad, Cinta memutuskan untuk menggunakan paes. Awalnya sempat ragu, namun akhirnya memberanikan diri untuk memakai paes. Dari awal Cinta mengaku sudah jatuh cinta dengan hasil paes Mba Yayuk. Alhamdulillah waktunya berjodoh. Tidak menyangka karena hasilnya sangat rapi dan aksesorinya begitu cantik! Mba Yayuk dibantu oleh Mba Lala, senang sekali karena mereka sangat ramah dan baik. Mereka membantu menghapus paes dengan waktu yang singkat untuk retouch resepsi. Agar lebih menghemat waktu, saat resepsi Cinta memilih untuk tidak menggunakan Dadasa (paes bugis) melainkan hanya mengenakan aksesoris dan tatanan rambut up do. Pilihan Cinta jatuh kepada Mas Ipank Septian. Hasilnya juga begitu sempurna, sangat cantik dan rapi, sesuai dengan referensi yang Cinta inginkan.

Rancangan Kebaya

Untuk kebaya akad dan resepsi, Cinta memutuskan untuk menyewanya di with.thacha. Dari awal fitting, ia sangat suka dengan semua kebaya rancangan Galih Prakarsa. Sampai akhirnya kebaya akad dan resepsi yang dipilih adalah kebaya Galih Prakarsa. Pada saat akad, Cinta memilih kebaya knee-length, dan dilanjutkan dengan floor-length kebaya pada saat resepsi. Pemilihan kebaya akad berwarna champagne dengan detail leher yang sangat cantik. Pemilihan busana saat resepsi yaitu  kebaya mocca dengan detail leher sabrina. Pertimbangannya agar saat mengenakan aksesori, tampilannya bisa semakin memukau dan memberikan statement!

Prosesi Adat Pra-Nikah

Prosesi adat yang kami gelar menjelang pernikahan dilaksanakan dalam dua hari berbeda. Baik Cinta dan Rafid, mereka berdua melangsungkan pengajian serta siraman dengan mengusung adat mereka masing-masing.

Pengajian & Siraman Calon Mempelai Pria

Prosesi pengajian dan siraman CPP berkonsep garden party, digelar di roemah.kayumanis. Pengajian dilakukan pagi hari dan dilanjutkan dengan siraman menggunakan adat Jawa. Alasannya tentu karena kedua orang tua Rafid berasal dari Jawa. Sebelum melakukan siraman, dilaksanakan upacara langkahan karena Rafid akan melangsungkan pernikahan terlebih dahulu dari sang kakak.

Pengajian, Siraman, dan Mappacci Calon Mempelai Wanita

Prosesi adat menjelang pernikahan CPW dilaksanakan dalam satu hari yang berlokasi di Glass House, The Ritz-Carlton Pacific Place. Acara dimulai dari pengajian, siraman, dan mappacci (acara adat Bugis menjelang pernikahan). Walaupun saat malam hari menggunakan adat Bugis, namun siraman dilakukan dengan adat Jawa supaya tetap memunculkan kedua adat dari kedua orang tua Cinta.

Foto Prewedding

Cinta dan Rafid mengusung tiga konsep utama dalam pre-wedding mereka. Dari mulai tema monokrom, profesional hingga kasual, semuanya menampilkan keunikan yang berbeda. Tampilan kasual dengan mengenakan white shirt dan jeans memberikan gaya yang santai namun tetap menarik! Sedangkan untuk tema semi formal, busana hitam putih yang dikenakan begitu serasi sekali.

Pernikahan Impian

Cerita kami berawal dari bangku SMP, ternyata Rafid dan Cinta duduk di bangku sekolah yang sama. Pada waktu itu kami berdua tidak saling mengenal karena Rafid dan Cinta berada di angkatan yang berbeda.Beberapa tahun terlewati hingga akhirnya sekitar 7 tahun kemudian, Rafid berkuliah semester 2 di UI dan Cinta sedang duduk di bangku kelas 3. Rafid dan Cinta diperkenalkan oleh sahabat SMA Cinta yang merupakan teman dekat Rafid. Seiring berjalannya waktu bertepatan dengan Cinta diterima di Universitas Indonesia, Rafid pun menyatakan cintanya. Setahun kemudian, Rafid dan Cinta melewati LDR selama dua tahun dari tahun 2016-2018. Hingga akhirnya di hari ulang tahun Cinta pada tahun 2022, tepat dengan kelulusannya sebagai dokter gigi, Rafid melamar Cinta.

Untuk mewujudkan pernikahan Jawa-Bugis Cinta & Rafid ini, hal pertama yang dilakukan adalah  melakukan riset untuk menentukan konsep besar yang kita inginkan. Kami juga selalu bertanya dan berdiskusi dengan teman-teman yang sudah melangsungkan pernikahan maupun dengan keluarga. Ketika sudah mengetahui konsep besar yang ingin diusung, kita mulai membuat budgeting secara garis besar.

Proses Budgeting

Di sini kita menggunakan budgeting dengan skema top down approach. Jadi kita menentukan diawal, budget setiap item-nya dan kita berpendirian untuk tidak melebihi budget tersebut. Budget ini kita buat sedetail mungkin, dengan cara melakukan beberapa riset ke vendor-vendor sebelum merumuskan budget untuk mengetahui garis besarnya. Dari situ kita buat asumsi kira-kira berapa budget yang dibutuhkan untuk setiap itemnya. Kita juga menyiapkan dana tidak terduga, yang kita cadangkan untuk hal di luar list pengeluaran. Karena kita percaya semakin medekati hari H pasti ada saja pengeluaran yang tidak terduga.

Menentukan Vendor

Dalam proses mencari vendor pun, menurut kami sangatlah seru! Mengapa? karena banyak vendor yang ternyata unik dan bagus namun belum terlalu dikenal. Saat meeting dengan vendor kami juga menanyakan detail sejelas mungkin. Tidak jarang saat meeting kita membuat kompilasi foto dengan tulisan detail hal yang kita inginkan dan tidak diinginkan. Hal tersebut sangat membantu untuk menjelaskan keinginan kita kepada vendor. Hal ini kita lakukan untuk memberikan gambaran secara visualisasi dengan detail. Selain itu, kordinasi dengan pihak Wedding Organizer pun sangat penting. Hal tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada saat hari H.

Konsep Modern Tradisional

Jika bicara konsep, Cinta dan Rafid menyukai perpaduan konsep modern sekaligus tradisional. Untuk dekorasi, kita lebih memilih tema modern namun tetap dengan aksen tradisional. Dekorasi di bagian depan menampilkan suasana Jawa dengan menggunakan gebyok dan warung tradisional agar terlihat seperti pedesaan. Masuk ke area ballroom, kami suguhkan suasana modern dengan lampu kristal mewah ditengah suasana hutan yang rindang. Kami juga menggunakan dua jenis rumah adat berbeda pada bagian pelaminan. Paduan rumah adat Saeroja Bugis dan rumah Joglo Jawa menjadi backdrop yang cukup unik.

Konsep tradisional juga kita terapkan saat prosesi setelah akad nikah. Kami menggelar upacar panggih namun dengan kebaya yang lebih modern. Sedangkan saat resepsi, pasangan ini juga melakukan kirab adat Bugis diiringi musik khas Sulawesi Selatan. Acara pernikahan Jawa-Bugis Cinta & Rafid ini dilangsungkan di The Ritz-Carlton Pacific Place. Pilihan kita jatuh ke RCPP karena setelah melakukan survei ke berbagai venue di Jakarta, RCPP merupakan venue yang paling mendekati dengan keinginan kita. Ballroom RCPP memiliki ceiling yang tinggi dan lebar sehingga sangat nyaman. Detail berupa chandelier pun membuat tampilan semakin megah. Selain itu hidangan yang disajikan juga sudah tak diragukan lagi kelezatannya!

Top vendor pilihan dalam Romantic Intimate Wedding Cinta & Rafid

Farah Dekor

Dekorasi Farah Dekor sangat melebihi ekspektasi kami. Seluruh request kami dapat direalisasikan oleh tim yang dipimpin oleh Mas Tarjo sendiri. Mas Tarjo sebagai owner sangat ramah, pengertian dan humoris, juga selalu menanggapi keinginan kami berdua yang cukup detail dan unik-unik. Top banget buat Mas Tarjo!

Visual.can & Venema Pictures

Kami berdua mempercayai visual.can untuk foto prewedding, rangkaian prosesi sebelum pernikahan, serta video di hari H. hasilnya juga sangat melebihi ekspektasi dan hasilnya sangat cepat! Tim mas Candra juga sangat seru sehingga saat acara mengurangi rasa tegang.

Hasil foto dari Venema memang sudah tidak diragukan lagi, dan sejak awal kami sangat ingin Ko Niel untuk mendokumentasikan hari pernikahan kami. Alhamdulillah waktunya masih berjodoh. Dan hasilnya sangat memuaskan! Foto fotonya keren banget dan Ko Niel sangat ramah juga dapat mencairkan suasana, juga mengarahkan kami supaya tidak kaku.

Sanggar Virta

Kami menggunakan Sanggar Virta sejak acara Mappacci. Sejak Mappacci, dekorasi dan Lamming yang digunakan sangat cantik, pakaian dan aksesorisnya juga sangat bagus. Pada saat resepsi, kami sangat puas secara keseluruhan dengan sanggar virta. Dimulai dari aksesorisnya yang sangat cantik, koleksi sarung yang menawan, tim pagendrang dan iring iringan kirab serta tarian adat yang meriah dan musik yang langsung ditampilkan secara live. Mas Rizqi dan Bu Tata sangat membantu banyak di seluruh proses. Sangat rekomen untuk yang akan menggunakan adat Bugis!

Hepi David

Walaupun memang sudah tidak diragukan lagi makeup mba Hepi, tetapi aku masih dibuat kagum dengan hasilnya di hari H. Makeup-nya sangat pas dan sesuai bahkan lebih dari harapanku. Walaupun makeup start di pagi hari, tapi sampai acara selesai semuanya masih seperti baru di makeup. Walaupun perlu hapus paes saat akan resepsi, makeup tetap terlihat sangat menyatu. Makeup tidak terlalu berlebihan, namun juga tidak kurang. Poin penting untukku adalah mba Hepi sangat sangat ramah! Pokoknya untukku benar benar sempurna secara keseluruhan! Thank you Mba Hepi!

Terima kasih untuk seluruh vendor yang membuat acara pernikahan Jawa-Bugis Cinta & Rafid semakin sempurna!

Venue & Catering: The Ritz-Carlton Pacific Place

Wedding Organizer: Royal Kenzie

Dekorasi: Farah Dekor

Sanggar Akad & Attire Pengantin Pria: Anggun Busana

Sanggar Resepsi & Attire Pengantin Pria: Sanggar Virta

MUA : Hepidavid

Paes & Aksesoris Jawa: Yayukpaes

Kebaya Akad & Resepsi: with.thacha

Wedding Shoes Akad & Resepsi: Esmee Studio

Bridal robe: studio 1997

MC: Said Umar

Entertainment & Soundsystem: Seisarte

Dokumentasi foto: Venema Pictures

Dokumentasi video: visual can

LED Screen: Visual Pro

Backdrop Illustration Pelaminan: Peony and Brides

Box seserahan, ringbox, mahar: Pinely

MUA Mother of Bride: MakeupbyLaode

MUA Mother of Groom: Barry Irawan

Hijabdo Mother of Bride: Hijabdo Nani

Hijabdo Mother of Groom: Team Barry

MUA & Hairdo Sister of Bride: glam by Hany & Team

Photobooth: LVG Photobooth

Undangan Cetak & Packaging Souvenir Resepsi: Java Card Tebet

Undangan Digital & Livestream: Viding.co

Souvenir Akad: Fine Souvenir

Penerima tamu: Beauty Usher