Pernikahan Jawa-Palembang ala Tasskja & Ditto

By The Bride Dept on under The Wedding

Pernikahan Jawa-Palembang ala Tasskja & Ditto

Style Guide

Style

Traditional

Venue

Hotel

Colors

Vendor That Make This Happened

Photography visual.can

Master of Ceremony Arief Mutaqqin

Wedding Organizer lovefreesia_wedding

Make Up Artist Bytisyazzahra

Bride's Attire Kleidbynov

Event Styling & Decor Nicca Atelier

Wedding Entertainment Arief Taqien

Others Fimax

Photobooth My Moment

Catering Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel

Venue Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel

Memadukan dua latar belakang yang berbeda di hari pernikahan, tentu saja jadi sebuah hal menarik! Seperti pasangan ini, mengusung tema Jawa dan Palembang yang modern, mereka menyuguhkan suasana pernikahan yang apik. Penasaran seperti apa? Simak pernikahan Jawa-Palembang ala Tasskja & Ditto selengkapnya di sini!

Prosesi Lamaran

Pada saat mengadakan lamaran, Tasskja mengusung adat Palembang yang merupakan latar belakang keluarganya. Rombongan keluarga besarnya pun membawa hantaran dan¬†Tepak Sirih¬†yang merupakan simbol kepala adat juga sarana¬† dalam upacara pembuka kata. Setelah penyerahan barang hantaran, dilanjutkan acara ‚ÄúMutus kato‚ÄĚ yaitu penentuan tanggal pernikahan.

Untuk konsep dekorasi, Tasskja memilih tema yang simpel namun tetap cantik dengan tampilan warna pink dan putih. Sedangkan untuk pemilihan busana, kebaya yang dikenakannya merupakan rancangan sang mama yaitu KleidbyNov bernuansa sage. Kebaya dengan sentuhan modern ini nampak manis saat dipadankan bersama kain Songket khas Palembang.

Konsep Pernikahan

Pernikahan kami berkonsep tradisional modern dengan menggunakan adat Jawa saat akad dan Palembang untuk resepsi. Kami berdua setuju untuk melangsungkan pernikahan bertemakan tradisional modern agar tetap sakral namun memberikan suasana yang lebih santai. Oleh karena itu kami mempercayakan dekorasi pernikahan ini kepada Nicca Atelier dengan konsep modern. Backdrop berupa ilustrasi rumah adat Palembang dengan bunga bernuansa pastel memberikan tampilan yang elegan sekaligus romantis. Untuk ilustrasi kami percayakan pada Pecatu Design untuk memberikan tampilan yang unik dalam pernikahan ini.

Tarian Pagar Pengantin

Tasskja pun begitu excited karena akan melakukan tari Pagar Pengantin saat resepsi digelar. Tarian Pagar  Pengantin merupakan tarian adat dalam upacara pernikahan di daerah Batanghari sembilan jajaran Bukit Siguntang, Sumatera Selatan. Ditempatkannya mempelai wanita di atas dulang keemasan, mengibaratkan mekarnya sekumtum bunga teratai yang terapung di atas selembar daun teratai lebar dari rumpunnya sendiri.

Dalam tarian ini dilukiskan betapa besar kegembiraan dari kedua keluarga mempelai dalam upacara perkawinan kedua mempelai. Tarian ini juga merupakan ucapan selamat jalan dari para kerabat mempelai wanita dalam mengantarnya memasuki keluarga pria. Untuk mempelai wanita, tarian ini adalah perpisahan dari masa remaja untuk memasuki berumah tangga. Dalam tarian ini pula mempelai puteri memohon doa dan restu dari orang tua dan keluarga.

Make Up & Hair Do

Makeup artist yang Tasskja percayakan di hari pernikahannya ini adalah Bytisyazzahra. Sejak awal melihat Instagramnya Tasskja sudah jatuh hati dengan hasil riasannya. Make up yang natural dan flawless namun tetap memberikan kesan memesona! Sedangkan untuk tatanan rambut, ia memilih Mbahpeot atau Pakde sejak acara lamaran, prewed hingga hari pernikahannya ini. Tatanan rambutnya yang rapi namun tidak lepek membuat penampilan Tasskja makin sempurna.

Rancangan Kebaya

Pemilihan busana di hari pernikahan Tasskja semuanya dipercayakan kepada sang mama yang memang seorang desainer yaitu KleidbyNov. Dari mulai busana lamaran, pengajian, hingga hari pernikahan semua busananya merupakan rancangan Ibunda dari Tasskja.

‚ÄúKarena aku suka banget sama selera mamaku dan pastinya mamaku tahu banget apa yang aku mau dan aku suka!‚ÄĚ, ungkap Tasskja.

Prosesi Pra-Nikah

Acara yang digelar oleh Tasskja dan keluarga adalah prosesi pengajian menjelang pernikahan. Prosesi ini berjalan begitu hidmat dan penuh haru. Senang sekali bisa menjalani prosesi pra nikah ini bersama keluarga di kediaman Tasskja sendiri. Setelah pengajian kami juga melangsungkan siraman. Upacara ini melambangkan siraman terahir dari orang tua kepada calon pengantin yang akan mengakhiri masa lajangnya.

Pre-Wedding

Untuk foto dan video prewedding, Tasskja mempercayakannya kepada Arief Motret. Di foto ini kami berdua menggunakan tiga look berbeda yaitu tema formal, tradisional Jawa juga Palembang.

‚ÄúBiar adil kita semua pake konsep adat dari tanah kelahiran masing-masing dan bonus look formal hahaha!‚ÄĚ, ucap Tasskja.

Kami memilih studio di Spacebynara, untuk menampilkan suasana yang sesuai dengan konsep pilihan kita berdua. Hasil foto dan video dari Mas Arief membuat kita happy sekali karena sangat memuaskan! Terima kasih Mas Arief!

Pernikahan Impian

Awal pendekatan yang bisa dikatakan banyak sekali gelombangnya! Dari dekat, lost contact, dekat kembali dan hilang kontak lagi. Namun setelah delapan bulan kita pendekatan akhirnya Ditto menyatakan perasaannya. Saat itu ia mengatakan ingin menjalin hubungan yang serius. Dan ternyata, setelah kita pacarana Ditto adalah tipe orang yang sangat well prepared. Ia bukan tipe pria yang sekadar mengajak menikah namun memang sudah dipikirkan secara kesiapan mental masing-masing. Akhirnya setelah melewati setahun pacaran, Ditto mengajak Tasskja untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius.

“Alhamdulillah keluarga kami sama-sama merestui hubungan ini”, ucap Tasskja.

Kami memutuskan untuk mengadakan acara lamaran secara resmi dirumah aku pada tanggal 19 Maret 2022. Alhamdulillah jalan kami dimudahkan oleh Allah SWT dan keluarga kita berdua setuju untuk mengadakan pernikahan kami di tanggal 31 Juli 2022 di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel. Untuk mewujudkan pernikahan Jawa-Palembang ala Tasskja & Ditto ini, pastinya kami sama-sama berdoa agar diberi kemudahan dan kelancaran untuk mewujudkan acara pernikahan kita. Disini, Tasskja mencari sendiri vendor-vendor yang memang disukai dan tentunya sesuai budget. Acara akad nikah dan resepsi pernikahan Jawa-Palembang ala Tasskja & Ditto ini dilangsungkan di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel.

Top vendor dalam pernikahan Jawa-Palembang ala Tasskja & Ditto

visual.can

Suka banget dengan hasil-hasil foto dari visual.can yang sesuai dengan ekspektasi aku dan Ditto. Ditambah lagi yang mengambil foto dan video orangnya sangat asik sehingga membuat suasana jadi lebih santai juga tidak tegang.

ariefmutaqqin

Mas arief top sekali! Tak hanya pintar membawakan acara namun ia juga jago dalam melantunkan ayat suci Al-Quran. Dibantu dengan teamnya dari lantunansuciofficial untuk Qori dan Saritilawah, acara akad nikah kami jadi lebi sakral dan hidmat. Mas Arief juga banyak banget memberikan kita masukan agar hari pernikahan kami jadi lebih lancar dan sempurna.

lovefreesia_wedding

Dengan adanya Wedding Organizer, kita dan keluarga besar sangat terbantu untuk mengurus segala detail acara kita di hari H pernikahan ini.

Terima kasih untuk seluruh vendor yang membuat acara kami jadi makin sempurna!