Perpaduan Adat Sunda & Jawa pada Pernikahan Bella & Aldo

By The Bride Dept on under The Wedding

Perpaduan Adat Sunda & Jawa pada Pernikahan Bella & Aldo

Style Guide

Style

Traditional

Venue

Hotel

Colors

Vendor That Make This Happened

Wedding Organizer Project by Kita

Photography Visuel Project

Pemandu Adat GSE Ekayana

Pemandu Adat Ambarpaes

Event Styling & Decor Aryagatirooms

Master of Ceremony Tommy Prabowo

Lighting Etcetera Lighting

Bride's Attire Myrnamyura

Bride's Attire Biyan

Make Up Artist Irwan Riady

Wedding Entertainment Irvan Band Jakarta

Wedding Entertainment Jaz Hayat

Souvenir Betterhalf.id

Venue Hotel Indonesia Kempinski

Others Sanggar SRS

Perbedaan adat istiadat justru membuat momen pernikahan jadi kian berwarna. Setiap adat yang kental dengan ciri khas dan makna menjadikan cerita tersendiri. Seperti acara yang mengusung perpaduan adat Sunda & Jawa pada pernikahan Bella & Aldo ini. Ingin melihat cerita selengkapnya? Simak di sini!

Konsep Pernikahan

Saat Bella & Aldo mantap untuk melanjutkan hubungan mereka ke jenjang berikutnya, keduanya sepakat untuk mengadakan acara lamaran bersama keluarga inti saja. Momen tersebut berlangsung saat kami menginjak anniversary ke enam tahun.

Konsep acara pernikahan kami lebih kepada tema tradisional, namun secara dekorasi kami ingin memberikan sentuhan yang lebih modern dengan menggunakan warna bold. Pada acara akad nikah, kami mengadakan acara palang pintu karena Aldo merupakan keturunan Betawi. Sedangkan untuk prosesi akad nikah dilangsungkan dengan menggunakan adat Sunda yang merupakan adat dari keluarga Bella. Kemudian untuk acara resepsi yang berlangsung malam hari, kami memutuskan untuk menggunakan adat Jawa karena keluarga besar Bella berasal dari tanah Jawa. Bella juga ingin tampil sempurna dengan mengenakan paes serta siger.

Make Up & Hair Do

Untuk pemilihan makeup Bella mempercayakan pilihannya kepada Mas Irwan Riyadi baik untuk acara akad maupun resepsi. Alasan mengapa ia memilih Irwan Riady tentunya saja karena Bella ingin menampilkan riasan dengan look yang bold sekaligus ‘manglingi’. Sedangkan untuk pemilihan hairdo, Bella memilih GSE Ekayana untuk prosesi adat Sunda dan Ambar Paes pada adat Jawa.

Pemilihan Desainer

Desainer yang Bella pilih untuk akad nikah adalah Myrna Myura, alasannya karena beliau memiliki desain unik disetiap kebaya yang dirancangnya. Walaupun kebaya putih dapat dikatakan basic, namun kebaya rancangan Mba Myrna Myura selalu memiliki cerita tersendiri.

“Saya memilih burung merak untuk rancangan kebaya saya karena adat Sunda percaya bahwa merak merupakan simbol keagungan, kemuliaan, dan keindahan. Dan aku berharap hal tersebut bisa terjadi di dalam kehidupan pernikahanku,” ucap Bella.

Lalu untuk busana resepsi Bella memilih kebaya rancangan Biyan, karena beliau merupakan salah satu desainer terbaik dalam membuat kebaya khususnya pada material beledu. Bella mengaku selalu menyukai kebaya kartini karya Biyan. Apalagi dengan motif yang sangat luar biasa indah sesuai dengan cerita cinta kami berdua. Terdapat beberapa motif campuran adat Betawi dan Jawa yang digambarkan melalui ondel-ondel dan juga palang pintu. Ditambah dengan motif dua ayam yang menggambarkan kami berdua.

Prosesi Menjelang Pernikahan

Prosesi adat yang kami berdua lakukan adalah pengajian yang kemudian dilanjutkan dengan siraman menggunakan adat Sunda. Setelah itu kami melanjutkan acara ke dalam prosesi ngeuyeuk seureuh beserta penyerahan seserahan dari pihak Aldo kepada Bella.

Foto Pre-wedding

Untuk tema foto pre-wedding Bella & Aldo memilih dua konsep berbeda yaitu tradisional dan modern. Untuk foto dengan tema tradisional, mereka memilih konsep adat Jawa dan juga Betawi. Sedangkan untuk konsep modern, Bella dan Aldo memilih konsep piknik yang playful sekaligus romantis.

Pernikahan Impian

Kami berdua pertama kali berkenalan saat duduk di bangku SMA karena Bella dan Aldo bersekolah di Al Azhar Pusat 3. Singkat cerita, saat kelas tiga kami berdua sempat dekat namun tidak sampai berpacaran. Lalu, kami bertemu kembali saat kuliah di semester 2 dan kembali dekat. Sejak saat itu, kami mulai berpacaran hingga enam tahun lamanya sampai akhirnya sepakat memutuskan untuk menikah. Untuk mewujudkan acara dengan perpaduan adat Sunda dan Jawa pada pernikahan Bella & Aldo, mereka mempercayakan pilihan pada vendor-vendor yang sudah berpengalaman. Kami juga membuat moodboard yang konsepnya sesuai keinginan kami berdua. Untuk acara pernikahan kami ini konsep keseluruhannya adalah modern tradisional. Acara perpaduan adat Sunda & Jawa pada pernikahan Bella & Aldo digelar di Bali room Hotel Indonesia Kempinski.

Top three vendor pada acara perpaduan adat Sunda & Jawa pada pernikahan Bella & Aldo :

Wedding Organizer by Project By Kita

Photographer by Visuel Project 

Sanggar by GSE Ekayana & Ambarpaes 

Thanks to all vendors to makes our wedding more perfect and beautiful!

Wedding Organizer: Project by Kita

Photo: visuelproject

Decoration: Aryagatirooms 

MC: Tommy Prabowo

Lighting: etceteralighting

Paes dan tarian: Ambarpaes

Siger dan adat sunda: GSE Ekayana

Baju Akad: Myrna Myura (wanita) dan GSE Ekayana (pria)

Baju Resepsi: Biyan

Makeup: Irwan Riady

Band: Irvan Band Jakarta

Artis: Jaz Hayat

Souvenir: betterhalf.id

Venue: Hotel Indonesia Kempinski

Baju beskap keluarga : Sanggar SRS