Meet The Expert
Keanggunan Riasan Tradisional ala Teadatu Bachtiar
By The Bride Dept | 27 May 2024

Keindahan budaya adat Jawa selalu berhasil mencuri perhatian lewat berbagai keunikannya khususnya dalam pernikahan. Riasan tradisional yang penuh makna ini pun memberikan kesan tersendiri bagi seorang Teadatu Bachtiar. Apa arti make up untuk seorang Teadatu Bachtiar? Simak selengkapnya di sini!

Apa arti makeup untuk Anda?

Sebagai seorang seniman, untuk aku pribadi makeup adalah sebuah media untuk menuangkan sebuah seni dengan media wajah.

Apa alasan Anda untuk terjun dalam bidang ini?

Tujuan aku terjun ke dalam bidang ini karena aku ingin berkarya sambil melestarikan budaya adat Jawa melalui tata rias tradisional yang apik sekaligus penuh makna.

Bagaimana signature style yang ditawarkan Teadatu Bachtiar?

Dengan memadukan gaya klasik dan budaya, aku ingin setiap pengantin terlihat cantik, istimewa dan tampil begitu menawan di momen bahagia mereka.

Bagaimana Anda mewujudkan permintaan klien yang challenging?

Setiap klien pasti memiliki permintaan yang berbeda-beda. Lewat permintaan tersebut, biasanya aku akan berdiskusi terlebih dahulu dan memberikan edukasi secara detail tentang tata rias tradisional. Terutama riasan tradisional adat Jawa yang menjadi salah satu konsentrasi aku dalam ber-makeup.

Make up engagement atau wedding apakah yang paling berkesan untuk Anda?

Selama menjadi seorang makeup artist, pengalaman yang paling berkesan untuk aku adalah saat melihat pengantin yang menggunakan rangkaian prosesi adat Jawa secara lengkap dalam waktu estafet dalam seminggu berturut-turut. Mulai dari siraman, midodareni, akad hingga resepsi. Selain itu, aku juga senang dan merasa berkesan sekali ketika aku bisa mendapatkan kesempatan untuk merias pengantin Jawa namun dilangsungkan di luar pulau Jawa.

Apa saja yang menjadi inspirasi Anda dalam merias seorang klien?

Salah satu hal utama yang paling menginspirasi aku dalam ber-makeup adalah saat melihat seorang penata rias pengantin untuk Priyayi (Putra-Putri Kraton) yang selalu menampilkan kesan klasik dan juga sederhana. Tidak terlalu banyak memakai ornamen atau modifikasi, tetapi tetap dapat tampil anggun sekaligus menawan.

Project apa yang sedang Anda kerjaan saat ini?

Saat ini aku sedang menjalankan beberapa project seperti makeup untuk regular wedding dan juga membuka kelas makeup.

Apa tips Anda untuk para bride-to-be yang sedang mempersiapkan atau memilih make up yang sempurna untuk pernikahannya?

Tip dari aku untuk para bride-to-be sebaiknya carilah referensi tentang pernikahan dengan sebaik juga sebanyak mungkin. Terutama, jika kalian akan menggunakan adat Jawa. Baiknya lakukan riset terlebih dahulu mengenai gaya paes yang tentu memiliki banyak jenis dan perbedaan. Selain itu, perhatikan motif kain yang akan digunakan dan carilah maknanya. Perhatikan juga hal-hal apa saja yang boleh dilakukan dan tidak boleh oleh calon pengantin, sesuai dengan pakem atau paugeran (aturan) pernikahan yang sakral dalam kebudayaan Adat Jawa. 

 

 

 

Get Exclusive Access!
Sign up for our newsletter to get the updates