Tata Cara Adat
Malam Bainai: Pesona Keindahan Adat Minang
By The Bride Dept | 20 Dec 2023

Menjelang malam pernikahan, ada beragam prosesi adat yang digelar oleh calon mempelai wanita. Salah satunya adalah malam bainai yang dilakukan sebagai prosesi malam menjelang pernikahan dalam adat Minang. Ingin lihat seperti apa keindahannya? Simak selengkapnya di sini! 

Tradisi Adat Minang

Mengusung nuansa adat Minang yang kental, Rara Inasya melangsungkan malam bainai menjelang hari pernikahannya bersama para sahabat dan keluarganya. Konsep yang dipilih untuk malam bainai ini tentunya dibuat semirip mungkin dengan tradisi adat di Pariaman. Tema malam bainai juga didominasi dengan nuansa warna biru, yang dibuat serasi dengan warna baju calon pengantin wanita.

Prosesi Malam Bainai

Malam bainai dilangsungkan dengan sederet prosesi adat dimana calon pengantin wanita bersimpuh dihadapan kedua orang tua. Dalam prosesi ini calon pengantin wanita memohon ampunan serta doa restu yang dilakukan dalam Bahasa Minang. Kemudian, dilanjutkan dengan prosesi mandi-mandi sembari diberikan petuah oleh keluarga yang dituakan. Setelah itu, dimulailah prosesi memakaikan pacar kepada calon pengantin yang dilakukan oleh keluarga dan kerabat terdekat.

Pemilihan Make Up & Hair Do

Sebagai wanita berdarah Minang yang kental, Rara mengaku ingin menampilkan nuansa adat Sumatera Barat dengan begitu istimewa. Ia pun mengaku sangat selektif dalam memilih look makeup di acara-acara pentingnya. Pada acara malam bainai, Rara jatuh hati dan memilih riasan dari kak Petty Kaligis. Alasannya, tentu karena Rara menyukai hasil tangan kak Petty karena beliau selalu menghasilkan riasan yang flawless, blushy, dan membuat wajah terlihat segar. Jika dipadukan dengan aksesoris dan baju yang dikenakan, makeup kak Petty ini semakin memberikan tampilan yang luxurious di wajah Rara. Sukaaaa banget!!

Sedangkan untuk tatanan rambut, Rara mengenakan aksesoris berupa Tengkuluk Talakuang (kerudung) yang merupakan salah satu aksesori adat Sumatera Barat. Namun walaupun mengenakan penutup kepala, Rara tetap mengenakan sanggul dengan tampilan clean look yang ia percayakan kepada Trihelpy.

Busana Pilihan

Tak lengkap rasanya jika malam Bainai ini tidak dilengkapi dengan busana yang menawan. Pilihan Rara pun jatuh pada Studio Boh. Rara mengaku sudah jatuh cinta dengan karya-karya Mba Penny. Menurutnya, rancangan busana Studio Boh benar-benar classic, dengan ciri khas berupa payet yang istimewa. Rara pun merasa style kebaya dari Studio Boh sangat cocok dengan karakternya. Not to forget, bustier Studio Boh juga sangat bagus untuk membuat siluet tubuh semakin indah. Selain itu dapat menopang look dari kebayanya itu sendiri sehingga terlihat lebih menawan. Untuk memberikan aksen, detail berupa motif rumah Gadang di bagian punggung memberikan statement pada tampilan keseluruhannya. Sehingga pada malam bainai ini, Rara pun tidak ingin detail istimewa tersebut tertutupi aksesori yang ia kenakan.

Pesona Malam Bainai

Rara mengaku dalam mempersiapkan malam bainai ini tentu saja ia melakukan planning dan research yang matang. Untuk Rara, malam bainai ini merupakan salah satu acara adat yang sama sekali ia belum ketahui sebelumnya. Pada saat merencanakan pernikahan, ia mulai melakukan research kecil-kecilan. Ternyata, malam bainai adalah malam melepas lajang yang hanya boleh dihadiri oleh tamu wanita saja. Kalau di luar negeri, acara ini bisa dibilang sama seperti bachelorette party. Maka dari itu, Rara pun turut mengundang sahabat-sahabat dekatnya untuk hadir dan menjadi dayang-dayangnya dengan memakai baju khas Minang. Tentunya kehadiran sahabat ini pun menambah kemeriahan acara bachelorette party Rara yang dilangsungkan dalam versi adat Padang. Prosesi malam bainai ini sendiri digelar di kediaman calon pengantin wanita.

Top vendor dalam momen malam bainai Rara Inasya:

Attire : Studio BOH

Make Up Artist : Petty Kaligis

Wedding Organizer : Cheto Wedding Organizer

Dekorasi : Putisarah Wedding

Terima kasih untuk seluruh vendor yang menyempurnakan prosesi malam Bainai ini!

Dekorasi & Pelaminan : Putisarah Wedding

MUA : Petty Kaligis

Hair do : Trihelpy

Attire & Talakuang : Studio BOH

Aksesori : Putisarah Wedding

Photographer : Venema Pictures

Vendors That Make This Happened
Photography
Bride's Attire
Make Up Artist
Hair Do
Events Styling & Decor
Get Exclusive Access!
Sign up for our newsletter to get the updates
Get Exclusive Access!
Sign up for our newsletter to get the updates