News
Mengenal Makna Pernikahan Adat Madura
By The Bride Dept | 14 Jun 2024

Pernikahan adat Madura merupakan salah satu prosesi sakral yang indah dengan tradisi khas Indonesia. Pernikahan tradisional ini bukan hanya sebuah perayaan, tetapi juga sebuah ritual yang sarat dengan makna mendalam yang mencerminkan nilai-nilai budaya sekaligus spiritual masyarakat Madura.

Setiap elemen dalam pernikahan ini mengandung simbolisme yang kaya dan menyiratkan pesan-pesan penting tentang kehidupan, kebersamaan, dan cinta lho Brides! Simak yuk keunikan dari pernikahan adat Madura selengkapnya di sini!

Paes

Paes merupakan hiasan dahi yang diukir dengan detail dan teliti, riasan ini melambangkan kemurnian dan kecantikan pengantin wanita. Paes Madura terdiri dari tiga jenis yaitu paes legha, kapotren, dan lilin. Menariknya, ketiga jenis paes ini dapat digunakan dalam satu hari di waktu malam perayaan upacara pernikahan. Menarik sekali bukan?

Busana Megah

Busana yang dikenakan oleh pengantin Madura biasanya terbuat dari kain sutra dan songket berkualitas tinggi, dihiasi dengan bordir emas dan perak. Dominasi nuansa cerah seperti merah, emas, dan hijau mendominasi busana ini, memberikan kesan megah dan elegan pada setiap momen pernikahan.

Aksesori

Tampilan pengantin Madura semakin nampak memesona dengan sentuhan aksesori yang menawan.  Dilengkapi dengan berbagai perhiasan seperti kalung, anting-anting, gelang, dan mahkota sehingga dapat menambah keindahan serta kemegahan tampilan sang pengantin.

Gebyar Pernikahan Indonesia

Untuk kalian yang sedang mempersiapkan pernikahan impian, jangan lupa untuk mengunjungi pameran pernikahan nasional dan tradisional terbaik di Jakarta! Gebyar Pernikahan Indonesia 2024 yang siap kembali di gelar! Pada pameran kali ini akan ada sederet penawaran istimewa untuk membuat hari bahagia kamu jadi lebih sempurna! Catat tanggalnya ya Brides!

23-24 Juni 2024

Balai Prajurit Expo, Balai Kartini, Jakarta.

Selain itu, kalian juga tidak boleh melewatkan booth The Bride Dept Island yang menghadirkan berbagai pilihan vendor yang telah kami kurasi dengan baik. Tentunya, kalian bisa mendapatkan berbagai penawaran terbaik yang sayang jika dilewatkan. Jangan lupa catat tanggalnya dan ajak pasangan serta keluargamu ya Brides!

Sampai jumpa di Gebyar Pernikahan Indonesia!

Registrasi di sini! ( https://www.loket.com/event/gpi2024b )

 

Get Exclusive Access!
Sign up for our newsletter to get the updates