The Wedding
Pernikahan Adat Betawi Tasya & Davel
By The Bride Dept | 09 Oct 2024

Mengusung tema Betawi Cultural Festival ke dalam pernikahannya, momen bahagia pasangan ini begitu meriah sekaligus memorable! Nuansa adat Betawi yang kental dikemas begitu apik dan istimewa oleh keduanya. Penasaran seperti apa? Simak keindahan pernikahan adat Betawi Tasya & Davel selengkapnya di sini!

Pertemuan Pertama

Cerita dimulai saat kami berkuliah di UGM, kita berdua sudah berteman sejak awal perkuliahan. We (especially Davel) had always felt something for each other during our on-and-off friendship over the past three years in college. Meskipun menyadari sejumlah batasan yang kami miliki pada waktu itu, dari waktu ke waktu “sparks” nya selalu ada. There is a little thought in the back of my mind about Tasya that Davel can't wrap his head around. Yet, some obstacle always gets in the way between us

Selama tiga tahun sejak pertama kali kami bertemu di kampus, kami menjalani hidup di jalur yang berbeda. Not knowing what incredible things could happen. However, in a blessed and unexpected turn of events, our feelings for each other began to unravel. Senayan, 15 Desember 2021, kami nonton Spiderman, dan itu adalah momen pertama kali Davel tersadar. Drove her home, just the two of us, mengobrol sepanjang perjalanan; the idea of us together suddenly made sense, I couldn’t sleep that night thinking about it. 

Semuanya tentu tidak berjalan semulus yang diproyeksikan Davel. Ketika pertama kali Davel menyatakan bahwa ia serius untuk memulai hubungan yang lebih dari teman ini, Tasya masih belum bisa melihat dia bisa menjadi seseorang yang ‘lebih dari teman’. Mungkin, Tasya hanya membutuhkan waktu untuk memproses ini semua, dan dia sangat menghargai itu. Dan seiring berjalannya waktu, melihat bagaimana keseriusan Davel, ternyata kami memang ditakdirkan untuk hubungan yang lebih dari teman; we had become each other’s safe haven—something deeper than we had originally thought. And here we are, married, about to embark on our next journey together. 

Prosesi Lamaran

Konsep dari acara lamaran kami sama saja seperti engagement pada umumnya. Akan tetapi pemilihan color palette, dekorasi, digital invitation, sampai detail hang-tag pada souvenir lamaran, semuanya dirancang oleh Tasya. Rancangan Tasya sendiri dapat dikatakan sangat spesifik, ia menyukai keselarasan dari semua aspek dekorasi tersebut, jadi semuanya tidak boleh terlewatkan. Seperti dekorasi bunga yang dirangkai sendiri. Karena kami tidak mendekorasi full satu rumah, ada sudut-sudut ruangan yang dirasa kurang terdekorasi dan kemudian Tasya berikan sentuhan dekorasi oleh tangannya sendiri dengan bunga yang dibeli di pasar bunga, ini bisa jadi sedikit tips untuk menekan budget acara lho Brides! Keluarga besar kami pun ikut andil dalam mempersiapkan acara lamaran ini sehingga tradisi ‘Pinangan’ dari adat Betawi dan Padang tetap dilestarikan.

Konsep Pernikahan

I’m proud to say I have Betawi pure blood! Tasya mengaku ingin menonjolkan semua detail pernikahan adat Betawi yang cocok dengan gaya pernikahan modern. Dengan kombinasi warna yang cerah, busana dengan adat Betawi yang khas, hingga kuliner Betawi yang sangat beragam menjadikan pernikahan kami seperti Betawi Cultural Festival. Tak lupa kami juga menambahkan kuliner Betawi yang ikonik seperti kerak telor, toge asap, putu mayang, kue rangi sampai soto Betawi yang kami hidangkan dalam acara pernikahan ini. Bentuk pelaminan yang menggambarkan rumah Betawi kolonial hingga pemilihan warna-warna bunga yang vibrant pun turut kami hadirkan sebagai ciri khas, since Betawi’s color palette is so much bright!

Pemilihan Makeup & Hairdo

What kind of woman doesn't want to be applied makeup by the magic hands of Marlene Hariman? Jelas Ci Marlene sudah Tasya booking terlebih dahulu bahkan sebelum venue! Her signature look is such a staple that I really really love! Untuk hijabdo, Tasya mempercayakan pilihannya kepada Mba Jatu yang sekaligus membantunya memasangkan headpiece dari Hummingbird Road untuk prosesi akad. Sedangkan untuk resepsi, Tasya memilih siangko Betawi dari Asep Supriyanto. Absolutely thrilled with my glam team!

Rancangan Busana

I knew that the bride’s attire is one of the most important things I should prepare for the wedding! Pastinya memilih Studio BOH adalah salah satu keputusan terbaik yang mana sudah Tasya impikan bahkan jauh sebelum memutuskan untuk menikah! Putting my trust in Mba Penny has been a decision I cherish deeply! Desain kebaya yang elegan, klasik, timeless dan details sentuhan adat Betawi yang dibuat langsung oleh tangan-tangan ajaib Mba Penny & Team, that I will cherish forever!

Prosesi Pra-Nikah

Sama seperti pada prosesi lamaran, kami mengadakan pengajian di rumah. Dekorasi hingga hampers pengajian, Tasya persiapkan sendiri bersama dengan keluarga. Mulai dari merangkai bunga sampai mendesain buku pengajian, Tasya mencoba memanfaatkan ruang tengah rumahnya dengan sebaik mungkin. Mengambil orientasi ruangan yang berbeda pada saat prosesi lamaran sehingga dapat memberikan look yang berbeda!

Pemilihan Wedding Photographer

Kami memilih fotografer tentunya berdasarkan portfolionya! Vendor fotografer perlu memiliki ciri khasnya tersendiri, hal itu yang kami lihat, lebih kurangnya hanya sesuai atau tidaknya dengan selera kami saja. Menggandeng Imagenic on board, we feel confident that our wedding moments will be beautifully captured and cherished for years to come!

Pernikahan Impian

Dengan adanya sederet referensi dan pameran pernikahan, hal tersebut sangat membantu kami untuk membuka wawasan dan inspirasi dalam merancang acara pernikahan ini. Selalu sempatkan untuk menghadiri pameran pernikahan, minimal untuk sekadar melihat-lihat dan berkonsultasi bersama vendor. Lalu dengan adanya Wedding Organizer yang sangat membantu kami dalam memberikan gambaran lain dan saran-saran dari orang yang berpengalaman. Untuk tema sendiri, Tasya mengaku sangat jatuh cinta dengan konsep pernikahan klasik tradisional, I love embracing my Betawi roots! Prosesi akad nikad dan resepsi ini digelari di Candi Bentar Hall, Putri Duyung Ancol.

Top Three Vendor Pernikahan Adat Betawi Tasya & Davel

Terlalu sulit untuk menentukan top three vendor, karena semua vendor-vendor pilihan kami terbaik! Tetapi jika dapat memilih mungkin yang pertama adalah Studio BOH! terima kasih Mba Penny & Team untuk Kebayanya. Lalu, Kiara Wedding sebagai Wedding Organizer kami yang tak ada lelahnya membantu untuk mempersiapkan acara ini hingga selesai. Last but not least, ada Imagenic yang sudah memberikan energi yang sangat positif bagi kami sepanjang acara! Semua vendor kami bekerja dengan sangat baik tanpa terkecuali! Kudos to all our amazing vendors! We appreciate each and every one of you!

Terima kasih untuk seluruh vendor yang membuat acara kami jadi lebih sempurna dan memorable!

Wedding Organizer : Kiara Wedding

Decoration : Aryagati Rooms

Documentation : Imagenic

Bride’s Attire : Studioboh

Groom’s Attire : Desiskandar Wedding & Gugi Nugraha

MUA Bride : Marlene Hariman (retouch Adlia Cornain)

Hijabdo Akad : Jatu Purwanti

Suntiang Akad : Hummingbird Road

Aksesoris Betawi :  Asep Supriyanto

Entertainment : Graha Entertainment

Digital Invitation : Pecatu Design

MC : Mpok Amirakareem &  Bang Aden

Wedding Calligraphy & Keepsake : Madebyarti

Seserahan & Mahar : Seserahan Kencana & By Bentala

Photobooth : Carephotobooth

Wedding Bouquet : Floraisonbyl

Ring Box : Lovelours

Souvenir : Fine Souvenir

Venue : Putri Duyung Ancol

 

 

Style Guide
Style
Traditional
Venue
Hotel
Colors
Vendors That Make This Happened
Bride's Attire
Wedding Organizer
Photography & Videography
Events Styling & Decor
Groom's Suit
Make Up Artist
Jewellery & Accessories
Jewellery & Accessories
Entertainment
Invitation
Master of Ceremony
Invitation
Mahar
Photobooth
Hand Bouquet
Get Exclusive Access!
Sign up for our newsletter to get the updates
Get Exclusive Access!
Sign up for our newsletter to get the updates