Meet The Expert
Pesona Make Up Menawan ala Marlene Hariman
By The Bride Dept | 09 Nov 2023

Siapa yang tak kenal Marlene Hariman? Make up artist ternama yang memang selalu jadi pilihan favorit apalagi oleh para bride-to-be! Tapi untuk mencapai kesuksesan seperti sekarang ini tentu tidaklah mudah. Penasaran bagaimana cerita lengkapnya? Simak di sini yuk Brides!

Bagaimana awal mula seorang Marlene Hariman menggeluti/terjun ke dalam bidang make up ini?

Awal mula terjun ke dunia make up, karena sebuah ketidak sengajaan. Disarankan oleh oma yang menetap di Sydney, untuk menjadi make up artist. Menurut beliau, ia melihat ada bakat dari yang tumbuh sejak kecil ketika merias boneka. Selain itu Oma mempunyai mimpi supaya cucu-cucunya bisa pindah menjadi PR Australia. Salah satu cara agar bisa menjadi PR adalah mempunyai keahlian pada bidang tertentu salah satunya bidang salon. Setelah gagal di Universitas LSPR, sampai mendapatkan IP 0,9 akhirnya aku menuruti saran Oma. Saat itu tahun 2007, aku memutuskan mengambil kelas make up di Martha Tilaar. Akhirnya sejak saat itu aku berkarir di bidang make up hingga sekarang ini.

Hal apa yang membuat Anda tertarik untuk terjun dalam bidang ini?

Satu hal yang membuat aku tertarik terjun di dunia make up ini adalah aku senang sekali membuat orang menjadi cantik. Menurutku ini adalah sebuah kepuasan tersendiri ketika membuat versi orang lain menjadi semakin cantik namun tanpa mengubah kecantikan alami yang dimilikinya.

Bagaimana signature style make up yang ditawarkan oleh Marlene Hariman?

Riasan yang menjadi signature style aku adalah romantic flawless make up. Aku ingin membuat tampilan klien menjadi sebuah versi yang lebih cantik sekaligus istimewa namun tetap dengan karakter dirinya sendiri.

Menurut seoarang Marlene Hariman bagaimana cara mewujudkan permintaan klien yang challenging?

Saat bertemu klien yang cukup menantang biasanya hal pertama yang aku lakukan adalah berdiskusi. “Yang pasti diskusi dulu, apakah cocok dan tidaknya dengan client.” Kalau memang permintaanya sulit untuk dilakukan, pasti aku akan langsung mengatakan tidak mungkin.

Project apakah yang paling berkesan untuk Anda?

Di awal karir dulu, aku mendapatkan kesempatan untuk memegang KDI (Konser Dangdut Indonesia). Dari hal itu aku mendapatkan banyak sekali pelajaran yang sangat berharga. Mulai dari persaingan antar make up artist, bagaimana membuat seseorang menjadi cantik dan memukau. Pelajaran tersebut membuat aku lebih percaya diri sekaligus bisa membuat aku seperti sekarang ini.

Apa saja yang menjadi inspirasi Anda saat merias seorang klien?

Kalau berbicara inspirasi, tentu hal itu bisa datang dari mana saja. Untuk aku sendiri inspirasi saat merias seorang klien itu bisa datang dari Instagram, Youtube dan masih banyak lagi yang lainnya.

Apa tip dari Marlene Hariman untuk para bride-to-be dalam menentukan make up pernikahannya?

Untuk para bride-to-be yang sedang bingung menentukan look make up untuk hari pernikahan, tip dari aku sebenarnya harus berpikir! Kita harus memikirkan bagaimana make up ini dilihat dalam waktu 20 tahun ke depan, masih terlihat bagus atau tidak? Dan tentunya tidak pernah ada kata menyesal. Jadi dalam memilih make up menurutku sebaiknya pilih yang timeless dan tidak sekedar mengikuti tren saja.

 

Get Exclusive Access!
Sign up for our newsletter to get the updates