Rekomendasi Aksesoris Cantik untuk Pernikahan

By Enya on under How To

Hari pernikahan merupakan momen bahagia bagi setiap pasangan, yang tentunya harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Setiap pasangan pasti ingin tampil sempurna di hari pernikahan mereka dengan mengenakan busana pengantin yang elegan dan cantik. Ada yang berpendapat bahwa mengenakan busana pengantin saja sudah cukup, sehingga tidak memerlukan elemen lainnya seperti aksesoris. Padahal, adanya elemen tambahan seperti aksesoris sebenarnya akan menyempurnakan penampilan pengantin, lho. Terdengar sepele memang, tapi pemilihan aksesoris yang tepat justru akan bisa membuat kamu dan pasangan tampil semakin berkilau di hari bahagia kalian. 

Ada banyak pilihan aksesoris pernikahan yang masing-masing memiliki nilai budaya dan nilai filosofis yang juga berbeda-beda. Di Indonesia sendiri, banyak sekali busana pengantin tradisional yang memiliki banyak aksesoris dengan arti yang berbeda. Kali ini, The Bride Dept tidak akan mengulas tentang aksesoris tradisional, tapi akan mengulas beberapa aksesoris yang cocok untuk kamu yang sedang mempersiapkan acara pernikahan modern, simple dan sederhana. Untuk konsep acara seperti ini, busana pengantin yang dipilih pun umumnya akan memiliki model yang simple nan elegan, yang tentunya akan semakin sempurna dengan tambahan beberapa aksesoris berikut ini.

Kerudung atau Veil

Kerudung atau veil hadir dalam bentuk potongan kain lembut dan transparan yang dikenakan oleh pengantin wanita di atas kepala. Veil sendiri terdiri dari beberapa jenis, yang pertama adalah birdcage veil atau kerudung yang hanya menutupi bagian wajah saja. Kedua, veil dengan panjang sebatas bahu atau di atas siku yang populer digunakan oleh pengantin di tahun 1940-1950-an. Jika kamu ingin tampil klasik di hari pernikahanmu, veil jenis ini bisa dipilih sebagai salah satu aksesorisnya. Ketiga, waltz veil atau kerudung balet dengan panjang akhir antara betis hingga pergelangan kaki. 

Keempat atau terakhir yaitu Cathedral veil yang merupakan veil terpanjang yang bisa melebihi panjang gaun pengantin hingga beberapa meter. Veil jenis ini akan memberikan kesan dramatis, dan bisa kamu pilih untuk dipasangkan dengan gaun bergaya mermaid, terompet atau ball gown. Hindari mengenakan gaun pendek jika ingin menggunakan veli jenis ini. Penggunaan veil bisa kamu sesuaikan dengan bentuk wajahmu. Jika kamu memiliki wajah berbentuk oval atau diamond, kamu bisa mengenakan birdcage veil. Namun bisa kamu memiliki wajah bulat, veil panjang akan membuatmu tampil semakin cantik dan elegan.

Hiasan Kepala atau Headpiece

Sebagai mahkota wanita, rambut menjadi salah satu unsur yang penting untuk diperhatikan dalam menentukan aksesoris pernikahan. Ada berbagai macam dan jenis aksesoris rambut yang bisa digunakan sebagai tambahan elemen bagi busana pengantinmu. Kamu bisa memilih jepit rambut dengan model cantik yang akan melengkapi rambut indahmu. Selain itu, jepit rambut juga bisa membantu menjaga rambutmu agar tetap rapi selama acara berlangsung.

Kamu juga bisa memilih headpiece berbentuk tiara yang akan membuatmu tampil semakin cantik bak seorang putri. Tiara hadir dalam berbagai ukuran dan model, dan kamu bisa memilih model sesuai dengan selera, atau dengan memadupadankannya dengan busana pengantinmu.  Jika ingin headpiece yang lebih simple dan tampak natural, kamu juga bisa menggunakan aksesoris kepala berbentuk bunga. Model headpiece ini cocok untuk acara pernikahan bertema rustic karena akan semakin membuat suasana rustic terasa semakin kental. Bunga-bunga yang cocok digunakan sebagai headpiece antara lain mawar, lavender, atau bunga-bunga lain yang berukuran kecil. 

Bolero

Penggunaan bolero yang tepat akan membuat pengantin tampil cantik dan elegan. Umumnya, bolero dikenakan saat upacara pernikahan atau momen akad nikah untuk memberikan tampilan yang manis dan dan bersahaja. Tapi sebenarnya tidak hanya itu, karena bolero juga bisa dipilih sebagai aksesoris pengantin yang menggelar acara pernikahan outdoor di malam hari. Selain akan mempercantik penampilanmu, bolero juga bisa menjadi penghangat dari udara dingin yang akan melindungimu selama acara berlangsung.

Sebagai aksesoris tambahan yang akan menyempurnakan penampilanmu di hari pernikahan, bolero sangat cocok dikenakan dengan gaun model A-line atau ball gown. 

Hand Bouquet

Hand bouquet atau bouquet bunga tampaknya sudah menjadi aksesoris wajib bagi pasangan pengantin, baik pengantin tradisional maupun modern. Hand bouquet akan menjadi aksesoris yang menjadi ciri khas pengantin wanita karena biasanya akan selalu dipegang oleh pengantin wanita selama acara pernikahan. Hand bouquet hadir dengan model dan ukuran yang disesuaikan dengan busana yang dikenakan, dan biasanya di akhir acara pernikahan, pengantin akan melemparkannya kepada para tamu yang masih single, dan siapapun yang berhasil menangkap hand bouquet tersebut, maka menurut mitos dan kepercayaan yang berkembang, orang tersebut akan menjadi pasangan yang berikutnya menikah. 

Untuk busana pengantin modern yang umumnya memiliki model yang simple dengan warna-warna lembut seperti putih, krem atau pastel, dan hand bouquet-nya juga akan dibuat dengan bunga-bunga berwarna senada yaitu warna-warna pastel. Selain itu, bentuknya pun dibuat lebih simple dengan ukuran yang tidak terlalu besar.