Social Distancing Untuk Calon Pengantin

By Rebebekka on under How To

Sejak Januari 2020, negara kita sudah cemas dengan ada atau tidaknya virus COVID-19 di Indonesia yang sedang mewabah di beberapa negara. Sampai akhirnya WHO menetapkan COVID-19 dengan status pandemic atau pandemi penyakit yang meluas di beberapa benua atau seluruh dunia. Kemudian di awal bulan Maret 2020, Presiden Joko Widodo mengumumkan secara resmi bahwa dua warga negara Indonesia sudah terinfeksi virus COVID-19. Sejak saat itu, kepanikan terasa di beberapa pusat perbelanjaan. Banyak warga memborong masker, hand sanitizer, sembako dan lainnya. Presiden Jokowi juga baru saja menyarankan agar warga kerja dan belajar dari rumah serta menghindari keramaian.

Lantas bagaimana dengan para brides-to-be yang akan menyelenggarakan pernikahan di bulan ini atau bulan-bulan selanjutnya? Setelah bertanya dengan para brides-to-be, The Bride Dept mendengar banyak brides-to-be memutuskan untuk menunda resepsi sampai kondisi negara stabil dan sebagian lagi yang memang waktu pernikahannya sudah terlalu dekat memutuskan untuk tetap lanjut dengan berbagai pertimbangan dan kondisi yang disesuaikan pada hari H.

Terlebih dari pada semua itu, kesehatan para calon pengantin adalah yang paling utama prioritas. Kita semua sama-sama tahu menyiapkan pernikahan merupakan masa-masa yang paling sibuk. Kita bisa saja pindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya dalam satu hari ketika mempersiapkan pernikahan. Belum lagi bertemu dengan orang-orang yang berbeda yang kita tidak tahu bagaimana kondisi kesehatannya. Oleh karena itu alangkah baiknya apabila para calon pengantin mematuhi anjuran pemerintah untuk melakukan social distancing. Anggap saja sebagai ritual pingitan yang memang banyak dianjurkan untuk para brides to be. Berikut adalah hal-hal yang bisa dilakukan semasa social distancing. 

  • Menyelenggarakan online bridal shower

Untuk kamu yang belum sempat bridal shower jangan berkecil hati. Teman-teman kamu tetap bisa mengadakan bridal shower untukmu namun mengubah konsepnya menjadi online bridal shower. Banyak aplikasi yang bisa mendukung meeting online seperti Whatsapp, Facetime, Google Hangout, Zoom atau Skype. Tetap kenakan kostum yang mungkin sudah kalian persiapkan dan games-games menarik yang bisa dilakukan secara terpisah melalui layar. 

  • Membeli segala keperluan pernikahan melalui marketplace

Untuk menghindari keramaian di pusat perbelanjaan, maka sebaiknya para calon pengantin untuk membeli segala keperluan pernikahan secara online melalui marketplace. Jangan lupa untuk menanyakan secara detail barang yang mau dibeli agar jangan sampai salah beli.

  • Online meeting dengan vendor dan keluarga

Seperti juga bridal shower, meeting dengan vendor dan keluarga besar sebaiknya tidak dengan pertemuan langsung melainkan secara online. Jangan lupa catat poin-poin yang ingin didiskusikan agar meeting tetap fokus. 

 

  • Video call dengan groom-to-be

 

Pada situasi sekarang ini, kegiatan seperti makan di restoran maupun menonton di bioskop memang tidak dianjurkan demi keselamatan diri kita maupun pasangan. Oleh sebab itu, lebih baik bertemu di rumah saja atau bahkan melakukan video call saja sambil sekalian menjalani ritual pingitan. 

  • Merawat diri di rumah

Memang akan sedikit bosan apabila kegiatan dibatasi hanya di rumah saja. Kembali lagi demi keselamatan dan kesehatan diri kita dan juga orang banyak maka hal ini harus kita jalani. Untuk mengusir kebosanan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan para calon pengantin adalah merawat diri di rumah menjelang hari penting. Untuk keamanan dan kesehatan kamu, ada baiknya minta bantuan orang satu rumah yang memang kamu tahu betul kondisi kesehatannya untuk melakukan perawatan. Pastikan ia mencuci tangannya dengan bersih sebelum memegang wajah, rambut maupun bagian tubuh lainnya. 

  • Decluttering¬†

 Satu kegiatan lagi untuk mengusir kebosanan adalah dengan decluttering barang-barang sebelum kamu pindah menuju rumah baru kelak. Sisihkan barang-barang yang kamu miliki dan tidak akan kamu bawa atau pakai setelah menikah. Berikan kepada mereka yang membutuhkan atau buang jika memang sudah tidak layak. Jangan lupa untuk membersihkannya sebelum kamu memberikannya kepada orang lain. 

Hal yang wajar apabila kita stress dan pusing memikirkan wabah penyakit menjelang hari penting kamu. Namun daripada stres memikirkan hal-hal di luar kendali kita, sebaiknya kita melakukan apa yang memang bisa kita lakukan. Jangan lupa untuk terus jaga kesehatan dengan berolahraga, makan makanan bergizi, banyak minum air putih, mengkonsumsi vitamin dan juga berjemur. Selain itu jangan lupa untuk istirahat yang cukup. Stay safe and healthy brides!