Suntiang : Aksesori Mewah yang Unik

By The Bride Dept on under How To, Pernikahan Adat

Suntiang : Aksesori Mewah yang Unik

Pasti kalian sudah tak asing lagi dengan aksesori yang disematkan pada kepala pengantin wanita Padang ini! Ya, Suntiang memang menjadi salah satu kebanggaan anak Daro yang megah dan memukau. Tampilannya yang khas pun membuat pengantin jadi makin memesona. Simak Suntiang : aksesori mewah yang unik selengkapnya di sini!

Makna Suntiang

Suntiang atau mahkota kepala Padang melambangkan beratnya tanggung jawab seorang wanita yang akan memasuki kehidupan rumah tangga. Tingkat kembang suntiang pada pengantin wanita biasanya memiliki jumlah ganjil. Suntiang paling tinggi biasanya memiliki 11 tingkat, sedangkan yang paling rendah adalah tujuh tingkat. Mahkota kepala ini biasanya memiliki berat 3,5 hingga 5 kilogram. Namun, seiring berkembangnya zaman suntiang dibuat dengan ukuran dan bahan yang lebih ringan.

Sejarah Suntiang

Kalian tahu tidak Brides jika Suntiang ini merupakan hasil perpaduan budaya Indonesia dengan China lho! Tapi saat ini Suntiang telah menjadi budaya khas masyarakat Minangkabau terutama Padang Pariaman. Hal tersebut tak terlepas dari keindahan warna sekaligus bentuk dari Suntiang itu sendiri. Umumnya ragam hias yang dijadikan aksen atau ornamen pada mahkota ini terinspirasi dari keindahan alam baik darat maupun laut. Tentu saja hal itu sesuai dengan filosofi masyarakat Minang yaitu ‚Äúalam takambang jadi guru‚ÄĚ. Istilah yang memiliki arti semua yang ada di alam luas bisa menjadi pelajaran atau contoh. Terlepas dari sejarahnya tersebut, bagi wanita Minang mengenakan Suntiang pada hari pernikahannya merupakan suatu kebanggaan tersendiri.

Keunikan Suntiang

Mahkota kepala khas Minang ini ternyata memiliki banyak jenis dan bentuk lho! Semua perbedaan itu berasal dari daerah masing-masing, misalnya Suntiang Pariaman akan berbeda dengan Tanah Datar maupun Solok. Selain bentuknya yang berbeda, ukurannya pun terdapat perbedaan. Terdapat Suntiang Gadang (besar) juga Suntiang Ketek (kecil). Detail rumit yang terdapat pada aksesori ini terbuat dari bunga Serunai dengan struktur penyusunan berbeda. Mengenakan aksesori ini ternyata bukan sebuah hal yang mudah! Karena pengantin wanita harus siap berdiri selama prosesi pernikahan sambil menahan beban yang ada di kepalanya.

Itulah Suntiang : aksesori mewah yang unik dan memiliki cerita menarik di balik keindahannya!

Photo : Owlsome from The Wedding of Rinesa & Rasyid