Tips Memilih Busana Pengantin

By Friska R. on under How To

Tips Memilih Busana Pengantin

Busana pengantin merupakan salah satu penunjang untuk sang mempelai di hari pernikahannya. Tampilan yang memukau tentu saja jadi impian bagi para pengantin wanita. Untuk tampil istimewa sesuai dengan keinginan para bride-to-be, simak tips untuk memilih busana pengantin yang tepat agar kalian tak perlu bingung lagi!

Menentukan Tema

Konsep acara pernikahan di Indonesia sendiri terdiri dari tradisional dan modern. Misalnya untuk pernikahan tradisional yang mengangkat tema adat Jawa, tentu saja sang mempelai wanita ingin tampilan anggun dalam balutan kebaya tradisional. Sedangkan untuk acara pernikahan dengan sentuhan modern, pilihan kebaya dengan potongan yang dimodifikasi atau gaun biasanya jadi opsi favorit bagi para pengantin wanita.

Sesuaikan dengan Tampilan Keseluruhan

Saat bertemu dengan peracang busana yang akan mendesain kebaya atau pun gaun kalian, pastikan melakukan diskusi terlebih dahulu ya! Kalian juga bisa melihat karya-karya mereka yang sebelumnya telah dibuat sebagai acuan referensi. Biasanya para desainer ini akan menanyakan dengan detail bagaimana desain dan konsep yang diinginkan. Jangan lupa juga untuk membicarakan tampilan keseluruhan kalian. Misalnya pemilihan make up dan rambut ya seperti apa yang akan dikenakan di hari H nanti. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan desainer itu sendiri dalam membuat rancangan agar semuanya bisa serasi dan harmonis.

Menentukan Warna

Pernikahan itu tak selalu harus menggunakan busana berwarna putih loh Brides! Pilihan warna lain seperti biru pastel, sage green, baby pink bahkan merah pun tentu bisa jadi opsi pilihan yang menarik. Seperti tahun 2022 ini yang menghadirkan dominasi tren warna biru. Kalian bisa menjadikan warna biru ini sebagai referensi pilihan untuk busana pengantin, paletnya sendiri tentu bisa disesuaikan dengan keinginan masing-masing ya!

Pilih Desain Sesuai dengan Karakter

Memilih desain yang sesuai dengan kepribadian dan karakter merupakan suatu hal yang penting. Setiap individu memiliki gaya berpakaian yang berbeda sesuai dengan keunikannya. Hal itu juga berlaku untuk busana pengantin, sebelum menentukan desainnya ada baiknya kalian tentukan terlebih dahulu gaya apa yang sesuai dengan karakter kamu. Ada berbagai macam pilihan seperti feminin, glamor, elegan, edgy bahkan klasik. Pemilihan desain yang sesuai dengan karakter akan membuat penampilan jadi kian sempurna.

Sesuaikan dengan Budget

Jangan lupa untuk menyesuaikan budget kalian saat memilih desainer busana pengantin ya! Ada baiknya untuk menyiapkan anggaran sedari awal apalagi jika kalian sudah mengetahui busana impian yang diinginkan. Semakin rumit detail yang ada pada busana pengantin tersebut, maka harganya pun tentu akan jauh lebih tinggi.

Nah, bagaimana tips memilih busana pengantin dari kami ini? Apa kalian sudah menentukan pilihan? Jangan ragu untuk bertanya dan juga mencari referensi sebanyak mungkin untuk memudahkan proses desain ya!