Tips Memilih Wedding Venue

By Friska R. on under How To

Tips Memilih Wedding Venue

Hal apa sih yang harus ditentukan pertama kali saat akan merencanakan pernikahan? Tentu saja venue! Karena tempat merupakan hal paling krusial untuk menggelar acara pernikahan. Setelah menentukan tema apa yang akan digunakan, kalian bisa langsung memilih venue yang sesuai. Tapi, kalian tahu tidak sih kriteria venue yang tepat itu seperti apa? Simak selengkapnya tips memilih wedding venue yang tepat di bawah ini!

Pastikan Luas Ruangan

Pastikan lokasi acara pernikahan kamu memadai ya! Hitung secara rinci jumlah undangan yang akan hadir di acara kalian nanti. Kemudian sesuaikan hal tersebut dengan kapasitas gedung yang telah menjadi pilihan. Pastikan gedung tersebut tetap nyaman dengan kapasitas maksimalnya, agar baik sang pengantin, keluarga juga tamu merasa nyaman di acara pernikahan nanti.

Konsep Pernikahan

Menyesuaikan konsep pernikahan dengan venue tentu jadi hal wajib yang harus diperhatikan. Biasanya gedung sudah memiliki unsur dekoratif tersendiri, jadi kalian juga harus teliti apakah konsep dan dekorasi pilihan kalian sesuai atau tidak dengan venue tersebut.

Lokasi

Pilih lokasi yang strategis untuk memudahkan kamu dan pasangan serta para tamu menghadiri acara kalian. Kita tidak bisa memprediksi arus lalu lintas, jadi sebaiknya memilih gedung dengan lokasi sempurna merupakan salah satu list agar tamu juga tak terlambat menghadiri acara kalian.

Jarak & Arus Lalu Lintas

Mencari venue yang jaraknya tak terlalu jauh dari tempat tinggal kedua pihak keluarga mempelai, merupakan opsi tepat lho Brides! Ada baiknya kalian menghindari daerah yang terlampau sibuk agar lalu lintas masih dapat dijangkau dengan waktu yang singkat. Dan jangan lupa untuk memikirkan pihak KUA yang akan hadir pada prosesi akad nikah ya!

Area Parkiran

Nah, hal ini sering sekali jadi permasalahan tamu undangan yang hadir. Mereka biasanya mengeluhkan lahan parkir yang sulit atau terlalu sempit sehingga harus memarkir kendaraannya di tempat yang jauh. Saat memilih venue pernikahan, jangan lupa cek parkiran yang mereka miliki dan pastikan kapasitasnya juga ya Brides!

Catering

Jika kalian mempunyai selera yang tinggi dan mengutamakan makanan yang lezat untuk hidangan pernikahan, pastikan venue yang dipilih dapat bekerja sama dengan vendor catering pilihanmu ya! Karena ada banyak tempat pernikahan yang tidak mengizinkan vendor dari luar untuk bekerja sama. Jadi sebaiknya cek terlebih dahulu apakah venue ini bisa menerima vendor catering dari luar atau tidak.

Cuaca

Hal ini sangat penting, apalagi bagi para bride-to-be yang ingin menggelar pernikahan di area outdoor. Pemilihan tenda sangatlah penting untuk melindungi para tamu dari sinar matahari mau pun hujan. Namun, jika kalian menikah saat musim hujan dan berangin sebaiknya pilih venue indoor yang akan membuat pengantin dan tamu lebih nyaman.

Nah, kira-kira seperti itu kriteria yang wajib kalian perhatian saat memilih lokasi pernikahan. Semoga tips memilih wedding venue ini bermanfaat bagi kalian para bride-to-be yang sedang mempersiapkan pernikahannya!