Wonderful Wedding Ceremony of Afifah Yusuf & Faldo Arsanda

By nadhifaarndt on under The Wedding

Style Guide

Style

Venue

Colors

Akhirnya, Afifah Yusuf yang dikenal sebagai singer dan songwriter melakukan pernikahannya di tanggal 21 November 2020 lalu. Yup, pernikahan Afifah Yusuf atau yang akrab disapa Afi, terlihat sangat megah dan elegan! Putri bungsu dari Hetty Koes Endang ini ternyata sudah menjalin hubungan dengan Faldo selama 7 tahun lamanya, bahkan sempat merasakan pahit dan manisnya hubungan long distance relationship. Tetapi sekarang, semua hanya-lah kenangan manis untuk dikenang oleh Afi dan Faldo, because they already passed it.

Melangsungkan akad pernikahan di Four Season Hotel, Jakarta, Afi terlihat manis menggunakan busana pernikahannya. Oh, dan tentunya ada hal yang menarik di balik cerita baju akadnya! 

Yes, Baju yang dipakai untuk hari spesial Afi merupakan baju pernikahan milik sang Ibu, sudah 30 tahun yang lalu. Awalnya, Afi mengaku hanya iseng, ingin melihat seperti apa model baju pernikahan ibunya. Setelah menyadari bahwa model baju pernikahannya masih sangat indah dengan unsur klasik (bahkan jahitannya juga masih sempurna), setalah itu Afi berpikir, sepertinya Afi perlu memodifikasi baju ini untuk hari pernikahannya. Baju tersebut dimodifikasi oleh fashion designer, Didiet Maulana, yang mengharuskan Afi untuk fitting baju 4 kali, memastikan semuanya sempurna!

Konsep pernikahan yang penuh dengan dekorasi bunga dan dominan warna biru muda, terlihat begitu sedap di mata. Tak hanya berkonsep mewah, namun paduan warna dekorasinya memberikan mood baik di dalam pernikahan Afi. Calming and discerning.

Akad pernikahan Afi dimulai pada pagi hari, rasa ketegangan sudah pasti muncul dari dua pasangan yang sudah tak sabar ingin mengucapkan satu kata “sah” yang dapat segera merubah kehidupan mereka. Afi sangat cantik dengan busananya, bagaimana tidak, Afi terlihat seperti Ibunya saat waktu muda. 

Saat Faldo selesai mengcapkan ijab kabul dan terdengar kata “sah”dari pasa saksi, dengan lucunya Ia mengacungkan tangan, seperti memberikan simbol selebrasi, hal ini membuat Afi dan Faldo sempat menahan tawanya. Mereka benar-benar sangat menggemaskan! Setelah resmi menjadi suami istri, Afi dan Faldo bersungkem kepada kedua orang tua, sebagai bentuk restu yang diberikan. Ini adalah momen yang paling mengharukan selama acara berlangsung.

Hal yang paling ditunggu-tunggu dari pernikahan Afi yakni prosesi adat Sunda setelah akad nikah. Dimulai dari acara Meuleum Harupat, Nincak Endog, Huap Lingkup, Pabetot Bakakak Ayam, dan acara saweran. Diirinngi dengan lantunan lagu Sunda atau ngawih oleh Mely Nuriyani.

Acara akad yang nampaknya sukses, kini masuk ke acara selanjutnya yang tak kalah seru, yakni acara perayaan akad nikah! Afi menggunakan dress putih yang menjuntai ke lantai dan sangat cantik.

Dalam acara ini, dua pengantin berdansa bersama di tengah panggung, begitu romantis dan menyentuh hati. Namun tak hanya dua pengantin, para orang tua kedua mempelai juga ikut meramaikan panggung dansa.

Apalagi nampak beberapa musisi yang hadir di pernikahan Afi, seperti Titi DJ, Nassar, Krisdayanti, dan Inul Daratista, semua ikut meramaikan acara dengan bernyanyi bersama. What a moment!

Hal terpenting dari pesta pernikahan Afi yakni bagaimana Afi dan keluarga sangan concern dengan kesehatan para tamu. Sebelum acara pernikahan berlangsung, para keluarga, kerabat dan tamu diwajibkan untuk melakukan rapid test bersama, bahkan menyediakan layanan dokter khusus untuk menanggulangi pihak yang terdeteksi penyakit. Yes, due to this pandemic situation, sikap preventif itu sangat penting, bahkan wajib untuk dterapkan. Tak lupa juga, acara pernikahan Afi mengharuskan para tamu untuk menggunakan atribut protokol kesehatan, untuk bersalaman dengan pengantin pun diberikan jarak, serta tidak menyediakan layanan buffet, jadi tamu hanya bisa memesan makanan dengan sistem open table. So it’s going to be safe for all.

Lanjut ke acara malam yang lebih intimate, Afi hanya mengundang beberapa teman terdekat saja, dengan konsep yang lebih tertutup di banding acara sebelumnya. Yes, a fun night for her wedding ceremony! Dalam acara ini, Afi mengundang Diskoria sebagai entertainer. Tentunya, Afi juga mengenakan dress yang tak kalah cantik dari acara sebelumnya, yakni busana rancangan Yogie Pratama. Lebih terlihat menawan, cocok dipakai untuk acara malam. Dan acara pun selesai, ditutup dengan kebahagiaan Afi dan Faldo. The definition of “A Night To Remember”.


 

Thanks to the vendors:

Venue: @fsjakarta
WO: @duasynergycommunications
Decor: @amarillis.id
MUA: @marlenehariman
Mom’s MUA: @dhirmanputra @adiadrianbeauty @irwanriady
Lighting: @lumens_id
Photo & Video: @morden.co @rickymueller
Candid: @adore.moments @adrianmawardii
Akad Nikah Attire: @svarna_byikatindonesia @didietmaulana
Night gown: @mryogiepratama
Mom’s Attire: @studioboh @eddybetty
Dad’s Attire: @luwiesaluadji
Prosesi Adat Sunda dan Aksesoris: @gse_ekayana
Media Partner: @thebridedept #tbdxafifahyusuf
Sound System: @dssmusic
MC Akad: Henny Yunus
MC Reception: @sarinila16
Ngawih: @mely_nuriyani
Entertainment: @trias1605 @kandabrothers
Hand bouquet: @amarillis.id @beblossomid