Tata Cara Adat
Paes: Perbedaan Keindahan Paes Solo & Yogya
By The Bride Dept | 20 Feb 2024

Masih bingung membedakan paes Solo dan Yogya? Sekilas memang terlihat sama, tapi jika diperhatikan dengan lebih detail keduanya tentu berbeda lho Brides! Ingin tahu perbedaan paes Yogyakarta dan Solo? Yuk, kita bahas satu per satu di sini!

Bagi para bride-to-be yang belum memahaminya, paes adalah riasan pada bagian dahi hingga rambut yang biasa diaplikasikan pada pengantin wanita Jawa. Jadi, jika kalian melihat pengantin Jawa dengan riasan berwarna hitam di dahi, itulah yang disebut paes.

Ragam Paes

Pertama yang penting kamu pahami adalah masing-masing daerah, Solo maupun Yogya memiliki beberapa macam tata rias pengantin. Tata rias pengantin Yogya terdiri dari Paes Ageng, Paes Ageng Jangan Menir, Paes Ageng Kanigaran, Yogya Puteri, Kasatriyan Ageng dan Pura Pakualaman. Sementara tata rias pengantin Solo terdiri dari Solo Basahan, Solo Puteri, Solo Langenharjan, Solo Taqwa dan Solo Mangkunegaran.

Bentuk Paes

Baik paes Yogya maupun Solo memiliki beberapa bagian. Bagian tengah yang disebut penunggul atau gajahan, kemudian di sisi kiri dan kanan penunggul disebut pengapit, lalu di sisi pengapit disebut penitis, dan yang terakhir menyerupai cambang dinamakan godheg.

Penunggul

Untuk melihat perbedaanya, pertama lihat bagian tengah, yang dinamakan penunggul atau gajahan. Pada pengantin Yogyakarta, penunggul berbentuk runcing di bagian tengahnya, menyerupai daun sirih. Sementara pada pengantin Solo, berbentuk setengah bulatan telur bebek dan biasa disebut gajahan.

Pengapit

Untuk pengapit, bentuknya cenderung sama antara pengantin Yogya maupun Solo, sama-sama berbentuk ngundup kanthil atau kuncup bunga kanthil. Selanjutnya mari kita lihat penitis. Pada pengantin Yogya, penitis berbentuk seperti potongan daun sirih, namun lebih kecil daripada penunggul, dengan ujung yang juga runcing. Sementara pada pengantin Solo, bentuk penitis lebih membulat, seperti setengah bulatan telur ayam.

Godheg

Yang terakhir adalah bentuk godheg. Pada pengantin Yogyakarta, godheg memiliki ujung runcing seperti mata pisau, sedangkan pada pengantin Solo, bentuk godheg seperti kuncup bunga turi atau ngundup turi.

Warna Paes

Paes pada pengantin Yogyakarta biasanya berwarna hitam, apapun ragam tata riasnya. Namun pada pengantin Solo terdapat perbedaan warna. Paes pada pengantin Solo Basahan berwarna hijau, sementara paes pengantin Solo Puteri berwarna hitam.

Prada

Bila kamu sulit untuk menemukan berbagai perbedaan di atas, cukup perhatikan yang satu ini maka akan terlihat jelas bedanya! Prada atau serbuk emas yang ditaburkan di tepian paes hanya dapat ditemui pada pengantin Yogyakarta dengan tata rias Paes Ageng, Paes Ageng Jangan Menir, dan Paes Ageng Kanigaran. Sementara untuk paes yang digunakan pengantin Solo, apapun ragamnya tak ada satupun yang menggunakan prada.Bagaimana? Apa kalian sudah memahami apa saja perbedaan paes Yogyakarta dan Solo? Semua riasan tradisional Indonesia tentunya menonjolkan kecantikan budaya yang penuh makna. Jangan sampai salah pilih hanya karena kamu tidak paham ya Brides!

Photo : King Foto Indonesia

Paes : Mamie Hardo

 

Get Exclusive Access!
Sign up for our newsletter to get the updates