Tata Cara Adat
Suntiang Solok: Ciri Khas Klasik dengan Aksen Menarik
By The Bride Dept | 06 Dec 2023

Pengantin Sumatera Barat terkenal dengan mahkota kepala yang menjadi ciri khas keanggunan dan kemegahannya. Pesona keindahan pada busana sekaligus aksesori pengantinnya memberikan tampilan yang begitu menawan, salah satunya pengantin Solok. Ingin tahu lebih jelasnya? Simak selengkapnya di sini ya Brides!

Busana Pengantin Solok

Pengantin Solok identik dengan busana bernuansa hitam dengan material bludru. Biasanya busana pengantin yang digunakan adalah baju kurung dengan aksen sulaman emas. Baju kurung juga menjadi simbol menjaga harga diri dan martabat sang mempelai wanita sebagai calon ibu yang juga akan menjaga nama baik keluarga kelak. Namun seiring berjalannya waktu, banyak pengantin yang memodifikasi tampilannya jadi lebih modern dengan menggunakan kebaya kurung. Detail payet yang istimewa pun membuat tampilan kebaya tersebut jadi makin indah dan memesona.

Suntiang Solok

Selain busananya yang elegan, pengantin wanita Solok mencuri perhatian dengan suntiang yang dikenakannya. Mahkota kepala berupa pisang separak dan kote-kote yang juga hadir dalam nuansa warna hitam dan keemasan memberikan tampilan istimewa. Suntiang ini berasal dari kabupaten Solok dan dari segi bentuknya pun terlihat berbeda dengan suntiang biasanya. Suntiang Solok ini memiliki motif bunga pada bagian depan. Pada bagian beludru hitam terdapat detail payet berbentuk bunga yang sederhana.

Nah, suntiang ini juga dilengkapi dengan kote-kote yang menjuntai di bagian samping kiri dan kanan sehingga mempercantik tampilannya. Selain itu pengantin wanita Solok juga mengenakan giwang bunga cempaka yang menjepit telinganya. Sementara itu untuk membuat penampilan jadi makin sempurna beragam kalung bernuansa senada disematkan. Mulai dari kalung cekiek leher, kalung pinyaram dan juga kalung lebar.

Tampilan yang sangat menarik sekaligus mencuri perhatian ya Brides!

Photo : Venema Pictures

Bride : Rara Inasya

Attire : Myrna Myura

Adat : Puti Sarah Wedding

Get Exclusive Access!
Sign up for our newsletter to get the updates