The Wedding
Pernikahan Bold Elegan Adat Minang Viana & Rakha
By The Bride Dept | 14 Nov 2023

Nuansa adat Minang yang elegan dengan sentuhan warna bold memberikan tampilan glamor pada pernikahan pasangan ini. Perpaduan palet warna lembut dan tegas menampilkan suasana berbeda pada prosesi akad dan resepsi. Ingin lihat seperti apa? Simak pernikahan bold elegan adat Minang Viana & Rakha selengkapnya di sini!

Prosesi Lamaran

Viana & Rakha mengadakan acara lamaran pada tanggal 12 Februari 2023, di Cerita Rasa Jakarta. Dari awal kita mempersiapkan acara pernikahan, tidak ada rencana untuk melangsungkan lamaran. Namun karena permintaan sang Ibunda dari Viana, maka akhirnya kami melangsungkan lamaran yang intimate saja. Venue lamaran kami di dekor dengan elegan oleh Tuesday Project. Baju kurung dengan nuansa warna senada dari Patva membuat tampilan jadi lebih istimewa. Warna décor dengan dominasi palet peach menjadikan suasana makin hangat dan intimate.

Konsep Pernikahan

Pemilihan konsep acara pernikahan Viana & Rhaka menggunakan full adat Minang karena kebetulan kedua orangtua Viana dan Rhaka merupakan keturunan Minang. Pada prosesi akad tema Koto Gadang dengan nuansa warna silver memberikan tampilan memukau. Sedangkan resepsi mengusung tema Minang dengan nuansa warna yang bold yaitu bronze dan merah. Viana mengaku lebih fokus dan detail pada prosesi akad karena menurutnya akad itu momen yang sangat sakral. Sebelum hari pernikahan Viana dan Rhaka pun melakukan pingitan selama tiga minggu, sehingga saat bertemu di meja akad rasanya penuh haru!

Detail Dekorasi

Untuk dekorasi akad nikah, Viana memilih menggunakan kain 7 lapis dengan warna yang sesuai dengan pilihan dekor bunga. Untuk memberikan tampilan Koto Gadang yang khas detail seperti carano, handas, tiang payung, dan bantal gadang sukses mempercantik tampilannya. Pada dekorasi resepsi, tone warna bunga dan lighting yang berbeda dengan akad agar suasananya terasa beda. Viana memilih menggunakan bunga menjuntai di bagian pelaminan saja agar menjadikan centerpiece. Selain itu ada juga candelabra untuk memberikan kesan elegan dan ini juga menjadi salah satu dekor impian Viana. Backdrop dengan ilustrasi adat Minang pun membuat tampilannya jadi kian megah dan glamor. Beberapa minggu sebelum hari H Viana diberikan mock up flowers oleh tim Stupa Caspea apakah tampilannya sudah sesuai dengan impiannya. Seluruh bunga yang digunakan Stupa Caspea adalah fresh flower sehingga hasilnya pun begitu sempurna!

Make Up & Hair Do

Untuk make up Viana percayakan pilihannya kepada Bennu Sorumba. Viana bahkan melakukan booking sejak September 2022 sedangkan pernikahan kami dilangsungkan Juni 2023. Ia hanya meminta riasan akad yang lebih soft daripada makeup resepsi. Saat akad tampilan make up flawless glamor jadi pilihan yang tepat. Untuk resepsi tentunya signature make up Bennu Sorumba yaitu Hollywood Glam membuat tampilan jadi istimewa. Untuk tatanan rambut, Viana mengaku menyesuaikan semuanya dari sanggar Des Iskandar karena saat akad ia mengenakan penutup kepala Talakuang & resepsinya menggunakan Suntiang. 

Rancangan Busana

Busana yang dikenakan Viana dan Rhaka saat akad nikah seluruhnya rancangan Galih Prakarsa dan disempurnakan dengan aksesori dari Des Iskandar. Payet yang apik membuat baju kurung ini makin elegan. Pemilihan kain songket yang kami gunakan pun Viana & Raka memilihnya sendiri. Untuk Songket ini kami sengaja memesannya langsung dari Padang untuk mendapatkan motif yang sesuai pilihan.

Sedangkan untuk attire resepsi, Viana mempercayakan pada Studio Boh. Ia mengaku hanya meminta kebaya dengan detail train bulat yang tidak terlalu panjang. Warna busana resepsi kami adalah bronze karena bosen dan mainstream dengan palet emas. Kedua busana baik yang dikenakan saat akad maupun resepsi semuanya berdetail full payet. Permintaan dari Mba Penny & Mas Galih pada setiap fitting adalah untuk stop melakukan diet karena selalu ada bagian yang harus disesuaikan ukurannya.

Prosesi Pengajian

Kami berdua menggelar prosesi pengajian sebelum hari pernikahan yang intimate saja. Kesibukan kami berdua pun menjadi salah satu keterbatasan sehingga kami tidak bisa melangsungkan prosesi adat lainnya. Busana yang dikenakan Viana saat pengajian merupakan karya Galih Prakarsa sedangkan untuk robe pengajian Viana memilih Hlaii. Dekorasi berwarna putih yang dibuat Tuesday Project membuat suasana semakin hangat.

Foto Prewedding

Untuk prewedding sendiri, Viana dan Rakha memilih dua tema yang berbeda. Foto prewed dengan tampilan bernuansa putih dan modern ethnic yang diambil oleh Bidikan Memori. Kemudian untuk foto prewed yang kedua, Viana mempercayakan pada Morden.co dengan tiga look berbeda yaitu tradisional Javanese, Sundanese dan tema ulang tahun.

Pernikahan Impian

Kami bertemu di bangku SMA pada tahun 2012, karena nama kami berawal dari R dan V setiap ujian Viana dan Rakha selalu duduk berdekatan. Komunikasi kita hanya sebatas Viana yang selalu menanyakan jawaban setiap ujian ke Rhaka. Satu waktu saat Viana pulang kantor tahun 2021, ada DM masuk di akun Instagram milikinya dan itu dari Rhaka. Viana mengaku kaget karena isi DM tersebut adalah ungkapan perasaan yang Rhaka pendam selama 10 tahun lamanya. Ia tidak sadar jika Rhaka ternyata suka kepadanya dari awal pengenalan masa SMA. Bulan puasa tahun 2021 akhirnya kita buka puasa bersama (inilah pertemuan pertama kita lagi sejak 2015).

Rupanya setelah pertemuan itu, Rhaka make a move. Alhamdulillah gimana caranya perjalanan Viana dan Rhaka yang sangat singkat rasanya dipermudah sekali jalannya. Kemudian di hari ulang tahun Viana yang ke-25, Rhaka memberikan surprise lamaran kepadanya. Rupanya beberapa bulan sebelum Rhaka melamar, ia sudah berbicara langsung kepada kedua orang tua Viana tentang hal ini.  

Dalam mewujudkan pernikahan impian ini, seluruh persiapan Viana & sang ibunda menanganinya sendiri. Tidak ada campur tangan orang lain karena menurutnya jika terlalu banyak kepala akan jadi bingung dan memusingkan. Pelan-pelan merapikan semuanya sendiri dan Alhamdulillah semua sesuai dengan keinginannya. Apalagi vendor-vendor yang sangat baik dan membantu semuanya membuat momen ini terasa lebih istimewa. Tentu saja Viana dan sang mama dibantu oleh Tiara Josodirdjo sebagai Wedding Organizer mereka. Tim Wedding Organizer yang benar-benar sangat membantu. Jika harus memilih tema tentunya klasik traditional for the win! Acara akad nikah & resepsi pernikahan Viana & Rakha ini dilangsungkan di Four Seasons Jakarta.

Top three vendor pada pernikahan bold elegan adat Minang Viana & Rakha:

Wedding Organizer : Tiara Josodirdjo Associate

Decoration : Stupa Caspea

Designer Akad : Galih Prakarsa

Terima kasih kepada seluruh vendor yang membuat pernikahan kami semakin sempurna!

Prewed Vendors 1

MUA : Bysuaroi

Stylist : Style by Alyssia

Photographer : Bidikan Memori

White dress : Hlaii

Prewed Vendors 2

MUA : Raudha Caesaronthya

Hair do : Wantie Hairstylist

Attire : Anggun Busana

Photographer : Morden.co

Stylist : Style by Alyssia

Vendor lamaran

Venue : Cerita Rasa

MUA : Allyssa hawadi

Hairdo : Maulana Latief

Baju kurung : Patva.id

Songket & Selendang : Uni Mira

Batik Rhaka : Tenun Sutera Isam

Wedding Organizer lamaran: PrideBride

Photography & Videography : Morden.co

Vendor Pengajian 

Attire : Galih Prakarsa

Decoration : Tuesday Project

MUA : Raudha Caesaronthya

Hairdo : Beautybycet

Team Sholawat : assyifa.teamsholawat

Photography & Videography : Morden.co

Buku Pengajian & Souvenir : Titegift

Pengajian robe : Hlaii

Vendor Wedding

Decoration : Stupa Caspea 

Venue : Four Seasons Jakarta

MUA : Bennu Sorumba

Entertainment : All Star Music Entertainment

Design illustration & invitation : Duarana

Wedding Organizer : Tiara Josodirdjo Associate

Lighting : Lumens Indo

DJ After party : Anton Wirjono

Photography & Videography : Morden.co

Wedding robe : Hlaii

Style Guide
Style
Traditional
Venue
Hotel
Colors
Vendors That Make This Happened
Events Styling & Decor
Bride's Attire
Bride's Attire
Make Up Artist
Photography & Videography
Invitation
Lighting
Entertainment
Bride's Attire
Get Exclusive Access!
Sign up for our newsletter to get the updates
Get Exclusive Access!
Sign up for our newsletter to get the updates