The Wedding
Romantic Palace Garden Theme pada Pernikahan Syifa & Pakin
By The Bride Dept | 05 Dec 2023

Menyajikan visual layaknya istana dan kebun klasik di Verona, Italia, pernikahan pasangan ini memberikan suasana yang begitu romantis. Perpaduan konsep tradisional Palembang dan Sunda menjadikan momen bahagia Syifa & Pakin jadi lebih memukau. Simak cerita selengkapnya di sini!

Konsep Lamaran

Acara lamaran kami diadakan di kediaman mendiang kakek Syifa yang sejak lama ia impikan. Rumah ini menyimpan banyak kenangan bagi Syifa. Pada lamarannya ini, ia pun memilih dekorasi dengan dominasi warna maroon, pink dan emas. Tim Rustique Decoration berhasil membuat rangkaian bunga yang cantik ditambah dengan detail ronce-ronce melati dan hiasan lampu chandelier. Untuk busana lamaran, Syifa memilih bahan french lace berwarna champagne-pink dengan potongan klasik semi-square neckline. Sedangkan, Pakin memakai kemeja tenun dengan warna senada rancangan dari Batik Concept Store.

Konsep Pernikahan

Karena kecintaan Syifa pada seni, dekorasi dan estetika, di hari pernikahannya hal tersebut jadi priorita utama. Oleh karena itu Syifa memilih venue Sampoerna Strategic Square yang memiliki interior lobby European yang sangat cantik. Selain itu detail seperti ceiling kaca, grand stairs, dan chandelier yang mewah memenuhi keinginan visual Syifa.

Konsep pernikahan kami mengambil tema Palace Garden yang terinspirasi dari salah satu film favorit Syifa, Letters to Juliet. Tampilan visual layaknya istana dan kebun kerajaan tua di Verona, Italia tersaji indah dalam momen bahagia keduanya. Desain pelaminan dengan latar dinding istana yang tersusun dari batu bata tua, ditambah aksen garden gate berwarna hijau memberikan tampilan yang penuh pesona. Syifa juga ingin tampilan penuh statement dengan menggunakan chandelier, daun-daun yang menjuntai, dilengkapi dengan rangkaian bunga berwarna vibrant. Syifa memilih warna bunga yang didominasi oleh fuschia, pink, ungu, dan orange untuk menambah kesan ‘lively & fun’.

Akad nikah bernuansa Palembang dilangsungkan di area lobby Sampoerna Strategic Square dengan tema dekorasi traditional garden. Dilengkapi dengan elemen tradisional seperti lemari dan kapal khas adat Palembang yang memberikan kesan etnik. Pada dekorasi akad nikah, dedaunan hijau dan pohon merambat lebih ditonjolkan, dengan aksen bunga maroon, soft pink, dan ungu. Sentuhan tradisional ini dipilih untuk menambah suasana sakral pada prosesi adat Palembang. Prosesi adat seperti cacap-cacapan dan suap-suapan pun membuat momen akad nikah semakin memorable.

Saat Syifa menyerahkan moodboard dan desain pada Rumah Kampung Decor, Mas Fajar dan Tim menambahkan detail-detail pelengkap yang membuat semuanya menjadi lebih manis dan mewah. Sedangkan untuk lighting, Syifa menyampaikan keinginannya pada Juns Lighting untuk pencahayaan warm tone untuk memberikan kesan klasik dan mewah. Namun tapi tetap natural layaknya sinar matahari.

Make Up & Hair Do

Sejak lama, Syifa mengikuti Kak Fidel Herta dan selalu kagum dengan hasil make-up nya yang natural, flawless, dan sangat detail. Kak Fidel tahu betul cara enhance our own beauty tanpa “mengubah” wajah asli. Untuk akad nikah, tampilan Palembang Aesan Gede yang megah jadi pilihan menawan. Riasan untuk akad nikah dibuat soft glamor dengan lipstik berwarna merah untuk mengimbangi megahnya pakaian adat Palembang.

Sementara pada resepsi, Syifa memilih Siger Sunda yang merupakan impiannya sejak lama. Ia memilih GSE Ekayana untuk tatanan rambut khas adat Sunda. Saat memilih siger ini, Syifa mengaku sulit untuk menentukan pilihan. Pada akhirnya siger dengan nama Larasati yang bernuansa silver dan emas jadi pilihan sempurna. Ditambah lagi dengan kembang goyang dan ronce melati yang menjuntai sukses menyempurnakan tampilan keseluruhannya. Riasan resepsi dibuat lebih soft dengan lipstick berwarna rosy-mauve yang membuat penampilan makin flawless dan timeless.

Rancangan Kebaya

Syifa memilih desainer Gugi Nugraha untuk kebaya akad nikah dan resepsi. Kebaya rancangan Mas Gugi selalu mempesona, dengan detail taburan payetnya yang cantik. Pemilihan warna kebaya akad nikah jatuh pada warna terracotta dengan tambahan train yang dipadukan dengan songket khas Palembang. Senang sekali karena warna ini ternyata sangat cocok dipadukan dengan riasan adat Palembang yang identik dengan warna merah.

Sedangkan warna champagne jadi pilihan Syifa untuk kebaya resepsi. Kebaya ini juga dilengkapi dengan train menyerupai cape yang sengaja dipilih untuk memberikan kesan grande, walaupun warna dasar kebayanya soft. Warna champagne ini sangat mengimplementasikan riasan adat Sunda yang dipakai Syifa dan tetap stand-out di tengah warna dekorasi yang vibrant!

Prosesi Pengajian

Pengajian diadakan satu minggu menjelang hari H, hal ini karena Syifa dan keluarga ingin ada minggu tenang agar saat hari pernikahan tidak kelelahan. Pengajian dilaksanakan di lokasi yang sama dengan lamaran, yaitu rumah mendiang kakek Syifa. Busana dengan nuansa soft sage jadi pilihan Syifa untuk tampil penuh pesona di momen ini. Dekorasi dengan bunga bernuansa pink dan ungu memberikan suasana yang hangat sekaligus sakral.  

Foto Prewed

Syifa & Pakin melakukan foto prewedding di Sampoerna Strategic Square. Gedung ini memiliki banyak sekali sudut-sudut estetik, jadi tidak akan kehabisan spot foto! Terdapat tiga tema pada prewed mereka, yang pertama adalah adat Jawa.  Syifa yang merupakan keturunan Jawa, selalu merasa penasaran bagaimana rasanya memakai paes pengantin Jawa. Namun, karena aku sudah memutuskan memakai adat Sunda dan Palembang di hari H, maka ia memilih untuk dirias full adat jawa saat prewedding! Tema kedua konsepnya adalah berkain. Syifa dan Pakin memakai kain batik yang diwariskan turun temurun milik keluarga. Tema ketiga, yaitu formal-international dengan menggunakan flare dress hitam dan setelan Jas hitam.

Pernikahan Impian

Pertemuan pertama kami berlangsung pada tahun 2011. Saat itu kami duduk di bangku SMP dan bertemu di sebuah tempat Bimbingan Belajar (bimbel) untuk ujian akhir. Singkat cerita, kami berteman baik hingga diterima di sekolah impian kami, SMA Labschool Kebayoran. Namun selama SMA, kami terpisah karena berbeda jurusan­. Tiga tahun berlalu, pada acara Prom Night, Pakin akhirnya berani menyapa Syifa. Sejak saat itu, ia menjadi lebih sering mengajak mengobrol hingga akhirnya kami memutuskan untuk saling mengenal lebih jauh. Kesibukan kuliah membuat kami jarang bertemu dan merasakan LDR. Namun dengan kesabaran dan support satu sama lain, kami berhasil melewati masa-masa tersebut. Sembilan tahun berlalu, Pakin melamar Syifa, dan memutuskan untuk menikah di bulan Juli 2023.

Untuk mewujudkan pernikahan yang sesuai dengan ekspektasi, Syifa memulainya dengan melakukan perencanaan yang detail. Pertama, menyatukan ekspektasi kedua keluarga, mulai dari konsep acara, jumlah tamu, hingga hal-hal kecil lainnya. Kemudian, membuat checklist vendor dan seluruh hal yang harus dilakukan, juga menentukan prioritas dan timeline dari checklist tersebut. Terakhir yang penting banget! Membuat budgeting untuk seluruh rangkaian acara, supaya semuanya on track dan tidak overbudget! Syifa, Pakin, dan keluarga semuanya kompak menyukai konsep acara tradisional. Bagi kami, dalam upacara pernikahan adat tradisional terdapat banyak sekali makna-makna kehidupan yang indah. Oleh karena itu prosesinya jadi makin terasa sakral dan khidmat.

Top vendor pilihan dalam momen Romantic Palace Garden Theme Syifa & Pakin:

Attimo Photography

Mas Sancoyo dan tim sangat ramah, seru, dan profesional! Semuanya memiliki taste yang bagus, hardworking dan helpful banget selama sesi foto. Timnya lucu dan seru, jadi mood tetep bagus walau capek selama acara. Puas banget milih Attimo untuk mendokumentasikan seluruh rangkaian acara hari bahagia kami.

Alfabet Catering

Banyak tamu yang memuji makanan di hari pernikahanku! Semua makanannya enak, variatif, dan tim Alfabet juga sangat fleksibel dan ramah.

Femme43 Wedding Organizer

Bersyukur sekali ditemukan dengan Femme43. WO ini juga sudah menangani pernikahan kakak-kakakku. Mbak Adeng dan tim selalu gesit, komunikasinya baik, dan yang paling penting punya cara problem solving yang baik.

Rumah Kampung Décor

Mas Fajar dapat diajak berdiskusi dan bertukar pikir dengan baik, seluruh request-ku dituruti, dan hasil dekornya cantik sekali.. sangat memuaskan!

Terima kasih kepada seluruh vendor yang membuat pernikahan kami jadi makin sempurna!

Venue : Sampoerna Strategic

Wedding Organizer : Femme 43

Decoration : Rumah Kampung Décor

Lighting : Juns Lighting

Attire : Gugi Nungraha

Busana Keluarga : Mahkota Sriwijaya

Pemandu Adat : GSE Ekayana

Photo & Video : Attimo Photography

Photobooth : Loyal Photobooth

Live streaming akad : Reddot Live Streaming

Catering : Alfabet Catering

MC : Truly Entertainment & Henry Brillianto

Souvenir : Jakarta Souvenir

Penerima Tamu : Usherindo Agency

Invitation : Batik card Tebet

Style Guide
Style
Traditional
Venue
Hall
Colors
Vendors That Make This Happened
Wedding Organizer
Events Styling & Decor
Bride's Attire
Pemandu Adat
Photography & Videography
Event Rental
Master of Ceremony
Invitation
Get Exclusive Access!
Sign up for our newsletter to get the updates
Get Exclusive Access!
Sign up for our newsletter to get the updates