Financial Tips
Tips Finansial: Siapkan Tabungan Pernikahan dari Sekarang Yuk!
By The Bride Dept | 14 Apr 2023
Kamu dan pasangan sedang merencanakan pernikahan? Menikah pasti jadi momen yang dinantikan oleh setiap orang, namun hal ini tentunya membutuhkan biaya yang tak sedikit. Jika kamu dan pasangan sudah sepakat untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan, sebaiknya tabungan pernikahan disiapkan sedari dini. Simak tips finansial: siapkan tabungan pernikahan dari sekarang yuk!

Membuat Anggaran Keuangan

Memiliki anggaran keuangan yang jelas pastinya dapat membuat kamu dan pasangan lebih mudah dalam menentukan jumlah biaya yang diperlukan. Oleh karena itu, cobalah untuk membuat estimasi biaya dengan melakukan riset dari berbagai vendor. Pastikan kamu juga mendapat rincian yang jelas mengenai harga sewa gedung, catering, baju pengantin dan detail lainnya. Jangan sampai ada yang terlewat agar kamu bisa lebih mudah mengalokasikan budget!

Membuat Rekening Khusus

Agar biaya pernikahan yang kalian kumpulkan tetap aman dan tidak terganggu dengan kebutuhan lain, membuat rekening khusus adalah opsi tepat! Rekening tersebut nantinya dapat digunakan oleh kamu dan pasangan untuk sama-sama menyimpan dana juga mengatur pengeluaran pernikahan. Membuat rekening khusus juga dilakukan agar kamu dan pasangan bisa berlatih konsisten dan saling berkomitmen untuk menabung bersama.

Konsisten Menabung Sesuai Target

Saat kalian sudah memiliki rekening khusus untuk menikah, jangan lupa untuk tentukan targetnya ya! Misalnya saja estimasi jumlah biaya yang dibutuhkan sebesar Rp 100 juta untuk menikah tahun depan. Jadi kamu dan pasangan harus menyisihkan 8-9 juta per bulannya. Tentu saja jumlah tersebut dibagi dua dengan pasangan ya! Biaya tersebut juga bisa berubah jika target waktunya masih dalam jangka panjang. Yakinlah seberapa besar dan sulitnya, jika kamu juga pasangan selalu konsisten hasilnya akan sempurna!

Menyiapkan Dana Tidak Terduga

Saat menikah, pasti akan ada banyak sekali pengeluaran lain yang mungkin belum diperhitungkan. Untuk mengatasi adanya berbagai keperluan mendadak, kamu wajib menyiapkan dana tak terduga! Sehingga saat ada pengeluaran mendadak yang diperlukan, kamu tidak akan sulit untuk mengatasinya. Besarnya dana tidak terduga ini bisa diperhitungkan sebesar 20% dari target biaya pernikahan.

Mengatur Kebutuhan Prioritas

Selama mempersiapkan biaya pernikahan ini, kamu dan pasangan wajib menentukan prioritas pengeluaran ya! Tentukan kebutuhan prioritas dan yang tidak agar lebih mudah dalam mencapai target. Dengan memotong pengeluaran yang tidak terlalu penting, pastinya akan menambah besaran uang yang disimpan ke dalam tabungan bersama.Itulah tips finansial: siapkan tabungan pernikahan dari sekarang yuk! Agar kamu dan pasangan tidak panik dalam mempersiapkan biaya sekaligus juga dapat lebih teratur dalam mengelolanya!   
Get Exclusive Access!
Sign up for our newsletter to get the updates