Meet The Expert
Enhance Natural Beauty ala Andisya Meutia
By The Bride Dept | 08 May 2024

Setiap riasan pasti memiliki karakter masing-masing yang tentunya disesuaikan dengan kliennya tersebut. Lewat make up, Andisya Meutia menceritakan bagaimana mengawali kariernya sebagai salah satu make up artist professional! Penasaran? Simak cerita selengkapnya di sini!

Apa arti make up untuk Andisya?

Arti makeup bagi setiap orang bisa berbeda-beda, tapi menurutku makeup bukan hanyalah sekedar kosmetik, makeup is a powerful tool that can boost confidence and self-esteem. Makeup bisa menghilangkan rasa insecure yg ada dalam diri kita dan mengekspresikan mood kita.

Apa alasan Anda untuk terjun dalam bidang ini?

Sejujurnya aku tidak menyangka akan menjadi seorang makeup artist, karena sebelumnya aku kuliah di Fakultas Ekonomi. Singkat cerita dulu wajahku sempat breakout parah, setiap keluar rumah atau bertemu orang aku selalu berusaha untuk menutupi semua jerawatku dengan full cover foundation. Semenjak itulah aku tertarik dengan makeup dan mulai menonton tutorial-tutorial makeup yang ada di Youtube.

Setelah itu, sahabatku akan melangsungkan wisuda, kemudian dia meminta tolong aku untuk meriasnya dan hasilnya aku post di Instagram Story. Aku tidak menyangka ternyata lumayan banyak yang tertarik. Karena pada saat merias wajah seseorang aku merasa sangat enjoy dalam setiap prosesnya, sehingga akhirnya aku memutuskan untuk fokus di bidang ini kemudian mengambil private class makeup dengan beberapa MUA professional. Hingga sekarang aku menjadi full time Makeup Artist.

Bagaimana awal bergabungnya dengan team Marlene Hariman Management?

Awalnya, aku apply via direct message Instagram waktu Mba Marlene sedang membuka recruitment untuk managementnya di tahun 2019. Setelah melakukan test & wawancara, Alhamdulillah aku diterima. Ternyata, aku satu-satunya member yang dipilih secara random dari Instagram.

Bagaimana signature style yang ditawarkan Andisya?

Enhance their natural beauty, adalah tujuanku dalam merias wajah seseorang. Aku ingin mereka terlihat dan merasa cantik di hari spesialnya dengan look makeup ku yang soft, natural, dan timeless, namun tetap terlihat fresh sehingga tidak menutupi kecantikan alami yang dimiliki oleh masing-masing client.

Bagaimana Anda mewujudkan permintaan klien yang challenging?

Setiap makeup artist pasti memiliki signature style masing-masing, tetapi kalau client memiliki permintaan tertentu, sebelumnya bisa diskusikan terlebih dahulu supaya aku bisa menyesuaikan kemampuanku dan memberikan saran yang terbaik. Karena bagaimana pun juga kepuasan client adalah hal yang paling penting.

Make up engagement atau wedding apakah yang paling berkesan untuk Anda?

Tiap sesi makeup dengan client memiliki kesan masing-masing yang berbeda, tapi selama aku berkarir menjadi makeup artist, pengalaman yang paling berkesan adalah bukan dari sesi makeup engagement ataupun wedding. Pengalaman paling tak terlupakan saat aku merias sister of the bride dan client-nya adalah mba Marlene Hariman! Deg-degan sekaligus excited, rasanya seperti sedang uji nyali!

Apa saja yang menjadi inspirasi Anda dalam merias seorang klien?

Hal paling utama yang sering menjadi inspirasiku dalam merias klien adalah outfit yang dikenakan saat acara tersebut, terutama dari segi model dan warnanya. Biasanya dari sana aku bisa menentukan makeup seperti apa yang cocok, apakah natural atau sedikit bold, apakah warm tone atau cool tone, dan lain-lain.

Apa tip Anda untuk para bride-to-be yang sedang mempersiapkan atau memilih make up yang sempurna untuk pernikahannya?

Tip dari aku untuk para bride-to-be dalam memilih makeup untuk hari pernikahannya adalah pastikan style makeup MUA yang dipilih sesuai dengan gaya yang kalian suka. Perhatikan dengan detail portofolionya, karena walaupun request client bisa didiskusikan tapi pasti setiap MUA punya ciri khas masing-masing yang tidak dapat sepenuhnya diubah. Selain makeup, kulit client juga perlu dipersiapkan sebelum hari H, perlu diingat bahwa makeup dapat menutup warna tapi tidak dapat menutup tekstur. Terakhir, hindari stress agar aura kalian terpancar di hari H nanti! Goodluck untuk para bride-to-be!

Get Exclusive Access!
Sign up for our newsletter to get the updates