Meet The Expert
Meet The Expert : Keindahan Warisan Nusantara Dalam Kreasi Busana Kaingara
By The Bride Dept | 19 Feb 2024

Memiliki kecintaan terhadap dunia mode dan budaya Indonesia yang kaya, membuat Syarifah Sara menuangkan karya-karya indahnya dalam busana apik untuk membantu mewujudkan wedding dream attire para calon pengantin. Ingin tahu cerita selengkapnya? Simak di sini!

Bagaimana awal mula terbentuknya Kaingara?

Syarifah Sara, designer Kaingara Studio menyelesaikan studi fashion di Esmod Jakarta dan mendirikan Kaingara Studio pada tahun 2021. Ia pun memantapkan hati untuk mendirikan Kaingara sebagai labelnya. Diambil dari bahasa sanskrit, Kaingara berasal dari kata “Kanigara” memiliki arti pakaian pernikahan untuk putra putri raja. Hal tersebut memiliki makna berkesan bagi Sara selaku disainer dibalik Kaingara Studio.

Apa alasan Anda untuk terjun dalam bidang ini?

Fashion adalah passion Sara sejak masih sekolah. Saat duduk di bangku sekolah menengah atas, menggambar adalah hobby aku, semenjak kecil saya sudah mengikuti les menggambar dan hal itu sudah dilakukan semenjak masih duduk di Pre-School. Di mulai dengan kecintaanya terhadap budaya yang selalu dituangkan dalam bentuk pakaian, alasan utama lainnya sehingga akhirnya bergerak menjadi designer adalah ingin terus berkontribusi dalam membudidayakan warisan-warisan dari tanah air yang akan dituangkan dalam karya. Selain itu tentunya saya ingin membantu untuk mewujudkan wedding dream attire bagi para bride & groom to be.

Bagaimana signature style yang ditawarkan Kaingara?

Define every pieces by combining elements form indonesian culture with modern style. resulting in an electrical mix of vibrant color and delicate embellishment. each pieces of what we make is hand embroidered with original patch work, with a painstaking attention to details. the label’s ethereal gowns offer bold yet elegant alternative to traditional or special occasion attire.

Penggabungan warna vibrant dengan detail beading yang apik, kreasi bordir bermotif cantik jadi hal menarik dalam setiap busana dan kebaya rancangan Kaingara.

Bagaimana Anda mewujudkan permintaan klien yang challenging?

Selalu happy inside and out and excited at the same time untuk bertemu para calon pengantin yang memiliki visi dalam mewujudkan busana impian yang mereka inginkan. Untuk mewujudkan permintaan yang challenging tentunya aku akan melakukan brainstorming dengan bride-to-be untuk lebih mengetahui personality-nya. Selain itu kami juga mendiskusikan bagaimana keinginannya selanjutnya yang akan dituangkan dalam satu karya. Meskipun aku baru sebagai designer tapi harapanku rancangan yang aku buat akan dapat menunjang penampilan para calon pengantin secara keseluruhan di hari bahagianya sehingga dapat bersaing dan tidak dipandang sebelah mata dengan yang lainnya.

Rancangan kebaya engagement atau wedding apa yang paling berkesan untuk Anda?

Semua Bride memiliki kesan tersendiri di hati Sara sebagi designer, dengan keberagaman yang tentu saja berbeda-beda. Salah satu yang paling berkesan adalah membuatkan kebaya resepsi Mba Savira & Mas Denyndra. On our first meet, Mba Savira hanya request ingin membawa budaya Jawa dalam pernikahannya lengkap dengan semua prosesi adat. Kemudian untuk design Mba Savira mempercayakan semuanya untuk aku develop, permintaannya hanya satu yaitu ia ingin warna yang berbeda dari kebaya pada umumnya. Selanjutnya sebagai designer, aku memilih untuk mencelup warna bernuansa terracotta dengan mix warna taupe dan redwood untuk bisa menghasilkan warna yangg diingikan yaitu “Sundial”.

Memadukan motif sidomukti dan kawung dengan motif Jawa Timur yang mana merupakan tempat asal dari Ibunda Mba Savira yang dituangkan dalam hand embroidery. Untuk motif Jawa Timur bersifat naturalis karena motif dari Jawa Timur tidak memiliki pakem tertentu. Selain itu, daerah geografis Jawa Timur pun jauh dari Keraton di Yogyakarta dan Surakarta, yang terikat pakem budaya Keraton.

Apa saja yang menjadi inspirasi Anda dalam merancang busana seorang klien?

Inspirasi utama dari merancang attire klien adalah personality dari klien itu sendiri, roots, dan keinginan dari klien yang akan dituangkan ke dream attire-nya. Hal paling utama tentunya kita harus membuat bride-to-be-nya happy dan nyaman dengan apa yang aku buat.

Apa tips Anda untuk para bride-to-be yang sedang mempersiapkan atau memilih rancangan busana yang sempurna untuk pernikahannya?

To all dearest bride-to-be, selain memantapkan hati untuk attire seperti apa yang diinginkan, nyaman dan kamu banget, sangat penting juga untuk berkomunikasi dengan designer pilihan kalian. Karena komunikasi yang baik dan lancar dapat membantu dan mempermudah mewujudkan sekaligus menyelaraskan busana pengantin yang kamu impikan.

Get Exclusive Access!
Sign up for our newsletter to get the updates