The Wedding
Modern Bataknese Wedding Ryka & Vio
By The Bride Dept | 17 Jan 2024

Perpaduan konsep nasional, tradisional dan modern yang apik menjadikan pernikahan Ryka & Vio begitu mencuri perhatian! Prosesi adat yang menjadi daya tarik tentunya membuat momen keduanya semakin istimewa. Bagaimana cerita selengkapnya? Simak di sini yuk Brides!

Konsep Pernikahan

Pada pernikahan Ryka dan Vio ini sebenarnya ada tiga acara yang dilangsungkan dalam satu hari. Pertama tentunya prosesi akad nikah yang mengusung tema nasional modern. Busana yang dipilih yaitu kebaya dan beskap lengkap dengan padanan kain songket klasik bernuansa putih. Nuansa warna putih diusung untuk menampilkan kesan elegan dan sakral pada prosesi akad nikah itu sendiri.

Acara kedua yang dilangsungkan siang hari yaitu prosesi adat Mangupa-Upa. Prosesi adat Mandailing, Tapanuli Selatan yang merupakan daerah asal Ryka. Konsep acaranya sendiri dibuat lebih singkat dan tujuannya tentu untuk mendoakan hal-hal baik, memberikan semangat, serta nasehat-nasehat untuk pengantin baru. Prosesi ini juga merupakan ungkapan kasih sayang seseorang (biasanya kedua orang tua & keluarga ini) kepada orang yang diupa-upa (pengantin).

Ketiga, acara resepsi pada malam hari yang kembali mengangkat konsep nasional modern. Ryka mengaku tetap ingin ada sentuhan tradisional, sehingga terdapat prosesi kirab, tetap ada penari tor-tor yang dilengkapi musik gondang Batak. Tentunya, kami sebagai pengantin juga ikut menari tor-tor di atas panggung diiringi lagu tradisional Batak. Agar fulfil the whole outfit, Ryka juga merancang hair piece yang mengangkat mahkota adat Batak yaitu Bulang dengan tampilan lebih chic sekaligus modern.

Make Up & Hair Do

Untuk riasan di hari istimewanya, Ryka mempercayakan pilihannya pada Marlene Hariman. Pada prosesi adat di pagi hari, make up dengan tema soft glam menjadi pilihan untuk menampilkan kesan yang anggun sekaligus elegan. Sedangkan pada acara resepsi, tema bold glam dengan lipstick merah ikonik ala Marlene Hariman menjadi pilihan sempurna! Untuk tatanan rambut, Ryka memilih Woko yang membuat tatanan low bun klasik yang menawan.

Rancangan Kebaya

Mulai dari prosesi lamaran, akad nikah hingga acara adat, Ryka percayakan pilihannya kepada Mba Rika Wirtjes. “Mba Rika sih the best ya! aku request pengen pakai kebaya akad yang basic-nya off white, tapi since aku kurang suka warna basic, jadi payetnya semua harus sparkling! Jadi Mba Rika membuat kombinasi payet warna krem, peach, pink dan gold yang sangat memesona!”. Kebaya yang dikenakannya begitu anggun dengan back details yang klasik. Hasilnya indah sekali, like what I expected to be! simple, tapi tetap with a romantic touch. 

Sedangkan untuk resepsi, Ryka merancang kebaya pilihannya kepada Mba Penny, Studio Boh. Warna ungu yang menjadi palet favorit Ryka jadi warna sempurna untuk busana resepsi ini. “Aku meminta ke Mba Penny ingin pakai ungu tapi tidak mau dangdut! hehe akhirnya french lace-nya di celup di Bindu Samtani sampai mendapatkan tone warna yang diinginkan Ryka". Untuk warna payetnya sendiri, Ryka percayakan kepada Mba Penny. Ryka hanya meminta detail pada punggung yang klasik dengan sentuhan tradisional. Selain itu di bagian ekornya Ryka meminta untuk menampilkan detail yang menunujukkan latar belakang keduanya. Karena Vio berdarah Jawa Madura sehingga terdapat motif kuda terbang sumenep dan wayang jaya. Sedangan Ryka yang berdarah Batak digambarkan dengan bordir bergambar bulang dan rumah adat Bagas Gondang. Hasilnya tak perlu diragukan lagi ya, Studio Boh made it so worth it!

Pernikahan Impian

Untuk mewujudkan modern Bataknese wedding Ryka & Vio, menurut mereka hal pertama yang dilakukan adalah pastikan kalian mempunyai moodboard dan tema pilihan! Setelah itu kita akan menemukan berbagai detail turunannya. Acuan tersebut juga akan memudahkan kita untuk memilih vendor yang tepat. Terakhir jangan lupa untuk sesuaikan dengan budget masing-masing ya! Tapi menurut versi Ryka, karena ia sudah mengatahui konsep apa yang diinginkan jadi ia sampaikan kepada vendor pilihannya dan mempercayakan seluruhnya kepada mereka. 

“Jadi bisa dibilang aku bridechillax banget sampe di hari H pernikahan, karena aku put all the trust in my vendors!”. Ryka mengaku lebih menyukai tema modern national with touch a of traditional, dan sudah ia realisasikan di pernikahannya ini. Hasilnya, it turned out very well! Momen bahagia yang dilangsungkan di Fairmont Hotel, Jakarta ini memang begitu memukau dan mencuri perhatian!

Top three vendor dalam momen Modern Bataknese Wedding Ryka & Vio

Make Up Artist : Marlene Harliman

Attire : Studio Boh

Photographer : Venema Pictures

Terima kasih untuk seluruh vendor yang membuat acara ini semakin sempurna!

Make Up Artist : Marlene Harliman

Hair do : Woko S

Photographer & Videographer : Venema Pictures by abcdamar

Kebaya akad : Rika Wirtjes

Kebaya resepsi : Studioboh

Beskap groom : Studioboh

Shoes : Esmee Studio

Decoration : Artsy Design

Venue : Fairmont Jakarta

Customized Headpiece : Hummingbirdroad

Wedding Organizer : Tirta Organizer

Candid moments : Fatahillah Ginting

Entertainment : The Soulful Band

MC : Bovit Halim & Arief Taqien

Accessories adat : Vienna Gallery

Bridal robe : Puan Atelier

Souvenir : The head and body

Photobooth : 83photostudio

Keepsake : Madebyarti

 

 

 

 

Style Guide
Style
Traditional
Venue
Hotel
Colors
Vendors That Make This Happened
Events Styling & Decor
Wedding Organizer
Photography & Videography
Bride's Attire
Bride's Attire
Make Up Artist
Hair Do
Jewellery & Accessories
Jewellery & Accessories
Wedding Shoes
Photobooth
Entertainment
Master of Ceremony
Master of Ceremony
Bride's Attire
Invitation
Get Exclusive Access!
Sign up for our newsletter to get the updates
Get Exclusive Access!
Sign up for our newsletter to get the updates