Fashion & Beauty
Siger Sunda: Anggun dan Penuh Pesona
By The Bride Dept | 27 Feb 2023
Beragam suku di Indonesia sangatlah berpengaruh terhadap busana maupun aksesori pernikahan. Setiap daerah tentu memiliki ciri khas masing-masing. Salah satunya pernikahan di daerah Jawa Barat dimana sang pengantin wanita mengenakan Siger. Ingin tahu makna dibalik keindahan mahkota kepala ini? Simak Siger Sunda: Anggun dan Penuh Pesona di sini!

Siger Sunda

Tanah Sunda memang terkenal akan mojang-mojangnya yang cantik dan anggun. Selain itu daerah ini pun memiliki ciri tersendiri pada busana pengantin yang dikenakan khususnya mempelai wanita. Busana pengantin adat Sunda menjadi lebih istimewa dengan adanya Siger sebagai mahkota kepala. Siger ini tentu memiliki daya tarik tersendiri bagi pemakainya.Tak hanya sekadar untuk menyempurnakan penampilan, mahkota ini juga memiliki makna yang khas. Siger merupakan hiasan kepala berbentuk seperti mahkota yang biasa dipakai oleh wanita Sunda saat menikah. Mahkota atau Siger yang dikenakan pada kepala pengantin wanita mempunyai harapan yang mengandung rasa hormat dan kebijaksanaan. Hal tersebut harus dijadikan pedoman dalam sebuah pernikahan khususnya pada pengantin Sunda. Sehingga Siger tersebut merupakan simbol untuk seorang istri dengan harapan tersebut.Siger ini terbuat dari material logam yang memiliki berat sekitar 1,5 hingga 2 kilogram. Pada jaman dahulu, yang menggunakan Siger Sunda ini hanya anggota atau keturunan kerjaan Sunda saja. Namun kini, semua kalangan sudah dapat menggunakannya.

Makna Siger

Pernikahan dengan menggunakan konsep adat Sunda memang selalu identik dengan Siger beserta aksesori lainnya. Siger pada pengantin Sunda melambangkan kesempurnaan wanita yang terinspirasi dari tokoh Subardha dan Srikandi. Mereka berdua dikenal dengan sifatnya yang pemberani, anggun, cantik dan disukai oleh rakyatnya.Siger pengantin Sunda nampak khas dengan bentuknya yang menyerupai segitiga ke bagian atas. Bentuk tersebut memiliki arti bahwa semua manusia akan tetap kembali kepada Yang Maha Kuasa. Selain itu bentuk ini juga menggambarkan kehidupan manusia yang harus menaiki puncak. Untuk menyempurnakan tampilan Siger ini, terdapat beberapa hiasan yang juga memiliki makna tersendiri diantaranya:

Kembang Tanjung

Pada bagian belakang Siger, terdapat hiasan kembang tanjung yang berbentuk seperti hati. Kembang tanjung ini terdiri dari susunan enam pasang bunga yang disematkan di bagian belakang. Adapun arti dari aksesori ini yaitu melambangkan kesetiaan dari pihak mempelai wanita kepada pihak pria.

Kembang Goyang

Selain itu terdapat kembang goyang yang dipasang di atas sanggul. Kembang goyang ini terbuat dari logam yang dihiasi batu permata dan berjumlah tujuh buah. Aksesori ini memiliki arti rezeki dan kebaikan untuk kedua mempelai. Dari tujuh kembang goyang tersebut, lima diantaranya disematkan ke arah depan. Sedangkan dua lainnya menghadap ke belakang. Hal ini mengisyaratkan keanggunan wanita Sunda yang harus nampak dari arah depan juga belakang.Nah, itulah penjelasan Siger Sunda: anggun dan penuh pesona! Sekarang kalian sudah mengetahui arti dan juga penjelasan mahkota kepala yang berasal dari Jawa Barat ini. Kira-kira pernikahan adat mana yang membuat kalian penasaran? Share bersama kami yuk!Photo : Visuel Project from The Wedding of Bella Nabyla   
Get Exclusive Access!
Sign up for our newsletter to get the updates