Mengencangkan Kulit Wajah Sebelum Pernikahan dengan HiFu HD Lift

Posted on by Friska R. & filed under Beauty Tips, How To.

Pernikahan adalah peristiwa sekali seumur hidup sehingga para wanita pun ingin terlihat sesempurna mungkin di hari istimewa tersebut. Berbagai perawatan dilakukan, mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Survey yang dilakukan oleh The Bride Dept mengatakan bahwa 95% calon pengantin mengutamakan perawatan wajah karena kulit wajah yang sehat akan menunjang riasan di hari pernikahan.

Selain jerawat, permasalahan yang paling sering dihadapi oleh para calon pengantin adalah kulit wajah yang kendur. Kenapa kulit wajah bisa kendur? Yuk kita simak penyebabnya

1. Faktor Genetika

Hal ini merupakan faktor utama yang menyebabkan kulit kusam dan kendur. Walaupun ini merupakan faktor genetika, bukan berarti ini tidak bisa diatasi lho!

2. Stress

Memang banyak sekali yang harus diurus ketika mempersiapkan pernikahan, mulai dari dekorasi hingga seragam bridesmaids. Tidak jarang para calon pengantin mengalami stress yang berakibat kurang tidur.

3. Kurang minum air putih

Kulit yang tidak mendapatkan asupan air yang cukup bisa mengakibatkan kulit kusam dan mengendur. So pastikan kamu minum cukup air putih mulai dari sekarang ya!

Sering kali para calon pengantin ini telat menyadari bahwa mereka memiliki permasalahan kulit kendur dan sudah tidak memiliki waktu itu perawatan yang memakan waktu lama. Oleh karena itu, The Bride Dept menyarankan kamu untuk mencoba perawatan HiFu HD Lift dari Bella Skin Care.

Apa itu HiFu HD Lift?

HiFu adalah perawatan yang menggunakan teknologi ultrasound untuk menembus jaringan kulit dan menstimulasi agar menghasilkan kolagen. Kolagen sendiri memiliki banyak manfaat, mulai dari menghilangkan keriput hingga mengencangkan kulit.

Apa kelebihan dari HiFu HD Lift?

Selain bisa menghilangkan keriput dan mengencangkan kulit kendur, perawatan HiFu ini juga tidak menggunakan pisau bedah ataupun injeksi. Sehingga setelah perawatan, kamu bisa kembali aktif seperti biasa. Perawatan HiFu ini juga cukup singkat, yaitu kurang dari 1 jam, jadi kamu bisa memanfaatkan waktu makan siang kamu untuk perawatan HiFu ini.

Apa saja sih step-nya?

Sebelum memulai perawatan, wajah kamu akan dibersihkan dari kotoran dan makeup. Agar perawatan lebih maksimal, maka wajah kamu juga akan di-scrub dengan Bella Honey Oatmeal Scrub. Manfaat dari proses scrubbing ini adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Proses selanjutnya adalah pengaplikasian mesin yang dimulai dari leher, ke pipi, dan diteruskan ke kening. Tahap ini hanya memakan waktu sekitar 20 menit. Perawatan ini akan dilanjutkan dengan massage yang membuat kamu lebih relaks. Perawatan ini ditutup dengan pemasangan masker Spirulina selama kurang lebih 15 menit. Manfaat dari masker Spirulina ini adalah mengecilkan pori-pori dan juga mencerahkan kulit. Perawatan HiFu ini tidak menggunakan operasi sehingga kamu dapat melanjutkan aktivitas kamu kembali setelah perawatan ini.


Nah, hasil dari perawatan HiFu ini sendiri akan langsung terlihat setelah treatment. Salah satunya adalah wajah V-shape, bentuk muka idaman wanita di seluruh dunia. Tidak hanya itu, perawatan ini juga akan mempertegas jawline kamu sehingga wajah kamu terlihat lebih berkarakter. Untuk info lebih lanjut, langsung kunjungi www.bellaskin.co.id atau call center di 021-3902677. Jangan lupa juga untuk menunjukkan artikel ini ketika kamu mengunjungi Bella Skin Care ya untuk mendapatkan promo spesial dari The Bride Dept dan Bella Skin Care!

Bridesmaids Makeup Tips From Lancôme

Posted on by arinda.p & filed under Beauty Tips, How To.

Menjadi bridesmaids pastilah sesuatu yang sangat menyenangkan. Bagaimana tidak, kamu bisa menjadi orang kepercayaan sahabat mu dalam hari terpenting dalam hidupnya. Walaupun kamu bukanlah spotlight ketika menjadi bridesmaids, bukan berarti kamu tidak bisa memperlihatkan penampilan terbaikmu. Siapa tahu kamu bisa bertemu jodohmu di sana bukan? Nah kali ini The Bride Dept berkolaborasi dengan Lancôme untuk memberikan 10 tips makeup  yang bisa kamu praktikan langsung pada saat kamu menjadi bridesmaids!

  1. Makeup yang sempurna tidak bisa tercapai tanpa kulit yang sehat dan terawat. Oleh karena itu, make sure kamu merawat kulitmu setiap harinya. Gunakan moisturizer untuk melembabkan kulit wajahmu. Jangan lupa juga untuk mengenakan sunscreen dengan SPF yang tinggi agar kulitmu terproteksi dari sinar matahari.  Untuk hasil yang lebih baik, Lancôme menyarakan untuk menggunakan serum seperti Advanced Genifique yang bisa membuat kulitmu menjadi lebih kenyal dan sehat!
  1. Jika kamu ingin menonjolkan keindahan matamu, gunakanlah eyeliner yang berwarna dark seperti navy, charcoal, coklat atau hitam! Untuk hasil yang lebih intens, Lancôme menyarankan untuk menggunakan liquid eyeliner dibandingkan pencil eyeliner. 
  1. Selalu gunakan waterproof makeup products! Ingat lho pernikahan adalah hal yang emosional dan akan sering membuat kamu menangis. Jadi daripada menyesal nanti makeup kamu luntur, lebih baik gunakan makeup yang waterproof!
  1. Untuk mendapatkan hasil bulu mata yang lentik dan panjang. Lancôme menyarankan untuk memposisiskan kuas maskara pada akar bulu mata lalu gerakkan bulu kuas mulai dari dalam mata ke ujung luar mata dengan gerakan zig zag! Pstt.. Kamu harus coba maskara Hynose Star Waterproof dari Lancôme! Produk ini merupakan favorit dari team The Bride Dept karena bisa memberikan efek bulu mata yang lebih bervolume dan lebih hitam berkilau berkat dari formula Black Diamond yang terkandung di dalamnya! Setelah itu kamu pasti nggak kepikiran untuk memakai bulu mata palsu lagi deh!
  1. Banyak perempuan yang mengaku tidak bisa menggunakan eyeliner. Padahal sebenarnya mudah apabila kamu tahu triknya! Pertama, buat dot atau titik menggunakan eyeliner pada area yang mendekati akar bulu mata mulai dari mata bagian dalam hingga ujung luar. Lalu buat garis tipis mengikuti titik yang sudah kamu buat. Lalu tinggal kamu pertebal deh. Dan voila! Hasil eyeliner yang sempurna pun bisa kamu dapatkan!
  1. Jangan lupa untuk menggunakan lipstik yang bisa tahan lama! Nggak mau kan waktu yang bisa digunakan untuk mingle dengan teman justru habis karena harus bolak balik touch up lipstik. Untuk itu, gunakan lipstik dengan velvet matte finish yang memang mampu bertahan lebih lama dibanding lipstik lainnya. Salah satu best seller dari Lancome adalah L’Absolu Velours yang memiliki berbagai warna intens dan bertahan lama.
  1. Terakhir, Practice makes perfect! Untuk bisa menggunakan makeup dengan sempurna, latihan adalah kuncinya. Jadi jangan menunggu untuk hari H ya untuk mencoba makeup look mu!

Nah, bagaimana tips dari The Bride Dept dan Lancôme? Semoga bermanfaat ya!

Acara Ulang Tahun Intimate ala Jessica Iskandar di Tirtha Bali

Posted on by Friska R. & filed under Events, News & Events, The Wedding.

Bagi beberapa orang, momen ulang tahun adalah momen yang paling ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Hal tersebut juga dilakukan oleh Jessica Iskandar. Di tahun 2020, Jessica Iskandar memutuskan untuk merayakan ulang tahunnya di Tirtha Bali dengan mengundang beberapa kerabat teman terdekatnya seperti Erick Iskandar (brother), Vanessa Lima (model), Irfan Bachdim & Jennifer Bachdim, Magda Hutagalung, Wanti Siregar, Jeremiah Lakhiani, Malika (model), Arturro (designer), Evy Gozaly (pemilik Sababay Winery), Lenny Marlina Tanu (Exquisite Publishing).

Acara yang bertemakan Flower Boho ini dibuat se-intimate mungkin karena Jessica Iskandar ingin merayakan dengan orang-orang yang benar-benar berarti dalam hidupnya. Walaupun begitu, Jessica Iskandar tidak melupakan tamu-tamu cilik untuk menemani putranya, El Barrack. Selain itu, tamu-tamu cilik juga diberikan aktivitas making your own pizza. Ide yang bagus, ya!

Untuk setup dari acara sendiri, Jessica Iskandar secara spesifik memilih area outdoor untuk para tamunya.  Table setting juga ditata dengan bentuk setengah lingkaran agar Jessica bisa lebih dekat dengan tamu-tamunya.

Acara ulang tahun yang dipandu oleh Tiimmchy ini juga diisi beberapa entertainment seperti Tari Kecak dari Barong Tanah Kilap dan speeches dari teman-teman terdekat, yaitu Arturro dan Jennifer Bachdim. Setiap tamu juga harus mendeskripsikan Jessica Iskandar dalam 3 kata, dan jawaban terbanyak adalah humble dan friendly.

Pilihan dinner untuk acara ulang tahun Jessica Iskandar jatuh pada pescatarian menu yang khusus dibuat oleh Executive Chef Ryoichi Kano. Pescatarian adalah pola makan yang tidak mengonsumsi daging sehingga menu makan berfokus pada seafood. Dinner dihidangkan secara spesial dengan menggunakan peralatan makan dari Jia by OCK X Kevala Ceramics. Peralatan makan khusus ini juga menjadi souvenir untuk setiap tamu yang datang.

Namun ketika dinner baru dimulai, hujan pun turun sehingga team Tirtha Bali harus terburu-buru memindahkan semuanya ke area indoor. Untungnya, MC Tiimmchy bisa menghangatkan kembali suasana dengan bernyanyi bersama band, sehingga semuanya ikut menari.

Sebelum hidangan penutup, ternyata masih ada acara spesial tetapi kali ini untuk teman-teman terdekat Jessica Iskandar yang berulang tahun di bulan Januari dan Februari. Mereka pun menyanyikan lagu Happy Birthday bersama, tidak lupa juga meniup lilin.

 

 

 

 

White Lavender Wedding in Tirtha Bali by Tanessa & Melvin

Posted on by NSCHY & filed under The Wedding.

Tanessa dan Melvin mengikat janji suci di tengah-tengah kemegahan Uluwatu di Tirtha Bali . Momen indah tersebut berjalan dengan sangat hangat, menjadi awal mula langkah rumah tangga mereka setelah menerpa berbagai ujian dalam hubungannya.

Tanessa dan Melvin ialah salah satu pasangan yang berhasil melangkah ke jenjang rumah tangga setelah melewati ujian long distance, yang kita semua tau bahwa tidak mudah. Cerita ini bermula saat Melvin menempuh studi di Amerika Serikat selama enam tahun. Saat ia kembali dan berniat untuk melangsungkan pernikahan, pandemi datang, membuat mereka harus memutar strategi, karena Tanessa merupakan salah satu dokter yang merupakan garis depan di tengah pandemi ini.

“Di tengah-tengah pandemi yang memisahkan kita, cinta kita tetap di sini bertahan,” cerita mereka.

Mengadakan pernikahan di Tirtha Bali adalah salah satu impian mereka, dan di tengah-tengah ketidakpastian ini, mereka berhasil mewujudkannya dengan tema Hope, Courage and Prayer” dengan dominasi warna putih dengan favorit Tanessa, lavender.

Saat upacara, kapel di Tirtha Uluwatu didekor dengan origami yang digantungkan yang melambangkan kebahagiaan dan kemakmuran. Di Jepang, melipat Senbazuru ini dipercaya dapat mengabulkan permintaan. Bagian lorong didekorasi dengan pampas putih, dedaunan dan lavender.

Tanessa tampil menawan dengan gaun a-line-nya yang dirancang oleh Damien Chandra. Dengan dominasi payet dan scoop back yang seharusnya dikenakan untuk pesta pernikahannya di Jakarta. Namun, karena ia berhasil memenangkan giveaway Tirtha, berarti ia harus mempercepat semuanya, termasuk piece de resistance yang telah dipersiapkan. Untungnya, gaun impiannya berhasil tiba di Bali tepat pada waktunya.

Saat makan malam, venue tersebut dipenuhi dengan lampu-lampu di atas kolam, dengan pemandangan langit yang indah, bak makan malam di bawah malam berbintang. Setiap meja dihiasi dengan bunga-bunga kering putih dan sedikit bunga lavender dan lilin. Yang paling menarik adalah bagian meja pengantin, yang merupakan mahakarya dari Hanamizuki dengan karangan bunga dan lampu peri di atas balkon dan mengalir ke meja.

Hidangan makan malam dipersembahkan oleh koki eksekutif, Ryoichi Kano dengan hidangan Prancis, lengkap dengan wine. Wedding cake dua tingkat menjadi center of attention di meja, warna putih bersih dengan lavender mengelilingi.

Walaupun pernikahan diadakan dengan tamu undangan yang terbatas, namun semuanya berjalan dengan lancar dan suasana terasa hangat.

Terima kasih”, kata pertama dari Melvin saat pidatonya, yang memiliki makna yang mendalam untuk mereka berdua. Impian mengadakan pernikahan di Tirtha di bulan November menjadi fantasi kehidupan nyata, dan menjadi momen yang tidak terlupakan.

Inspirasi Modern Wedding Dress yang Menarik

Posted on by nadhifaarndt & filed under How To.

Memilih wedding dress merupakan salah satu proses terpenting bagi wanita yang sedang merencanakan acara pernikahan. Tidak bisa dipungkiri, setiap wanita pasti ingin menggelar acara pernikahan yang tak terlupakan, sambil mengenakan wedding dress impian. Kini banyak pasangan yang lebih memilih menggelar acara pernikahan dengan konsep modern dan simple karena menampilkan suasana yang lebih akrab dan intimate. Hal ini sejalan dengan proses pemilihan wedding dress, dimana saat ini banyak wanita yang memilih model dress yang modern agar serasi dengan konsep dan tema acara pernikahan yang juga modern.

 

Wedding dress identik dengan warna putih atau broken white karena dianggap mampu memancarkan pesona dan keanggunan sang pengantin wanita. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa memilih warna lain, karena setiap warna bisa menampilkan kesan tersendiri dan bisa mewakili karakter dan kepribadian kamu dengan sempurna. Apabila kamu saat ini sedang dalam proses memilih model wedding dress modern yang cocok untuk acara pernikahanmu nanti, mungkin beberapa inspirasi berikut bisa kamu jadikan pertimbangan.

 

Puff Sleeve or Puff Shoulder Dress?

Photo by: @hiantjen Instagram

Dress dengan puff sleeve atau puff shoulder mungkin mengingatkanmu akan model dress tahun 70-an. Tapi jangan salah, kini kamu juga bisa memiliki penampilan yang modern dengan wedding dress model puff sleeve atau puff shoulder. Model lengan puff ini akan memberikan kesan elegan dan anggun yang akan membuatmu tampil semakin menawan di hari pernikahanmu. Kamu bisa memilih model puff sleeve panjang yang lebih mewah, atau puff shoulder sebatas lengan untuk penampilan yang lebih simple. Semua bisa disesuaikan dengan keinginanmu. Jadi, puff sleeve atau puff shoulder nih, ladies?

 

Be Modern and Glamorous with Mermaid Dress

Photo by: @house_of_lea Instagram

Tidak perlu diragukan lagi, mermaid dress tentu akan menampilkan kesan ramping pada tubuh, cocok untuk menjadi pilihan model wedding dress modern di hari pernikahanmu. Sejak dulu hingga saat ini, wedding dress dengan model yang satu ini tetap menjadi idaman banyak wanita karena modelnya yang sangat mewah dan elegan saat dikenakan di hari pernikahan. Untuk menambah kesan mewah, kamu bisa menambahkan aksesoris berupa veil panjang yang akan membuat mata semua orang tertuju padamu saat kamu berjalan menuju pelaminan nanti. 

 

Sophisticated Layered Dress

Photo by: @hiantjen Instagram

Apabila kamu memimpikan hari pernikahan dimana kamu akan tampil layaknya seorang putri, layered wedding dress adalah jawabannya. Layered dress memiliki model kain yang bertumpuk di bagian bawah sehingga membentuk model A-line yang sempurna dan menampilkan kesan mewah dan elegan seperti gaun yang dikenakan oleh putri raja.  Jika kamu memilih layered dress sebagai gaun yang akan dikenakan di hari pernikahanmu nanti, kamu bisa memilih warna-warna lembut atau pastel seperti putih, broken white atau cream, dan hindari warna-warna tua dan solid

 

Simple and Modern with Short Bridal Dress 

Photo by: @house_by_lea Instagram

Siapa bilang gaun pendek tidak cocok dikenakan untuk acara pernikahan? Kini banyak wanita yang lebih memilih short wedding dress karena selain dapat menampilkan kesan simple, short wedding dress juga akan membuat kamu bergerak lebih bebas dan bisa lebih leluasa saat menyambut dan menyapa sahabat dan keluarga yang hadir di acara pernikahanmu. Sesuai dengan konsep acara pernikahan masa kini, yang modern yang lebih intimate dan fun, short dress merupakan pilihan yang cocok untuk kamu yang sedang merencanakan acara pernikahan dengan konsep ini. Bahkan, banyak juga lho yang memilih untuk menggunakan sneakers untuk dipadukan dengan short wedding dress. Unik, bukan?

 

Go Classic Yet Modern with Lace Wedding Dress

Photo by: @hiantjen Instagram

Gaun dengan bahan lace bisa dikatakan sebagai wedding dress yang paling klasik dan tradisional dibandingkan dengan model wedding dress lainnya. Karakternya yang lembut dan feminin menjadikannya sebagai bahan yang sempurna untuk bridal gown yang mewah. Mungkin banyak yang berpendapat bahwa lace terlalu formal dan kaku untuk dijadikan sebagai bahan wedding dress modern saat ini, tapi pada kenyataannya tidak demikian, karena sebenarnya lace juga bisa menampilkan kesan modern asalkan dipadukan dengan model dan desain wedding dress masa kini yang cenderung lebih simple. Jadi kamu bisa memiliki acara pernikahan impian berkonsep modern dengan sentuhan suasana klasik yang tampak dari wedding dress berbahan lace yang kamu kenakan nanti. 

Salad and Thousand Island Wedding Theme by Fatimah & Irham

Posted on by NSCHY & filed under The Wedding.

“Waktu itu aku lagi sarapan pakai salad, dimana ada selada & thousand island. Dari situ, aku terinspirasi untuk mengambil warna selada untuk pernikahanku,” cerita Fatimah.

Konsep yang unik. Di pernikahan ini, Fatimah sebagai selada, dan bridesmaid-nya sebagai mayonnaise. Tapi ternyata, konsepnya sangat unik dan menarik. Walaupun Fatimah sempat merasa kurang percaya diri karena warna selada yang nyentrik, yaitu lime green dan ungu, tapi ternyata malah indah.

Fatimah dan Irham adalah pasangan yang dimulai dari pertemanan, bahkan mereka teman sekumpulan, atau “se-gank”. Buat Irham, dia sudah jatuh hati dengan Fatimah sejak pertama kali ketemu, tapi waktu itu, Irham bukanlah tipe Fatimah, jadinya mereka hanya berteman biasa. 

“Tahun ketiga kuliah, aku sedikit luluh, tapi aku sedikit gengsian, setiap dia nembak, aku tolak, tapi anehnya, dia nggak pernah pergi. Selama kurang lebih 5 tahun menjalani hubungan tanpa status, sekarang kita resmi jadi suami istri,” cerita Fatimah.

Walaupun bukan tipe orang yang romantis, tapi Irham tetap merencanakan hal manis untuk melamar Fatimah. Waktu itu, Irham sengaja memesan hotel untuk melamar Fatimah. Karena masih pandemi, Irham hanya bisa membeli cincin lewat online, dan di hari H, cincinnya belum datang. 

“Pas pulang, dia ngajak ke tempat dia dulu katanya mau cek barang, dan ternyata ada paket. Pas aku diantar pulang, dia minta ditemenin buka paket, pas dibuka, isinya cincin. Kirain bakalan biasa aja, ternyata malah nangis berdua, mengingat perjalanan kita 7 tahun bersama,” cerita Fatimah.

Fatimah dan Irham menyiapkan acara pernikahannya selama satu tahun, karena keduanya berprofesi sebagai auditor dan menghindari mengurus pernikahan di musim yang sibuk. Tapi, meskipun semuanya sudah disiapkan jauh-jauh hari, semuanya berubah karena pandemi COVID-19, “pusing banget karena aku harus menunda semua rangkaian acara lamaran sampai pernikahan, dan akhirnya setelah nunggu situasi memungkinkan, akhirnya jadilah di 10 Oktober. Tapi, tiba-tiba ada PSSB lanjutan yang baru diinformasikan H-7 dan kita harus ganti venue, untungnya ada The Premier Hall,” tambah Fatimah.

“Ada banyak kendala walaupun sudah kita siapin satu tahun sebelumnya. Kita sudah DP sebelum bulan Januari untuk acara lamaran dan pernikahan, dan kebayang kan gimana pusingnya karena ada PSBB. Aku terpaksa harus merelakan banyak vendor pilihan dan DP yang hangus, bahkan aku merelakan vendor dekor total H-9 karena aku ganti venue,” cerita Fatimah.

Bagi Fatimah, momen yang paling berkesan adalah saat sungkeman, di mana semua masa kecil dan kasih sayang orang tuanya sangat terasa.

Top vendor:

  1. Behind The Scene (BTS)

“Pemikirannya sangat anak muda, dan baik hati, asik diajak ngobrol dan sharing. Aku mempercayakan model dan payet ke BTS dan ternyata sangat cantik.”

  1. Heksaw Makeover

“Ekspektasiku saat memilih Heksaw adalah kerapihannya, karena memang dia sudah terkenal dengan makeup Jawa-nya, dan ternyata, memang sedetail itu. Hasilnya sangat rapih, terutama bagian alisnya. Duh, cinta banget!”

  1. The Premier Hall

“Aku baru mendengar venue ini H-14 acara, ternyata lokasinya strategis, di SCBD sebelah Mall Ashta. Servis dan fasilitasnya bagus, dimulai dari technical meeting sampai hari H. Venue-nya memang tidak terlalu besar, tapi pas untuk pernikahan di momen pandemi ini. Desainnya cantik dan sangat private, karena seluruh tamu diantar jemput menggunakan lift VIP. Aku merasa sangat beruntung bisa tau The Premier Hall sebelum hari pernikahanku.”

 

Tips untuk brides to be,

“Protokol kesehatan itu yang terpenting; masker, hand sanitizer, undangan virtual, jaga jarak, pembatasan tamu, dan juga sterilisasi venue juga yang penting. Pastikan juga untuk selalu update dengan peraturan pemerintah terbaru yang bisa mempengaruhi jumlah tamu, lokasi, rundown dan protokol lainnya. Selain itu, banyak ikhlas dan sabar, karena dengan pandemi ini, jumlah tamu sangat terbatas, jadi harus ikhlas banyak teman yang tidak bisa hadir dan hanya bisa menyaksikan secara virtual.”

 

Tema Warna : Light Coral, Mint Green, Purple

Vendor Details 

Busana (Calon) Pengantin Wanita : Behind The Scene

Busana (Calon) Pengantin Pria : Jethrotux

Event Stylist and Decor : Joelle Decoration

Photography : Amorphotoworks

Videography : Amorphotoworks

Makeup Artist : Heksaw Makeover

Hair do : Jatu Purwanti

Alasan Mengapa Kamu Tak Perlu Menghadiri Pernikahan Mantan

Posted on by nadhifaarndt & filed under How To.

Menerima undangan pernikahan dari mantan terkadang bisa membuat kita tiba-tiba merasa galau dan bimbang. Hmm, sebaiknya datang atau tidak, ya? Jika kita membahas soal mantan, seringkali kita jadi flashback ke masa lalu dan teringat kisah lama kamu dengannya, karena yang namanya mantan pasti memiliki sejarah, kenangan, dan cerita masing-masing. 

Keputusan apakah sebaiknya kamu datang atau tidak ke pernikahan mantan, sepenuhnya menjadi hak pribadi kamu sendiri. Jangan sampai kisah masa lalu mempengaruhi keputusan yang akan kamu ambil, apalagi jika harus dipengaruhi oleh apa kata orang lain, baik itu para sahabat maupun keluarga mantanmu, yang kebetulan kamu mungkin sudah cukup dekat dengan mereka. 

Untuk bisa mengambil keputusan yang terbaik, simak dulu beberapa alasan berikut yang bisa menjadi alasan kuat kenapa kamu tidak perlu menghadiri pernikahan mantan.

 

Putus Tidak Secara Baik-baik

Coba deh kamu ingat-ingat lagi apa alasan kamu putus dengan mantanmu waktu itu. Jika alasannya adalah karena adanya konflik besar seperti kehadiran orang ketiga, masalah yang melibatkan keluarga, atau karena adanya kekerasan yang dilakukan oleh mantan kepada kamu saat masih berpacaran, maka sebisa mungkin sebaiknya kamu hindari adanya hubungan apapun dengan mantanmu, termasuk menghadiri acara pernikahannya.

 

Konflik Antara Kamu dengan Mantan yang Belum Benar-benar Selesai

Jika kamu putus karena adanya konflik dengan mantan yang belum benar-benar terselesaikan, dari pada jadi teringat kembali akan luka lama dan gagal move on karena harus bertemu lagi di acara pernikahannya, sebaiknya urungkan saja deh niat kamu untuk hadir di acaranya. Masih banyak hal lain yang bisa dilakukan yang justru akan memberikan manfaat yang jauh lebih positif untuk membantu kamu move on darinya. 

 

Tidak Diizinkan oleh Pacar

Jika saat ini kamu sudah memiliki pacar dan pacarmu merasa tidak nyaman dengan rencanamu untuk datang ke acara pernikahan mantan, sebaiknya jangan coba-coba untuk memaksakan keinginanmu, karena bisa-bisa rencana itu malah akan menjadi pemicu konflik antara kamu dengan pasangan. Meskipun kamu hanya ingin datang karena niat baik semata, sebaiknya niat itu kamu urungkan saja. Jangan sampai kamu jadi salah menentukan prioritas. Saat ini yang lebih penting untuk menjadi prioritasmu adalah menjaga hubungan yang kamu jalani saat ini ketimbang bertemu dengan mantan.

 

Masih Ada Perasaan yang Terpendam

Tentunya, yang namanya mantan pasti pernah ada perasaan yang terlibat di antara kamu dan dia. Setelah putus, tidak bisa dipungkiri kalau sangat mungkin masih ada perasaan yang kamu miliki untuknya, bisa jadi perasaan sakit hati, kecewa, marah, kesal, sedih, atau bahkan perasaan sayang atau sekadar kangen. Jika selama kamu kamu sudah bersusah payah berusaha untuk melupakan dia dan move on, apa gunanya datang ke acara pernikahannya? Dari pada membuat perasaan kamu malah jadi tidak karuan dan semakin sulit untuk move on, urungkan saja niatmu untuk datang ke acara pernikahannya. 

 

Semoga beberapa alasan di atas bisa membantu kamu membuat keputusan, ya. Apapun keputusan yang kamu ambil nantinya, pastikan kamu sudah memikirkannya secara matang. Jangan sampai kamu malah jadi menyiksa diri sendiri karena harus melihat mantan bahagia dengan wanita lain. Lebih baik kamu fokus ke masa depan, yang tentunya akan membawa kebahagian juga untukmu. 

Hal-hal yang Membuat Pernikahan Langgeng

Posted on by nadhifaarndt & filed under How To, Relationship.

Setiap pasangan pasti mendambakan pernikahan yang harmonis dan bahagia selamanya, satu kali seumur hidup sebagaimana janji suci yang diucapkan pada momen pernikahan. Tapi, hal ini mungkin terkesan mudah untuk diucapkan namun sebenarnya tidak mudah untuk dilakukan, karena dalam pernikahan setiap pasangan pasti akan banyak mengalami suka dan duka yang harus dilewati bersama. 

Pasangan yang bersatu dalam ikatan pernikahan harus berpegang pada komitmen untuk selalu setia dalam susah dan senang, sehingga pernikahan bisa tetap bertahan selamanya. Tapi menjalani pernikahan dalam waktu yang lama memiliki tantangan tersendiri yang terkadang membuat banyak pasangan menyerah di tengah jalan. Hal inilah yang kemudian membuat banyak pasangan memutuskan untuk berpisah demi kebaikan bersama. 

Tapi, apakah berpisah merupakan satu-satunya jalan untuk menyelesaikan permasalah dalam pernikahan yang sudah tidak bisa diselesaikan? Apakah ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan konflik yang ada dengan tetap mempertahankan pernikahan? Jawabannya sebenarnya tergantung pada komitmen dari masing-masing pasangan untuk tetap menjaga keutuhan rumah tangga yang telah dibangun bersama. Pada dasarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh pasangan untuk membuat pernikahan langgeng dan bahagia selamanya, dan untuk kamu yang berencana untuk menikah, atau baru saja melangsungkan pernikahan, yuk simak dulu ulasan mengenai 10 hal yang akan membuat pernikahanmu langgeng, berikut ini. 

 

Saling Percaya

Kepercayaan merupakan salah satu kunci utama dalam keutuhan rumah tangga. Jika pasangan sudah tidak saling percaya satu sama lain, maka mustahil pernikahan bisa berjalan dengan baik terutama apabila masing-masing sudah kerap merasa saling curiga satu sama lain. Untuk membangun rasa saling percaya, setiap pasangan harus memiliki rasa tanggung jawab dalam menjalani kewajiban dalam rumah tangga, dan tentunya selalu menjaga kepercayaan yang diberikan. Sikap saling terbuka dan jangan pernah berbohong atau menutup-nutupi sesuatu dari pasangan akan membangun pondasi rumah tangga yang kuat, sehingga pernikahan akan langgeng dan bahagia.

Saling Menghargai

Sikap menghargai antar pasangan juga menjadi salah satu pilar utama dalam pernikahan yang bahagia. Konflik dalam pernikahan akan selalu ada, namun semarah apapun kita pada pasangan, jangan pernah kita menunjukkan sikap yang merendahkan atau menghina pasangan. Setiap masalah dalam rumah tangga dapat diselesaikan dengan cara-cara yang baik apabila kedua belah pihak bisa membangun komunikasi yang baik, menghargai masukan dan pendapat satu sama lain, serta mampu mengerti posisi dan sudut pandang masing-masing. 

Minta Maaf dan Memaafkan

Jangan pernah gengsi untuk minta maaf dan jangan pernah malu untuk mengakui kesalahan. Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, namun untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan tidak mengulangi kesalahan yang sama, setiap pasangan harus bersikap ‘legowo’ dalam membuka pintu maaf. Sikap seperti ini akan membangun hubungan yang lebih dewasa, sehingga pernikahan akan semakin sehat karena masing-masing pasangan akan terus belajar menjadi pribadi yang lebih baik.

Tidak Membandingkan dengan Orang Lain

Saat ini, akses media sosial yang kian terbuka membuat kita jadi banyak mengetahui kehidupan pasangan lain, yang mungkin membuat kita berpikir bahwa kehidupan mereka lebih baik dari kehidupan kita dengan pasangan. Ini adalah suatu hal yang keliru, karena jangan lupa ladies, apa yang kita lihat di media sosial tidak selalu sesuai dengan kenyataan yang ada. Jadi hindarilah mengucapkan hal-hal yang membandingkan pasangan dengan orang lain, karena setiap pasangan memiliki kehidupan pernikahan yang berbeda-beda dan tidak akan pernah bisa dibandingkan.

Menerima Apa Adanya

Tidak membandingkan juga berarti bisa menerima pasangan apa adanya. Setiap orang tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tapi percaya deh, kita tidak akan pernah merasa cukup jika kita terus meminta pasangan untuk berubah sesuai dengan keinginan kita. Setiap orang pasti memiliki kebiasaan, hobi dan pandangan yang berbeda dan itu justru akan menambah warna dalam pernikahan kita. Daripada sibuk mencoba merubah pasangan sesuai keinginan kita, akan jauh lebih baik jika kita membangun kebiasaan dalam keluarga yang akan membuat suasana di dalam keluarga jadi lebih menyenangkan.

Saling Membangun untuk Menjadi Lebih Baik

Menerima apa adanya bukan berarti kita tidak berupaya membuat pasangan jadi pribadi yang lebih baik, lho. Pernikahan yang bahagia akan tercapai jika masing-masing pasangan tidak pernah lelah untuk saling mengingatkan satu sama lain untuk hal-hal yang lebih baik. Toh semua ini kita lakukan untuk kebaikan bersama, bukan?

Dahulukan Kepentingan Pasangan

Menjalani pernikahan dalam waktu yang lama terkadang membuat kita jadi jarang menghabiskan waktu bersama pasangan, terlebih jika sudah ada anak-anak sehingga perhatian pun jadi terbagi. Untuk tetap menjaga ikatan yang kuat dengan pasangan, tetap jadikan dia sebagai prioritas utama dalam keluarga, karena kita akan menghabiskan sisa hidup kita berdua dengannya saat anak-anak nanti telah dewasa dan sudah membangun keluarga mereka sendiri. 

Kendalikan Ego dan Emosi

Ego dan emosi merupakan dua hal yang terkadang sulit untuk dipisahkan, dan di masa-masa sulit dalam pernikahan, kedua hal ini bisa menjadi faktor yang berpotensi untuk merusak keutuhan rumah tangga. Jika sudah mulai merasakan dorongan untuk melampiaskan emosi yang sulit untuk dikontrol, sebaiknya hentikan dulu komunikasi dengan pasangan dan minta waktu untuk saling berpikir dan mengoreksi diri masing-masing, sehingga komunikasi bisa diteruskan kembali dengan kepala dingin. Salah satu cara yang juga bisa dilakukan adalah dengan menarik napas yang dalam dan pergilah keluar sejenak untuk mencari udara segar. 

Hindari Kata ‘Cerai’

Kata cerai atau pisah merupakan kata yang paling anti untuk diucapkan dalam pernikahan, apapun alasannya. Biasanya kata-kata ini akan muncul saat pasangan sedang marah sehingga ada keinginan untuk meluapkan emosi. Sebaiknya, sebisa mungkin hindari menggunakan kata-kata seperti ini semarah apapun kita pada pasangan. Kata yang sudah terucap tidak akan bisa ditarik kembali, jadi daripada harus saling menyakiti, sebaiknya pasangan saling menahan diri dan luangkan waktu bagi masing-masing untuk introspeksi.

Selalu Menjaga Kasih Sayang dengan Pasangan

Pernah melihat sepasang kakek-nenek yang berjalan-jalan sambil bergandengan tangan? Pemandangan seperti ini pasti akan mengundang senyum siapapun yang melihatnya, dan siapa sih yang tidak ingin memiliki pernikahan yang langgeng sampai kakek-nenek. Setiap pasangan pasti memiliki cara yang berbeda dalam menunjukkan kasih sayangnya pada pasangan. Apapun caranya, jangan pernah lupa untuk selalu menunjukkannya, ya. Belajarlah untuk mengerti cara pasangan kita menunjukkan rasa sayangnya, can cobalah untuk menerapkannya kepada mereka. Dengan begitu, kasih sayang dalam pernikahan tidak akan pernah pudar, dan pernikahan pun akan langgeng dan harmonis selamanya. 

 

5 Zodiak Pria yang Setia Menjadi Pasangan

Posted on by nadhifaarndt & filed under How To.

Dalam menjalani sebuah hubungan, setiap pasangan tentunya harus memiliki komitmen yang akan menjaga kasih sayang dan kepercayaan masing-masing, termasuk menjaga kesetiaan. Setiap orang, termasuk kamu tentunya, pasti ingin memiliki pasangan yang setia, bukan? Karena tanpa adanya kesetiaan, hubungan yang kamu jalani biasanya akan sulit untuk bertahan, terutama hubungan yang pernah diwarnai dengan adanya kisah perselingkuhan dari salah satu pasangan. 

Kamu pasti tahu kalau Zodiak seseorang ternyata bisa menggambarkan karakter dan sifat yang dimiliki orang tersebut, termasuk pasangan. Dengan mengetahui Zodiak pasangan, kamu bisa mengetahui gambaran mengenai karakter saja yang dimiliki, termasuk mengetahui apakah dia adalah tipe pria yang setia. Ada beberapa Zodiak yang dikenal memiliki karakter setia pada pasangannya. Pria dengan beberapa Zodiak ini dikenal memiliki karakter yang  setia dan akan menjaga kesetian mereka pada pasangan. Lalu pria berzodiak apa sajakah yang paling setia pada pasangan? Berikut 5 diantaranya.

Cancer

Apabila pasanganmu berzodiak Cancer, berarti kamu adalah salah satu orang yang beruntung, karena Cancer memang dikenal sebagai zodiak yang paling setia pada pasangan dibandingkan dengan zodiak lainnya. Pria Cancer biasanya memiliki sifat yang cukup sensitif dan mampu mengetahui apa yang sedang dirasakan oleh orang-orang terdekatnya, termasuk pasangannya. Saat kamu sedang bermasalah, pria Cancer tidak akan segan-segan menunjukkan perhatian dan rasa sayangnya kepada kamu atau orang-orang terdekatnya, karena kesetiaan pria Cancer tidak hanya akan ditunjukkan pada pasangan saja, tapi juga kepada keluarga dan para sahabatnya. Pria Cancer memang bukan tipe orang yang mudah untuk jatuh cinta, tapi saat ia sudah menemukan pujaan hatinya, dapat dipastikan ia akan membuat pasangannya merasa nyaman dan menjadi satu-satunya wanita di dalam hatinya.

Scorpio

Scorpio dikenal sebagai zodiak yang paling posesif dan cemburuan dibandingkan dengan zodiak lainnya. Bagi pria Scorpio, sifat posesif dan cemburuan yang dimilikinya merupakan salah satu bentuk dari kesetiaannya, baik kepada pasangan maupun kepada teman dan keluarganya. Pria Scorpio mungkin terkadang tampak terlalu mengekang dan terlalu mengatur, yang membuat pasangan pun jadi merasa tidak nyaman berada di dekatnya. Tapi sebenarnya, semua itu ia lakukan semata-mata sebagai bentuk ungkapan rasa sayang dan kesetiaannya kepada pasangan. Pria Scorpio cenderung takut akan segala bentuk pengkhianatan yang membuatnya memiliki sifat protektif berlebihan. Jika suatu hari ia mengalami pengkhianatan dalam hubungan, hampir bisa dipastikan ia tidak akan mau dan mampu untuk melanjutkan hubungan itu kembali.

Capricorn

Pria Capricorn memiliki karakter yang ambisius dan sangat fokus pada tujuan yang ingin dicapai. Biasanya, pria Capricorn cenderung sulit mendengarkan masukan dari orang lain, termasuk dari pasangannya sendiri. Meskipun begitu, karakternya yang dimilikinya ini justru membuatnya menjadi sosok yang selalu serius dan fokus dalam menjalani hubungan dengan seseorang. Ia akan lebih banyak mengandalkan sisi emosional yang dimilikinya dalam menjalani hubungan. Negatifnya, karena ia sangat serius dalam menjalin hubungan, maka terkadang ia jadi terlihat seperti seseorang yang sulit move on dan melupakan masa lalu. Pria Scorpio akan merasa nyaman menjalani hubungan apabila ia memiliki pasangan yang bisa mengerti jalan pikirannya, terutama jika pasangannya memiliki pikiran yang sejalan dengannya. 

Taurus

Pria Taurus merupakan sosok yang sangat memikirkan penampilannya. Ia akan melakukan upaya terbaik untuk bisa terlihat menarik di hadapan orang lain, sehingga menjadikannya sosok yang memiliki karakter materialis dan sangat menyukai barang-barang mahal atau branded. Namun dibalik semua itu, pria Taurus juga dikenal sebagai sosok yang setia, lho. Jika kamu memiliki pasangan berzodiak Taurus, maka bisa dipastikan ia akan menunjukkan kasih sayang dan kesetiaan kepadamu. Ia juga akan sangat memegang komitmen dan berusaha menjaga kepercayaan yang ia berikan kepadamu. Dikenal sebagai sosok yang yang senang mengumbar janji, pria Taurus juga dikenal sebagai sosok yang berani membuktikan ucapannya kepada pasangan. 

Libra

Pria Libra dikenal sebagai sosok yang memiliki sifat plin plan dan penuh keragu-raguan. Dalam mengambil keputusan, ia seringkali merasa bimbang terutama saat ia dihadapkan pada pilihan yang sulit. Bagi banyak orang, karakter pria Libra yang satu ini mungkin akan terlihat tidak tegas. Selain itu, ia juga memiliki karakter yang lebih mementingkan perasaan dan kebahagiaan orang lain, sehingga kerap kali membuatnya jadi sering kerepotan sendiri. Kepribadiannya yang plin plan ini berbanding terbalik dengan karakter yang ia miliki saat berhubungan dengan pasangan, karena pria Libra ternyata merupakan sosok pasangan yang setia dan serius dalam menjalin hubungan dengan pasangan. Karena ia sangat mempertimbangkan perasaan orang lain, dalam menjalani hubungan ia akan menunjukkan sikap adil, dan akan banyak mendengarkan masukan dari pasangannya. Selain itu, ia juga cenderung menghindari perselisihan. 

 

7 Pertanyaan Ini Menunjukkan Apakah Kamu Sudah Siap Menikah

Posted on by Enya & filed under How To, Relationship.

Jika saat ini kamu sedang menjalani hubungan yang sudah semakin serius dengan pasangan, dan mulai mempertimbangkan apakah dia merupakan sosok yang tepat untuk menjadi suamimu nanti? That is a very nice step to start with, karena Itu artinya kamu sudah mulai memasuki tahap yang lebih serius dalam merencanakan masa depan bersamanya. Jika terkadang masih ada perasaan bimbang ragu di dalam hati, itu sebenarnya wajar saja. Pernikahan memang merupakan sebuah langkah serius yang harus kamu pikirkan dengan sebaik mungkin, karena tentunya kamu pasti menginginkan pernikahan yang bahagia bersama pasangan, bukan?

 

Jika kita membahas tentang pernikahan, setiap pasangan pasti menginginkan pernikahan satu kali untuk selamanya, meskipun pada kenyataannya tidak sedikit juga pasangan yang tidak mampu mewujudkannya dan harus gagal di tengah jalan, sehingga memutuskan untuk berpisah. Dari data yang ada, ada beberapa alasan utama penyebab perpisahan dalam pernikahan. Pertama, adanya ketidakcocokan, harapan yang tidak realistis, ketidakmampuan untuk menghadapi masalah dalam hubungan, dan yang terakhir, kegagalan dalam membina hubungan. 

 

Dari semua alasan yang ada, untuk kamu yang saat ini sudah mulai berpikir untuk melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan dengan pasangan, mungkin kamu bisa menjawab beberapa pertanyaan berikut terlebih dahulu. Jadi kamu bisa meyakinkan diri bahwa dia benar-benar orang yang tepat untukmu, dan pernikahan yang bahagia dan langgeng selamanya pun bisa kalian raih bersama.

 

Sudah berapa lama kamu mengenal pasangan?

Mungkin kamu pernah mendengar tentang ‘nothing is better than marrying your best friend?’ yang berarti, tidak ada hal yang lebih baik dari menikah dengan sahabatmu sendiri. Well, kalimat ini ada benarnya, lho. Menurut banyak penelitian, pasangan yang menikah akan memiliki hubungan yang jauh lebih kuat apabila memiliki dasar pertemanan yang kuat. Jadi mungkin kamu bisa mempertimbangkan tentang sudah berapa lama kamu mengenal pasangan? Sudah sedekat apa hubungan kalian? Dan seberapa dalam kamu dan dia saling mengenal? Dengan begitu, kamu akan memiliki pertimbangan yang lebih matang sebelum membuat keputusan.

 

Menurut kamu, apakah kamu dan dia merupakan pasangan yang cocok?

Cocok atau tidaknya pasangan juga bisa terlihat dari banyak kecocokan yang ada diantara kamu dengan dia. Tidak sebatas kecocokan hobi atau selera musik, kecocokan disini juga termasuk dalam hal visi dan misi dalam menjalani pernikahan, pemikiran, atau tujuan hidup. Memang tidak ada keharusan semuanya harus sama, karena perbedaan pun bisa menjadi sebuah hal yang justru mempersatukan kamu dan pasangan. Hubungan bisa berjalan baik asalkan kamu dan pasangan mau sama-sama belajar, open mind, dan terbuka dalam menerima masukan. 

 

Apa yang membuat kamu nyaman bersamanya?

Rasa cinta memang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Setiap pasangan pasti memiliki alasan yang berbeda-beda jika ditanya hal apa yang membuat kita merasa nyaman bersama pasangan. Pertanyaan yang satu ini mungkin bisa membuatmu pikirkan kembali hal apa saja yang membuat kamu nyaman dan bahagia bersamanya? Lalu apabila suatu hari nanti hal-hal tersebut tidak lagi dimilikinya, apakah kamu akan tetap mempertahankan hubungan, atau memilih untuk meninggalkannya? Ingat ladies, pernikahan adalah keputusan untuk seumur hidup, jadi pastikan rasa cinta yang kamu rasakan bisa membuatmu bertahan untuk selalu setia bersamanya, ya.

 

Apakah kamu merasa nyaman dan bisa terbuka dengan pasangan?

Menikah berarti menjalani hidup bersama dengan dia untuk selamanya. Untuk itu, dia harus menjadi sosok tempat kamu mengadu, berkeluh kesah, dan bercerita tentang semua hal yang kamu rasakan. Apakah dia selalu bisa membuatmu nyaman melakukan itu semua? Dan apakah dia juga merasakan sebaliknya? Jika ya, maka bisa jadi dia adalah sosok yang tepat untukmu. Sama halnya dengan berbohong, apakah kamu kerap berbohong dan menutup-nutupi beberapa hal darinya? Berbohong dalam hubungan terbukti bisa menurunkan kualitas kepercayaan kita pada pasangan dan begitu juga sebaliknya. Jadi, ada baiknya kamu benar-benar bisa terbuka tentang apapun kepada pasangan, karena keterbukaan dan kepercayaan adalah kunci dari hubungan yang baik.  

 

Apa pendapat kamu tentang sebuah komitmen?

Komitmen merupakan janji, dan dalam sebuah hubungan komitmen merupakan satu hal penting yang harus dijaga oleh masing-masing pasangan. JIka menurutmu komitmen adalah sosok pria yang selalu memegang janjinya, selalu menjaga kepercayaan yang kamu berikan, dan memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjalani hubungan bersama denganmu, mungkin arti sebuah komitmen bagi dirinya sama dengan arti komitmen bagimu. 

 

Menurutmu, apa arti pernikahan?

Pertanyaan berikutnya yang merupakan pertanyaan yang penting, apa sih arti pernikahan untukmu? Apakah kamu hanya ingin bisa menggelar acara pernikahan yang tidak terlupakan, atau hanya melihat pernikahan dari sisi yang baik dan indahnya saja? Jika diulas lebih dalam, pernikahan sebenarnya merupakan keputusan besar yang menyatukan dua individu yang berbeda. Perbedaan itu termasuk perbedaan ego, isi dua kepala, latar belakang keluarga, dan banyak perbedaan lainnya. Jadi, pastikan kamu sudah siap menjalani komitmen dalam pernikahan dengannya, termasuk menerima semua kelebihan dan kekurangannya. 

 

Apa ekspektasi kamu dari pernikahan?

Pertanyaan terakhir ini bisa kamu jawab sendiri, bisa juga kamu tanyakan kepada dia. Jangan sampai tujuan dan cita-cita dari sebuah pernikahan dari kamu dan dia berbeda, karena hal ini berpotensi menimbulkan masalah nantinya. Dalam sebuah pernikahan, banyak hal yang akan kamu dan dia lewati bersama, tidak hanya sukanya tapi juga tentunya akan banyak dukanya. Jadi, sebaiknya kamu dan dia bicarakan dulu tentang ekspektasi tentang pernikahan di awal, sehingga saat mengalami hambatan atau masalah, kamu dan dia bisa saling menguatkan. 

 

Alasan Pentingnya Medical Check-Up Sebelum Menikah

Posted on by Enya & filed under How To.

Setiap pasangan yang sedang merencanakan pernikahan pasti melakukan berbagai persiapan untuk tampil sempurna di hari bahagia mereka, dan mungkin saja saat ini kamu dan pasangan juga sedang melakukan hal yang sama. Menjalankan program diet dan rutin berolahraga rasanya memang perlu dijadikan sebagai rutinitas untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal di hari H nanti, ya. Well, diet dan berolahraga sebenarnya sah-sah saja untuk dilakukan bersama pasangan sebagai persiapan menjelang hari pernikahan kalian, asalkan kamu juga tidak lupa memastikan kalau kamu dan pasangan dalam keadaan sehat saat menikah nanti. Hal ini bisa dilakukan salah satunya dengan cara menjalankan Medical Check-Up sebelum menikah, atau Pre-Marital Medical Check-Up, yang bertujuan untuk memeriksa kesehatan kamu dan pasangan menjelang hari pernikahan.

 

Pre-Marital Medical Check-Up adalah suatu rangkaian pemeriksaan kesehatan untuk pria dan wanita. Pemeriksaan ini berfungsi untuk memberikan gambaran umum mengenai kondisi kesehatan sistem reproduksi wanita maupun pria, terutama untuk mendeteksi adanya penyakit menular, menahun, yang dapat mempengaruhi kesuburan pasangan. 

 

Pre-Marital Medical Check-Up merupakan salah satu tahapan yang sangat disarankan untuk dilakukan demi mengetahui apakah kamu atau pasangan mengidap penyakit tertentu yang berbahaya seperti penyakit darah genetik atau penyakit infeksi yang bisa menular ke pasangan. Penyakit darah genetik yang dimaksud adalah penyakit anemia sel sabit, sedangkan penyakit infeksi yang dimaksud adalah hepatitis atau HIV/AIDS. Selain untuk kamu dan pasangan, Pre-Marital Medical Check-Up juga sangat penting untuk merencanakan program untuk memiliki keturunan setelah menikah nanti. 

 

Secara umum, Pre-Marital Medical Check-Up terdiri dari beberapa macam dan tahapan tes serta pemeriksaan kesehatan, sebagai berikut:

1.  Tes Hematologi

Tes ini dilakukan untuk mengetahui apakah terjadi kelainan pada jumlah sel darah. Melalui tes ini akan diketahui apakah ada tanda-tanda penyakit hepatitis B, penyakit yang berhubungan dengan kelamin, dan juga infeksi penyakit yang dapat menyebabkan gangguan pada kesuburan kamu dan pasangan.

2. Tes Urine

Tes ini berguna untuk mengetahui apakah terdapat infeksi saluran kemih yang sebagian besar penderitanya adalah wanita, atau adanya kelainan pada ginjal.

3. Tes Golongan Darah

Tes ini dilakukan untuk mengetahui golongan darah dan rhesus pada kamu dan pasangan.

4. Tes Gula Darah

Tes ini memiliki fungsi untuk mengetahui jumlah kadar gula dalam tubuh.

5. Venereal Disease Research Laboratory

Tes yang satu ini berfungsi untuk mengetahui penyakit yang berhubungan dengan kelamin pria maupun wanita.

6. TORCH

Tes ini berfungsi untuk mengetahui adanya infeksi penyakit pada kesuburan pria dan wanita.

 

Setelah serangkaian tes tersebut dilakukan, sebaiknya kamu dan pasangan juga melakukan konsultasi dengan dokter sehingga status kesehatan, tingkat kesuburan, maupun rencana program hamil dapat kamu pelajari secara lebih lengkap dan menyeluruh. Dengan begitu, kamu dan pasangan dapat mengetahui dan melakukan langkah-langkah yang perlu untuk dilakukan. Selain itu, berkaitan dengan rencana program kehamilan, melakukan Pre-Marital Medical Check-Up juga bisa membantu mempersiapkan kesehatan anak di masa mendatang karena calon orang tua harus dalam keadaan sehat, sehingga peluang untuk memiliki keturunan yang sehat pun menjadi lebih tinggi. 

 

Pada dasarnya, Pre-Marital Medical Check-Up dapat dilakukan kapanpun sebelum pernikahan, namun idealnya kamu dan pasangan melakukannya setidaknya 3 (tiga) hingga 6 (enam) bulan menjelang hari pernikahan. Apabila nanti ditemukan masalah pada kesehatan kamu ataupun pasangan, pihak dokter dapat segera melakukan tindakan pengobatan sehingga dapat meminimalkan resiko yang mungkin timbul di kemudian hari. 

 

Lalu apakah melakukan Pre-Marital Medical Check-Up membutuhkan biaya yang besar? Umumnya, tahapan persiapan pernikahan yang satu ini memang akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, namun hal tersebut sebenarnya juga ditentukan berdasarkan tahapan tes apa saja yang menurut kamu dan pasangan perlu diambil nantinya. Namun, jika dilihat dari manfaatnya di masa depan, sebenarnya tes ini sangat baik untuk dilakukan karena akan memberikan banyak manfaat positif bagi kamu dan pasangan. 

 

Saat ini sudah banyak rumah sakit yang menyediakan layanan Pre-Marital Medical Check-Up, khususnya rumah sakit Ibu dan Anak. Kamu bisa memilih rumah sakit yang menurutmu menyediakan layanan dengan rangkaian tes yang paling lengkap dan juga paling baik, atau rumah sakit yang memang sudah menjadi rumah sakit kepercayaan keluargamu sejak dulu. Semoga informasi ini bermanfaat ya, ladies!

Alasan Mengapa Kamu Harus Saling Menjaga Privasi Dengan Pasangan

Posted on by Enya & filed under How To, Relationship.

Setiap pasangan pasti memiliki gaya yang berbeda-beda dalam menjalani hubungan. Ada yang menekankan keterbukaan tanpa ada rahasia, namun ada juga yang sangat menghargai dan menjaga privasi masing-masing. Apapun gaya yang dipilih, tentunya semua tergantung pada kesepakatan dan keputusan bersama yang harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab, dan yang utama tanpa adanya keterpaksaan. 

Jika kita bicara tentang privasi, pada dasarnya kamu dan pasangan tetaplah individu yang berbeda. Terkadang, untuk menjaga dan meningkatkan kualitas hubungan, saling menjaga privasi dan menghargai ruang pribadi masing-masing juga menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Jika hubunganmu dengan pasangan dijalankan atas dasar saling percaya dan saling menghargai, maka apa salahnya untuk menjaga privasi masing-masing, bukan? Tidak hanya akan membuat kamu dan pasangan semakin dewasa dalam menjalani hubungan, menjaga privasi juga akan membuat hubungan menjadi lebih kuat. Tapi, apa saja sih alasan utama dibalik pentingnya menjaga privasi dengan pasangan? Berikut ulasan lengkapnya.

Membuat Hubungan Menjadi Lebih Kuat

Saling menjaga privasi dengan pasangan bisa kamu lakukan dengan tetap menjaga hubungan sosial kalian dengan lingkungan masing-masing, termasuk menjaga hubungan dengan keluarga, teman atau sahabat. Kamu bisa menghabiskan waktu dengan keluarga untuk menjaga ikatanmu dengan keluarga besarmu tetap kuat, menghabiskan waktu dengan sahabat untuk sekadar ngopi, berbagi cerita atau melakukan hobi bersama, dan begitu juga sebaliknya. Hal ini akan membuat kamu dan pasangan bisa tetap memiliki kebebasan pribadi yang apabila dilakukan, hal ini justru akan membuat hubungan kalian berkembang semakin kuat. 

Membangun Rasa Saling Percaya dan Mengurangi Rasa curiga Berlebihan

Rasa saling percaya dibangun berdasarkan komitmen yang telah dibuat dan dibangun bersama. Namun sekuat apapun komitmen yang kamu dan pasanganmu bangun bersama, pasti akan ada titik jenuh atau perasaan penat, sehingga kamu membutuhkan waktu sendiri sejenak, sehingga kamu memiliki ruang untuk menenangkan diri. Setiap orang pasti memiliki karakter dan cara yang berbeda untuk bisa melepaskan penat. Mereka yang introvert mungkin akan memilih untuk menyendiri sambil melakukan aktivitas yang digemari seperti menghabiskan waktu dengan membaca buku di coffee shop kesayangan. Sedangkan para extrovert mungkin lebih senang menghabiskan waktu dengan berolahraga di ruangan terbuka sambil menikmati pemandangan. Apapun itu, memberikan space seperti ini kepada pasangan dapat membentuk rasa percaya dan saling menjaga privasi, dan tentunya rasa curiga dan cemburu yang berlebihan pun bisa dikurangi.

Menghargai Perbedaan, Meningkatkan Kualitas Hubungan

Sebagai pasangan, kamu dan dia tetap merupakan individu masing-masing dengan karakter dan sifat yang berbeda. Meskipun kalian memiliki banyak kesamaan, tentunya kalian juga memiliki perbedaan yang harus dihargai satu sama lain. Dalam sebuah hubungan, kita kerap mendengar bahwa perbedaan-lah yang justru mampu menyatukan dua individu yang berbeda, karena dengan menghargai perbedaan yang ada, kamu dan pasangan akan semakin mengerti satu sama lain, dan tentunya akan meningkatkan kualitas hubungan yang kalian jalani bersama. 

Setelah mengetahui alasan kenapa saling menjaga privasi pasangan itu sangat penting, mungkin kamu jadi berpikir, apa saja sih yang bisa dikatakan sebagai privasi dalam hubungan? Nah, untuk memberikanmu gambaran singkat mengenai batasan privasi, langsung saja simak ulasan tentang beberapa hal dan batasan privasi dengan pasangan yang harus kamu jaga, berikut ini.

Isi Ponsel

Pertama, privasi yang harus dijaga adalah isi ponsel milikmu dan juga milik pasanganmu. Kini ponsel telah menjadi satu barang yang menyimpan segala bentuk informasi dan data pribadi pemiliknya. Terkadang, banyak pasangan yang menjadikan ponsel sebagai item yang paling patut dicurigai dari pasangan. Padahal, rutin mengecek isi ponsel pasangan bukan merupakan suatu hal yang bijak dan pantas untuk dilakukan, lho. Jika pasanganmu kerap memaksa untuk mengawasi isi ponselmu, bisa jadi dia adalah tipe orang yang posesif, yang sebaiknya kamu waspadai. 

Akun Media Sosial

Kedua, batasan privasi yang juga harus dijaga adalah akun media sosial kamu dan pasangan. Memang hal ini mungkin tampak sepele karena hampir semua orang kini memiliki media sosial dan akun media sosial dianggap bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui jika pasangan berselingkuh atau flirting dengan orang lain. Meskipun begitu, cara ini sebenarnya merupakan salah satu bentuk tindakan yang kekanak-kanakan, lho. Oleh sebab itu, sebagai individu yang dewasa, menjaga komitmen dan rasa percaya penting untuk dijalankan dengan penuh tanggung jawab, tanpa harus membuka isi media sosial masing-masing.

Momen Me Time

Menjalankan hubungan bukan berarti kamu dan pasangan harus mengorbankan me time kalian masing-masing. Setiap individu memiliki hak yang sama untuk tetap bisa menikmati momen me time dengan melakukan kegiatan yang disukai. Ini merupakan salah satu bentuk saling menjaga privasi dengan pasangan. Jadi dalam menjalani hubungan, jangan lupa untuk menyelipkan sedikit waktu untuk me time ya. Menghabiskan waktu di salon sambil merawat diri akan pasti akan menjadi me time yang menyenangkan. Sebaliknya, mungkin menghabiskan waktu merawat kendaraan kesayangan di bengkel juga bisa jadi pilihan kegiatan me time yang seru untuk si dia.

Urusan Finansial dan Pendapatan

Selanjutnya, batasan privasi yang juga harus dijaga adalah urusan finansial dan pendapatn dari masing-masing. Hal ini sebenarnya bisa diputuskan berdasarkan kesepakatan masing-masing pasangan, karena tidak sedikit juga yang memutuskan untuk menggabungkan penghasilan mereka untuk bersama-sama mengaturnya berdasarkan alokasi dan kebutuhan. Tapi apabila ada salah satu pihak yang merasa tidak nyaman dengan hal ini, maka memutuskan untuk menjadikan urusan finansial sebagai bagian dari privasi juga tidak masalah, kok.

Masalah Keluarga

Bagi banyak orang, permasalah pribadi dari keluarga masing-masing terkadang penting menjadi suatu hal yang sangat penting untuk dijaga, termasuk dari pasangan kita sendiri. Kondisi dan permasalahan keluarga pasangan ada kalanya cukup untuk menjadi konsumsi keluarga inti saja sehingga kurang sopan untuk diceritakan kepada pasangan. Ada baiknya kamu tidak terlalu memaksa untuk mengulik masalah keluarga pasanganmu terlalu dalam jika ia memilih untuk tidak terbuka kepadamu mengenai hal tersebut. Dengan begitu, hubungan keluargamu dengan pasangan, dan sebaliknya, bisa tetap terjalin dan terjaga dengan baik.

Step by Step Pernikahan Adat Batak

Posted on by Enya & filed under How To.

Bukan rahasia lagi kalau pernikahan yang dilaksanakan dengan adat Batak dikenal sebagai acara pernikahan yang memiliki banyak ritual adat, dan umumnya diselenggarakan secara besar-besaran. Di acara pernikahan dengan adat Batak, banyak pihak keluarga yang akan dilibatkan dan tentunya akan menjadi momen yang sarat akan adat dan budaya, serta dipenuhi dengan suasana yang sangat kekeluargaan. Lalu apa saja sih ritual yang dilakukan dalam pernikahan adat Batak? Lalu bagaimana susunan acaranya? Yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Mangaririt

Tahapan pertama dalam acara pernikahan adat Batak adalah Mangaririt, yang merupakan tahapan dalam memilih gadis yang akan dijadikan istri sesuai dengan kriteria calon pengantin pria atau kriteria keluarganya. Prosesi ini biasanya dilakukan apabila calon pengantin pria sering merantau sehingga tidak dapat mencari dan memilih pasangannya sendiri. 

Mangalehon Tanda

Tahapan berikutnya dalam acara pernikahan adat Batak adalah Mangalehon Tanda, yaitu tahapan dimana calon pengantin pria memberikan tanda kepada calon istrinya, yang menandakan bahwa ia telah menemukan calon istrinya, lalu keduanya akan saling memberikan tanda. Biasanya, calon pengantin pria akan memberikan uang kepada calon istrinya, sedangkan calon pengantin wanita akan menyerahkan kain sarung kepada calon suaminya. 

Marhusip

Mashusip dapat didefinisikan sebagai ‘berbisik’ yang menandakan adanya pembicaraan yang bersifat rahasia antara perwakilan dari calon pengantin pria dan calon pengantin wanita. Pada tahapan ini, kedua perwakilan tersebut akan berunding mengenai mas kawin pernikahan, yang tidak boleh diketahui oleh umum karena dikhawatirkan akan terjadi kegagalan dalam acara ini. 

Martumpol

Tahapan selanjutnya adalah Martumpol atau tahap pertunangan. Acara Martumpol dihadiri oleh kedua orang tua dari kedua calon pengantin untuk melangsungkan janji pernikahan, sambil disaksikan oleh jemaat gereja. Acara ini biasanya dihadiri oleh keluarga besar dari masing-masing calon pengantin serta tamu undangan, dan umumnya diselenggarakan di gereja. 

Marhata Sinamot

Marhata Sinamot merupakan prosesi yang mencakup pembicaraan mengenai Sinamot dari pihak calon pengantin pria, yang termasuk pembahasan mengenai hewan apa yang akan disembelih, berapa jumlah ulos, jumlah tamu undangan, serta dimana acara pernikahan tersebut akan diselenggarakan. Tahapan ini juga bisa dikatakan sebagai acara perkenalan resmi dari kedua belah pihak keluarga. 

Martonggo Raja

Martonggo Raja merupakan tahapan persiapan pernikahan yang mengumpulkan seluruh anggota keluarga dari kedua belah pihak calon pengantin. Dalam asat Batak, acara pernikahan merupakan acara besar yang melibatkan seluruh keluarga dan menjadi urusan seluruh keluarga, sehingga menjadi keharusan untuk mengumpulkan semua keluarga untuk prosesi upacara adat. 

Manjalo Pasu-pasu Parbagosan

Tahapan ini merupakan prosesi yang dilaksanakan setelah acara pemberkatan pernikahan pengantin selesai dilakukan. Biasanya acara pemberkatan dilakukan di gereja, dimana kedua mempelai telah sah menjadi sepasang suami istri menurut agama atau gereja. Setelah mereka kembali ke rumah, maka akan diadakan upacara adat Batak yang dihadiri oleh seluruh keluarga, baik dari pihak pengantin pria maupun wanita.

Marunjuk / Alaon Unjuk

Setelah pemberkatan dari gereja, kedua mempelai juga harus memperoleh pemberkatan dari seluruh keluarga besar, terutama dari kedua orang tua. Di tahapan ini akan disampaikan doa-doa yang ditandai dengan pemberian ulos kepada kedua mempelai yang dilanjutkan dengan prosesi pembagian jambar. Jambar yang diberikan kepada pihak wanita adalah daging (jambar ruhut) dan uang (tuhor ni boru), sementara pihak pria menerima jambar dalam bentuk ikan masa arsik (dengke) dan ulos. Setelah proses ini selesai, pengantin wanita akan dibawa ke kediaman paranak.

Dialap Jual

Tahapan yang terakhir adalah Dialap Jual yang merupakan pesta pernikahan yang diselenggarakan di kediaman pengantin wanita. 

Acara pernikahan adat Batak memang sarat akan adat dan budaya yang kental sesuai dengan peraturan yang berlaku. Bagi kamu yang berencana untuk menggelar acara pernikahan dengan adat Batak, merupakan kebanggaan tersendiri untuk bisa menjalani semua tahapan dan prosesnya. Selain untuk mempertahankan budaya yang menjunjung tinggi nilai-nilai adat yang sangat kekeluargaan, momen pernikahanmu juga pasti akan menjadi momen yang akan kamu kenang sepanjang masa.

7 Inspirasi Honeymoon Staycation di Indonesia

Posted on by Enya & filed under How To.

Bagi pasangan yang baru menikah, tidak lengkap rasanya kalau tidak merencanakan momen honeymoon atau bulan madu yang romantis berdua. Selain menjadi momen untuk menghabiskan waktu berdua sebelum kembali dengan aktivitas masing-masing sebagai suami istri, honeymoon juga bisa jadi momen untuk lebih saling mengenal dan mengerti satu sama lain.

Jika biasanya banyak pasangan yang memilih honeymoon sambil berlibur ke luar negeri, di masa pandemi seperti ini rasanya hal itu belum bisa dilakukan. Tapi tidak perlu kecewa, karena kamu dan pasangan tetap bisa staycation honeymoon di dalam negeri, lho. Ada banyak pilihan destinasi di dalam negeri yang cocok untuk honeymoon karena menawarkan fasilitas yang tidak kalah lengkap, dan keindahan yang tidak kalah cantik dari destinasi di luar negeri. Bahkan, banyak juga destinasi dalam negeri yang jauh lebih menawan. Berikut 7 destinasi staycation honeymoon di Indonesia yang bisa kamu pilih. 

Pulau Moyo

Kalau kamu dan pasangan ingin menghabiskan waktu saat honeymoon sambil menikmati suasana hutan yang romantis dan tenang, Pulau Moyo yang berada di 3 km dari pantai Utara Sumbawa bisa kamu jadikan pilihan. Pulau Moyo dikenal dengan keindahan lautnya dimana kamu dan pasangan bisa menghabiskan waktu sambil snorkeling sambil menikmati kecantikan terumbu karang dan biota laut. Jika kamu berjalan menyusuri hutan selama kurang lebih 30 menit, kamu akan menemukan Air Terjun Mata Jitu dan kolam-kolam yang sangat cantik. Meskipun kolam-kolam tersebut tidak boleh digunakan untuk berendam atau berenang, kamu tetap bisa menikmati sejuknya air dengan berenang di kolam yang khusus dibuka untuk pengunjung.

Kota Sabang

Kota yang berada di ujung barat Indonesia ini memiliki banyak pesona alam yang bisa kamu explore saat honeymoon dengan pasangan. Untuk mencapai Kota Sabang, kamu bisa menggunakan speedboat dari pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh ke pelabuhan Balohan. Di sini kamu akan menemukan laut dengan warna kebiruan yang sangat jernih dan hamparan pasir putih di sepanjang pantai, yang pasti akan menjadi lokasi sempurna dan romantis untuk kamu dan pasangan berjalan-jalan di sore hari sambil menunggu matahari terbenam. Kamu juga bisa menikmati momen matahari terbit di pantai Iboih atau snorkeling sambil menikmati kecantikan biota laut di Pantai Rubiah. Gua Sarang juga menjadi destinasi yang patut kamu kunjungi saat berkunjung ke Kota Sabang. Gua yang disebut-sebut sebagai Raja Ampat versi Aceh ini memiliki keindahan alam yang sangat cantik dengan pegunungan yang menjulang tinggi hingga barisan bukit yang menawan di sekelilingnya. 

Gili Trawangan

Gili Trawangan yang berada di Nusa Tenggara Barat adalah salah satu pulau yang paling sering dijadikan sebagai lokasi honeymoon. Kamu bisa melakukan banyak kegiatan berdua seperti hunting sunrise dari Mataram dengan view Gili Meno dan Gunung Agung. Kamu juga bisa island hopping sambil mengelilingi pulau dengan menggunakan kapal yang disediakan. Dengan keindahan alam yang sejuk dan keindahan lautnya yang mendunia, kamu dan pasangan bisa bersepeda keliling pulau sambil mengunjungi tempat-tempat menarik seperti pasar seni yang menjual berbagai kerajinan tangan termasuk kain tenun khas Lombok. Jangan lupa juga untuk mencoba menaiki Cidomo, sejenis kereta kuda khas Lombok yang akan jadi momen romantis saat staycation romantis di Gili Trawangan.

Pulau Ora

Pulau Ora kerap disebut sebagai Maldives-nya Indonesia karena menawarkan suasana alam yang cantik layaknya resort di Maldives. Pulau Ora berada di Kabupaten Maluku Tengah dan merupakan salah satu destinasi yang cocok untuk honeymoon. Di sini kamu bisa menginap di penginapan yang didirikan di atas perairan laut yang sangat jernih, dimana kamu bisa bersantai berdua sambil menikmati pemandangan laut yang menawan. Kamu juga bisa snorkeling atau diving yang menawarkan kecantikan bawah laut. Jika ingin berjalan-jalan keliling Pulau Ora, kamu bisa mengunjungi Taman Nasional Manusela dengan kapal nelayan bermotor atau Mata Air Belanda yang cocok untuk bersantai berdua sambil menikmati air kelapa muda. 

Desa Munduk

Bali tetap menjadi destinasi staycation honeymoon utama bagi banyak pasangan. Ada satu tempat di Bali yang layak dijadikan pilihan sebagai destinasi Staycation honeymoon kamu dan pasangan, yaitu Desa Munduk yang berada di kecamatan Singaraja. Desa Munduk dikenal dengan udaranya yang segar dan kerap diselimuti oleh awan sampai-sampai dijuluki sebagai desa di atas awan oleh banyak wisatawan yang berkunjung. Di desa ini kamu dan pasangan bisa ambil bagian di berbagai kelas kultural yang diadakan oleh penduduk desa ini seprti kelas membuat kerajinan tangan atau memasak makanan khas Bali. Desa Munduk juga menawarkan banyak destinasi dengan keindahan alam yang cantik seperti Golden Valley, Danau Tamblingan, dan Air terjun Melanting.

Pulau Kanawa

Labuan Bajo kini sudah menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Indonesia, termasuk untuk staycation honeymoon. Dengan banyak keindahan alam yang memukau yang dimiliki oleh Labuan Bajo, ada satu destinasi yang cocok untuk menjadi lokasi honeymoon karena memiliki suasana yang sangat romantis, yaitu Pulau Kanawa. Pulau seluas 32 hektar yang dikelilingi terumbu karang yang cantik ini bisa menjadi tempat yang nyaman untuk kamu dan pasangan yang ingin menghabiskan waktu dengan duduk santai di tepi pantai berpasir putih sambil menikmati pemandangan laut yang jernih. 

Karimunjawa

Siapa yang tidak pernah mendengar tentang kecantikan bawah laut yang ditawarkan oleh Karimunjawa?

Kepulauan yang berada di Provinsi Jawa Tengah ini merupakan destinasi idaman bagi mereka yang menyukai suasana laut dan pantai. Di sini, kamu dan pasangan bisa island hopping dan menghabiskan waktu di pulau-pulau yang sangat cantik sambil foto-foto dan bersantai berdua. Kamu juga bisa menghabiskan waktu bersama sambil menikmati putihnya pasir di Pulau Gleyang atau berenang bareng Hiu di Menjangan Besar. 

Setelah menyimak ulasan ini, tentunya kamu jadi semakin menyadari kalau ternyata keindahan alam Indonesia memang tidak ada duanya. Jadi, untuk apa jauh-jauh ke luar negeri jika kita bisa honeymoon di negeri sendiri sambil menikmati kecantikan alamnya yang luar biasa dan tentunya juga breathtaking. Nah, semoga ulasan tentang ketujuh destinasi staycation honeymoon ini bisa menginspirasi kamu dan pasangan dalam memilih destinasi yang sesuai dengan impian, ya.